CLASIFIED CULTURE | JOURNEY | 29 Agustus 2019

Anabel; Penting Nggak Sih Merilis Single?

Di Indonesia kebiasaannya justru lebih sering mengeluarkan single dibanding full album.

Kalau punya band, selain bikin lagu dan manggung di berbagai jenis gigs, mengeluarkan album musik menjadi sangat penting dan menjadi sebuah momentum. Tapi nggak tau kenapa di Indonesia tuh kebiasaannya justru lebih sering mengeluarkan single dibanding full album. 

Jawabannya mungkin bisa jadi karena lebih ribet bikin full album daripada single, buat mendongkrak popularitas. Atau emang justru strategi buat promosi album, yang idealnya baru dimulai bukan pada saat album rekaman telah selesai di rekam, justru saat proses rekaman berlangsung, promosi harus sudah dijalankan. Tapi menurut anabel aka analisa gembel saya merilis single memang strategi buat promosi album. Dan itu penting! 

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk merilis single selain hanya melemparnya di SoundCloud atau Bandcamp. Bisa juga sekalian dirilis paket bundling cd atau kaset dengan kaos atau merch lainnya. Jadi jualan merch-nya “nggak sia-sia” gitu kalau dibarengin sama rilisan single. 

Jangan lupa juga rilis video single di YouTube, bisa dilengkapi dengan album art track sebelum pada tahapan official music video. Selain itu juga bisa diawali dengan live video atau lirik video. YouTube merupakan fitur yang sangat sharable untuk online content dan bisa jadi viral. 

Global music distribution juga perlu, kalau kita bisa menyeimbangkannya dengan potensi pendengar maka hasilnya akan lebih maksimal. Makanya di era digital saat ini merilis single pun bukan hanya berbicara tentang distribusi seperti lewat Apple Music, iTunes, Spotify dan lain-lain, namun juga perlu diperhatikan tentang potensial growth dari single tersebut bagi pendengar. 

Single bisa dibilang mukadimah dari keseluruhan album penuh. Dari melempar single ke pasar juga secara nggak langsung kita melakukan semacam test the water sebagai acuan penilaian yang ujung-ujungnya bisa mendongkrak full albumnya nanti. Pancingan merilis single juga bisa berhasil menarik banyak potensi pendengar yang baru. Kesimpulannya single itu penting sih kalau kita punya band atau musisi yang niat banget bikin full album. 

Beda cerita kalau Nagita Slavina merilis single, itu beda lagi tujuannya ya wankawan.

 

Penulis: Raditya Nugroho

Editor: Fik


Photography By : Istimewa

Please wait...