CLASIFIED ARTS | ARTIST & ARTWORK | 04 Januari 2021

Air Jordan Rilis Kolaborasi dengan Musisi J Balvin, Ludes dalam Semenit!

Popularitas Air Jordan memang enggak bisa diragukan lagi, sob. Baru-baru ini kolaborasi antara Air Jordan dengan J Balvin berhasil ludes dalam semenit. Gokil! Kayak apa, sih, sepatunya?

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Siapa, sih, yang enggak kenal penyanyi top J Balvin? Penyanyi asal Kolombia ini mencuri perhatian pecinta sneakers di Super Bowl Halftime Show 2020 silam. Soalnya, saat itu doi ngasih teaser kolaborasinya dengan Air Jordan! Kabarnya, kolaborasi J Balvin dengan Air Jordan dirancang saat doi duet bareng J.Lo alias Jennifer Lopez.

Nah, selang sepuluh bulan acara Super Bowl Halftime Show 2020 berlalu, akhirnya kolaborasi sneakers Air Jordan x J Balvin rilis di pasaran! Enggak tanggung-tanggung, sneakers kolaborasi ini berhasil ludes dalam waktu semenit, sob!

Bukan lo saja yang terheran-heran kenapa cepat banget Air Jordan sold out. J Balvin yang baru pertama kolaborasi bareng Air Jordan pun takjub. Bahkan, doi mengekspresikan rasa takjubnya di laman Instagramnya. “Habis terjual secara global. Dari yang saya hitung, mereka menghilang dalam satu menit,” jelasnya.

Inspirasi Sepatu Air Jordan x J Balvin 

Lo pastinya sudah pernah melihat langsung kolaborasi Air Jordan x J Balvin, dong? Kalau lo amati, sepatu Air Jordan kali ini memiliki warna yang lebih colorful, modern, dan elegan. Kabarnya, desain kali ini terinspirasi dari album terbaru J Balvin; Colores and Vibras.

Menurut J Balvin, desain buatannya ini adalah salah satu cara yang dilakukannya untuk terhubung dengan dunia. Maka dari itu, rilisnya Air Jordan x J Balvin menjadi salah satu mimpi kenyataan baginya. 

Permainan warna Air Jordan x J Balvin menghasilkan efek tie-dye yang ciamik. Ditambah sol berwarna pink cantik serta tali berwarna pink, putih, dan hitam. Belum lagi tambahan logo smiley berwarna kuning, petir, bola basket, serta jumpman. Kebayang, kan, kerennya kayak apa?

Penasaran dengan desain dan permainan warna yang unik dan ciamik ala J Balvin? Tenang, kolaborasi Air Jordan x J Balvin telah rilis global melalui SNKRS. Harga yang dipatok berkisar USD190, atau sekitar Rp 2,6 juta di beberapa toko, seperti Foot Locker, Shoe Gallery, dan SoleFly. 

Track Record Kolaborasi Air Jordan

Sebenarnya, ini bukanlah kolaborasi pertama Air Jordan bareng artis papan atas. Kalau lo ngikutin perkembangan sneakers keluaran Air Jordan, tentunya sudah hafal deretan artis yang menjalin kolaborasi dengan mereka. Salah satunya rapper papan atas; Travis Scott.

Yup, pelantun lagu Goosebumps ini sempat berkolaborasi dengan Air Jordan pada Mei 2019. Enggak tanggung-tanggung, kolaborasi Travis Scott x Nike Air Jordan 1 High jadi topik utama para sneakerhead di seluruh dunia. 

Bayangin saja, doi berhasil “mengacak-acak” logo “swoosh” Nike menjadi terbalik dan mengganti beberapa bagian sepatu idaman para sneakerhead ini. Namun, “kegilaan” Travis Scott dalam berkreasi enggak sampai di situ.

