CLASIFIED ARTS | DISCOVER | 23 November 2020

Ajak Berkarya di Rumah, Museum MACAN Rilis Produk Ini

Buat lo yang tertarik mendalami hobi baru di bidang seni, Museum MACAN punya jawabannya. Baru-baru ini museum MACAN mengeluarkan seri lokakarya bertajuk MACAN Home Kit.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Museum MACAN merupakan salah satu museum art yang hits di Jakarta. Museum ini memiliki koleksi sekitar 800 karya seni yang kebanyakan berupa seni modern dan kontemporer. Selain memamerkan karya seni, museum MACAN juga aktif dalam kegiatan bertema edukasi seni.

Nah, ngomongin soal edukasi, ada yang baru nih, dari museum MACAN. Baru-baru ini museum MACAN merilis produk terbaru berbentuk lokakarya seni dari rumah. Produk unik ini diberi nama: MACAN Home Kit. Pada seri kali ini, museum MACAN ingin memberikan pengalaman baru dalam belajar kesenian. Apa saja sih, yang bakalan kita dapatkan kalau beli MACAN Home Kit?

Teman terbaik dalami seni

Kalau beli MACAN Home Kit, lo bakalan dapat sepaket alat melukis. Mulai dari kanvas lukis, rangkaian cat akrilik, hingga kuas. Uniknya, set ini dilengkapi dengan tautan untuk mengakses video panduan yang dibuat oleh para seniman yang ikut berkolaborasi.

Berbekal panduan video tersebut, kalian akan dipandu secara virtual, mulai dari proses pengerjaan hingga diberi kesempatan untuk mengikuti sesi konsultasi kelompok secara virtual. Jadi, lo bisa ngobrol langsung dengan narasumber perupa yang dihadirkan oleh museum MACAN.

MACAN Home Kit bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang bermakna bagi peserta lokakarya, apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita melakukan banyak hal dari rumah. So, cocok banget, kan? Kalian enggak cuma belajar hobi baru, tapi juga memahami proses berkesenian. 

Melalui lokakarya ini kalian akan diajak dalam sebuah perjalanan yang intim dan penuh emosi. Kalian dapat menggunakan perasaan sebagai panduan melukis. Dijamin makin seru, deh. 

Pada seri perdana MACAN Home Kit, pihak museum MACAN berkolaborasi dengan beberapa seniman tanah air, sepertiCitra Sasmita, Ruth Marbun, Agam Dwi Nurcahyo (Magafaka), dan kolektif keramik Kandura Studio. 

Penasaran enggak sih masing-masing seniman bakalan ngajarin materi apa? Lo pasti sering mendengar mengenai Citra Sasmita. Yup, seniman yang terkenal dengan refleksi yang unik terhadap perempuan dan bayi ini akan mengajak kita merefleksikan diri. Caranya, kalian bakal diajak mengakses memori dan emosi personal sebagai titik awal saat melukis. 

Enggak cuma itu, ada juga Ruth Marbun yang akan mengajak kita masuk ke mesin waktu yang artistik. Sedangkan pengisi acara lain, seperti Kandura Studio bakalan menemani lo untuk membuat perabot rumah tangga dari awal hingga proses pembakaran dan finishing.

Paket Komplet MACAN Home Kit, Banyak yang Unik

Nah, ada lagi yang unik dari MACAN Home Kit, yakni ada kartu mirip tarot. Yup, lo enggak salah baca, produk museum MACAN ini juga disertai tujuh kartu berukuran kartu tarot. Isinya adalah kata dan visual inspirasional yang dirancang oleh sang perupa. 

Fungsi dari kartu ini mengajak kita memvisualisasikan serta membayangkan memori personal terkait objek dan ruang tertentu. Enggak hanya itu, lo juga bakalan diajak mengeksplorasi gagasan-gagasan filosofis yang hadir dalam lukisan tradisional Bali. Melalui proses ini, diharapkan akan tercipta sebuah lukisan yang menggambarkan sang pembuat serta perjalanan hidupnya.

