CLASIFIED MUSIC | NEWS & UPCOMING | 04 Januari 2021

4 Artis Indonesia Ini Masuk Forbes Asia’s 100 Digital Stars!

Sob, ada kabar baik nih dari para musisi Indonesia. Baru-baru ini, beberapa musisi papan atas Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar Forbes Asia’s 100 Digital Stars! Siapa aja tuh?

Empat musisi Indonesia berhasil bersanding dengan artis Asia papan atas dalam Forbes Asia’s 100 Digital Stars! Sesuai dengan namanya, Forbes Asia’s 100 Digital Stars adalah daftar bergengsi dari 100 artis Asia Pasifik yang paling berpengaruh di media sosial.

Beberapa artis Asia yang berhasil masuk ke dalam daftar tersebut di antaranya BTS, Blackpink, Lee Min Ho, Akshay Kumar, dan Shah Rukh Khan. Enggak main-main, Forbes Asia’s 100 Digital Stars memilih secara matang para seleb yang memberikan big impact di media sosial selama setahun terakhir. 

Sebagai penentu siapa saja yang berhak masuk dalam Forbes Asia’s 100 Digital Stars, pihak Forbes memilih para finalis dari beberapa aspek. Menurut pihak Forbes, mereka berfokus pada artis yang enggak menggelar acara fisik (maklum pandemi COVID-19) dan tetap aktif di media sosial. 

Nilai aktifnya pun juga cukup luas. Misalnya, cara artis berinteraksi dengan fans, meningkatkan kewaspadaan di tengah pandemi, dan menjadi sosok yang memberikan inspirasi bagi para pengikutnya. 

Menariknya, dari 100 daftar tersebut, ada empat musisi kenamaan Indonesia yang berhasil masuk, nih. Ada yang bisa nebak siapa saja?

Rich Brian

Siapa yang enggak kenal rapper satu ini? Yup, popularitas Rich Brian memang enggak perlu diragukan lagi. Saat ini, doi termasuk salah satu musisi Indonesia yang sukses berkarir di dunia internasional.

Awalnya, Rich Brian mulai dikenal saat membawakan lagu Dat $tick (2016). Bulan April lalu, musisi dengan nama asli Brian Imanuel Soewarno ini merilis video musik berjudul Bali yang sudah ditonton lebih dari 8 juta kali di YouTube.

Selain aktif di media sosial, di masa karantina pada Agustus lalu Rich Brian juga merilis EP terbarunya yang bertajuk 1999. Enggak heran kalau doi masuk dalam jajaran Forbes Asia’s 100 Digital Stars karena keuletannya di tengah pandemi, kan?

Agnez Mo

Artis selanjutnya yang berhasil masuk dalam Forbes Asia’s 100 Digital Stars adalah Agnez Mo. Mengawali karir sebagai penyanyi cilik ternyata berbuah manis bagi musisi bersuara khas satu ini. Agnez Mo atau Agnes Monica berhasil melebarkan sayapnya ke kancah internasional, tepatnya di Amerika Serikat.

Pencapaiannya juga patut diacungi jempol. Agnez Mo sempat berkolaborasi dengan beberapa musisi papan atas, seperti Steve Aoki, Chris Brown, dan Timberland. Di masa pandemi ini, Agnez turut mengadakan kegiatan amal COVID-19 yang dikelola badan United Way dan berhasil menembus angka USD100.000 atau sekitar Rp1,4 Miliar.

Tak hanya itu, Agnez mo yang memiliki lebih dari 20 juta pengikut di media sosial kerap mengampanyekan perlawanan pada narkoba dan perdagangan manusia. Pokoknya inspiratif banget, deh!

Cinta Laura

Selanjutnya, ada nama Cinta Laura Kiehl yang turut masuk ke dalam daftar Forbes Asia’s 100 Digital Stars. Artis cantik blasteran Indonesia-Jerman ini dikenal cukup aktif bermain film sekaligus menjadi penyanyi. Sebelum kembali ke tanah air, Cinta Laura dikenal cukup aktif berkarir di Amerika.

Di Indonesia, kesuksesan Cinta Laura enggak pernah padam. Contohnya, saat doi sukses merilis musik yang berjudul Vida dan Caliente di 2019. Bahkan, secara keseluruhan total jumlah penonton kedua musik video tersebut tembus lebih dari 5 juta penonton di YouTube!

Di samping kesuksesannya dalam bermusik, Forbes menyoroti karirnya di dunia film dan endorsement dengan brand ternama, seperti Bvlgari, Oppo, dan Uniqlo.

Raisa

Siapa sih yang enggak kenal dengan penyanyi cantik bersuara lembut satu ini? Yup, Raisa yang berhasil masuk dalam jajaran Forbes Asia’s 100 Digital Stars!

Belum lama ini, Raisa berhasil menyanyikan ulang lagu Bahasa Kalbu yang dipopulerkan Titi DJ. Berkat kepiawaiannya dalam bernyanyi, musik videonya tembus lebih dari 9,5 juta penonton di YouTube. Bahkan di Spotify lagu ini telah diputar sebanyak 9 juta kali, lho.

Sayang, konser tunggalnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno harus tertunda karena pandemi. Padahal, penjualan tiket konser tunggalnya mendapatkan respon positif dari banyak orang. Bahkan, konser tersebut berhasil menjual 10.000 tiket dalam waktu 14 jam! 

Semoga saja pandemi segera cepat kelar dan kita bisa menonton dan mendengarkan suara merdu dari Raisa secara langsung lagi, ya, sob.

Nah, inilah 4 artis Indonesia yang berhasil masuk Forbes Asia’s 100 Digital Stars. Salah satunya pasti idola lo, kan?


Photography By : Dok. Shutterstock/Featureflash Photo Agency

Please wait...