CLASIFIED CULTURE | LOOK | 17 Oktober 2019

5 Brand Lokal Instrumen Musik yang Mendunia

Dari tangan dan pemikiran praktisi musik lokal bisa menghasilkan instrumen yang diandalkan.

Kalau liat Kevin Shield-nya MBV lagi manggung pasti ngiler banget sama gitar Fender Jazzmaster-nya. Pas nonton video klip Guns and Roses yang Sweet Child o' Mine, pasti langsung keingatan gitar Gibson Les Paul yang dipakai Slash. Atau kalau lagi ngomongin New Wave pasti nggak jauh-jauh ngebahas instrumen keyboard atau synthesizer dengan merek tertentu. 

Nah, tapi pada tau nggak ternyata ada pabrikan lokal yang berhasil menarik perhatian dunia lewat kecanggihan instrumen yang mereka bikin. Lebih mantapnya lagi, mereka mampu bertengger di papan atas bersama brand - brand beken seperti Fender, Gibson, Roland, Yamaha dan sebagainya. Apa aja sih, merk lokal di scene instrumen musik yang ternyata sekeren itu? Intip disini, yuk!

1. Sjuman Instrument

Hasil karya maestro musik Aksan Sjuman ini menawarkan produk gitar, bass, dan piano yang sangat berkualitas. Bahkan sudah banyak banget musisi top kelas dunia yang bekerja sama dengan brand ini, mulai dari Elizabeth Cannon (Amerika Serikat) hingga Magdalena Kowalczyk (Polandia).

2. Radix Guitar

Brand spesialis gitar dengan sound tebal asal Tangerang ini berhasil menembus pasar Eropa secara masif. Buktinya, 50% penjualan mereka dari 120 keping gitar yang dipasarkan setiap bulannya ludes di benua eropa dan negara lainnya. Bluey Incognito adalah salah satu pengguna Radix Guitar.

3.Pelem Hawaiian Ukulele

Ukulele memang asalnya dari Hawaii tapi Palem Hawaiian Ukulele ini handmade asli Yogyakarta yang dibuat menggunakan bahan top notch dan kayu pilihan yang tersedia dalam ukuran Tenor dan Baritone. FYI aja nih, instrumen 4 dawai buatan Pelem ini sampai ditaksir oleh ukuleleist asal Italia, Francesco Albertazzi.

4. Sentana Art

Yang satu ini adalah brand lokal dari kota Solo yang memproduksi instrumen musik akustik, seperti gitar, biola, cello, hingga perkusi. Alat musik yang mereka produksi juga banyak dipesan khusus untuk konser di luar negeri, contohnya di APAMS Festival yang berlokasi di Setouchi, Jepang.

5. Guiharpulele

Alat musik asal Bali ini asli buah karya dari I Wayan Tuges yang merupakan perpaduan dari lima instrumen musik sekaligus, yaitu gitar, harpa, ukulele, kalimba, dan washboard. Alat musik ini sendiri pernah dipesan langsung oleh grup musik asal Toronto, Canada, yang bernama Walk Off The Earth. 

Itulah lima produk instrument merek lokal. Makanya nggak usah gengsi menggunakan produk lokal. Kualitasnya udah terbukti dan banyak juga yang menggunakannya di mancanegara. Yuk, biasain support your local movement!

 

 

Penulis: Raditya Nugroho

Editor: Fik

 


Photography By : Istimewa

Please wait...