Kerennya lagi, museum MACAN juga menyediakan home kit seri edukasi untuk usia anak dan remaja. Pada edisi kali ini cukup berbeda aturannya. Seri edukasi ini membolehkan orang tua ataupun guru untuk mempelajari teknik kesenian hingga melakukan eksplorasi karya yang telah dipamerkan di museum MACAN.

Seri yang satu ini enggak dibatasi waktu hingga lokasi pengerjaan. Soalnya, menurut pertimbangan pihak museum MACAN, seni dapat memperkaya kehidupan seseorang meski berada di tengah ketidakpastian. 

Gimana, tertarik untuk beli? Kalau iya, produk keluaran museum MACAN ini sudah bisa lo beli dari 4 November 2020. Lo bisa membeli paket MACAN Home Kit melalui laman resmi milik museum MACAN. Satu paket MACAN Home Kit dibanderol dengan harga Rp 475.000. 

Nah, tetapi ada harga khusus bagi para anggota MACAN Society, yakni diskon sebesar 10% untuk setiap pembelian tiket di laman Shopatmacan. Worth it banget sama pengalaman yang akan lo dapetin selama lokakarya.


Photography By : Dok. Shutterstock/Harismoyo

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Tak hanya Instagram atau media sosial lainnya, buku foto kini menjadi sarana ekspresi diri kekinian. ...
Traveling ke ruang angkasa, menjelajah satu galaksi ke galaksi lain. Buat saya, cerita kayak begini ...
Di zaman digital ini, ukuran artwork album berkurang hingga seukuran kuku ibu jari saja. Lantas, per ...
Earworm bukanlah penyakit adanya cacing yang bersarang di telinga. Earworm adalah fenomena dalam mus ...
Musik dan sepak bola sudah cukup lama dikenal sebagai dua entitas yang berhubungan erat. ...
Spektrum seni memang tak ada batas. Tiap orang berhak berkesenian lewat medium apapun, termasuk keyb ...
Ragam musik makin berkembang seiring perkembangan jaman. ...
Barang kali, tak ada yang musisi paling takutkan selain berujung pada karier one-hit wonder. ...
Jika kita melihat ke belakang, sebenarnya banyak sekali label-label rekaman DIY yang tetap menjaga k ...
Lagu ninabobo tidak hanya untuk bayi, mereka juga bagus untuk para orang dewasa. Menggunakan musik y ...
Auto-Tune adalah teknologi yang banyak dibenci dan dicinta. Banyak orang menghujatnya, namun lebih b ...
Saatnya gadget jadi sarana untuk belajar dan memproduksi musik sendiri ...
Studio produksi RRI menjadi penjaga kesatuan NKRI di 10 daerah perbatasan Indonesia lewat siaran yan ...
Musik punya peran penting bagi seorang videomaker. Musik latar yang tepat untuk sebuah adegan, bisa ...
Kamu jago beatmaker? Siap-siap banyak job! ...
Dulu dan kini memang berbeda. Tapi bikin kamu lebih simpel untuk produktif. ...
Selain bersenang-senang, nonton konser ternyata punya manfaat yang sama dengan berolah raga. Yuk rut ...
Sountrack punya peranan penting dalam adegan film. Bisa jadi nyawanya memang di situ, termasuk salin ...
Selalu ada hal menarik di setiap konser yang kamu datangi. Banyak yang jadi bahan menarik untuk diul ...
Lagu dan genre baru? Kenapa tidak. Temukan manfaatnya mulai dari sekarang. ...
Karantina diri di rumah memang bisa menjadi hal yang membosankan. Biar nggak bosen selama di rumah, ...
Tren fashion seringkali datang dan pergi. Tren tie dye misalnya, datang dan pergi sejak kemunculanny ...
Selain gadget dan dompet, sekarang masker juga jadi benda wajib yang harus lo bawa ke mana-mana. Bi ...
Nama besar balai lelang Sotheby's dalam memasarkan produk-produk legendaris sudah enggak bisa diragu ...
Please wait...