Dua bulan setelah perilisan Travis Scott x Nike Air Jordan 1 High, doi merilis versi Air Jordan 1 Low dengan desainyang sama. Enggak berhenti di situ, pada Oktober 2019 Travis Scott kembali merilis Air Jordan 6 yang dikenalkan pertama kali di final Super Bown LIII.

Cukup unik, karena dengan produk kolaborasi itu mengusung branding “Cactus Jack”. Travis juga ngasih “saku” berukuran mini pada bagian luar atas sepatu dengan dominasi warna hijau gelap. Eits, kolaborasi Air Jordan x Travis Scott tentu saja belum kelar.

Pada November 2019, doi berhasil merilis kolaborasi Nike Air Force 1 x Cactus Jack. Berbeda dengan edisi sebelumnya, sepatu kolaborasi ini memiliki ketertarikannya sendiri karena bertemakan masa remaja Travis Scott. Bahkan, setiap sisi sepatu memiliki desain dan cerita yang berbeda-beda. Misalnya, bagian depan sepatu yang terinspirasi dari masa mudanya bersama sang nenek di Missouri City, Texas. 

Untuk material yang digunakan pun enggak perlu dipertanyakan. Sepatu ini menggunakan bahan corduroy, duck canvas, flannel, leather, suede, dan wolyang saling menyatu. Enggak heran kalau sepatunya laris manis.

Awal Mula Kolaborasi Travis Scott dengan Nike

Dilihat dari banyaknya koleksi yang diluncurkan, tentunya hubungan antara Nike dengan Travis Scott cukup erat. Kerja sama ini bermula pada 2017 silam, saat Travis Scott merilis Nike Air Force dengan logo Swoosh Nike yang telah diganti beberapa warna.

Kemudian, pada Juni 2018, sang rapper kembali merilis kolaborasi dengan Nike menggunakan siluet Nike Air Jordan 4. Bedanya, kolaborasi itu Travis Scott merilis beberapa varian warna. Untuk kalangan umum, Travis Scott merilis warna biru. Sedangkan, untuk kalangan terdekat, seperti teman dan keluarga, doi merilis warna ungu dan olive.

Nah, di edisi tersebut ada beberapa hal yang doi “rombak”, dan memberikan kesan unik dan limited. Selain didominasi bahan suede pada bagian atas, Travis Scott mengganti logo Nike pada bagian belakang menjadi logo label rekamannya sendiri, “Cactus Jack”.

Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Agustus 2018, Travis Scott kembali merilis Nike Air Force 1 “Sail”, dengan logo “Cactus Jack” yang bisa dilepas-pasang sesuai keinginan. 

 

Unik semua, kan, sob? Nah, kalau lo sendiri koleksi edisi Air Jordan yang mana aja, nih?


Photography By : Dok. Shutterstock

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Lagu-lagu Indonesia yang dirilis lepasan tanpa atau belum tergabung dalam album ...
Terdapat album debut, album comeback, maupun album lanjutan yang mencuri perhatian ...
Hey! Agustus tiba. Apa harapanmu di bulan baru ini? Masih semangat untuk mengejar impian dan mewujud ...
Jika seorang musisi juga punya keahlian lain yang sampai taraf dapat mensubstitusi pendapatan mereka ...
Nama arsitek Andra Matin selalu jadi nilai jual bagi para pengembang perumahan yang memakai jasanya. ...
Karya seni memang nggak lekang oleh waktu dan bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia lho. Terbukti, ...
Kreativitas bisa datang dari mana saja. Meski di rumah saja, otak kita masih bebas berkarya kok. Nih ...
Buat lo penggemar Batman yang udah enggak sabar nungguin The Batman rilis, harus sabar lagi, ya. Soa ...
Di antara atlet, pelaku kreatif, dan tokoh masyarakat, ternyata Billie Eilish termasuk salah satu to ...
Salah satu film horor Indonesia baru-baru ini berhasil meraih 17 nominasi di ajang Festival Film Ind ...
Please wait...