Andy Warhol: Better Days, Lelang Karya Seni untuk Penanganan COVID-19

Karya seni memang nggak lekang oleh waktu dan bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia lho. Terbukti, lelang karya seniman pop art Andy Warhol berhasil galang dana ratusan ribu dolar untuk donasi penanganan COVID-19.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Kalau lo ngaku pencinta seni, harusnya kenal sama salah satu seniman ternama dan populer di era 1960-an; Andy Warhol. Seniman populer yang berkembang di era pop art ini punya banyak karya seniyang keren dan unik. Hampir semua bentuk karya seni pernah Andy Warholbikin,mulai dari lukisan, patung, fotografi, hingga seni pertunjukkan. 

Nah, baru-baru ini, Andy WarholFoundation mengadakan lelang seni karya fotografi sebagai bentuk donasi penanganan COVID-19. Salah satu rumah lelang di Inggris, Christie’s menggandeng Andy Warhol Foundation dalam mengadakan pelelangan karya foto unik milik Andy Warhol.

Kegiatan yang bertajuk “Andy Warhol: Better Days” ini melelang karya seni sebanyak 60 karya fotografiAndy Warhol. Biar dikenal sebagai seniman pop art, namun pameran dan pelelangan tersebut nggak ada kaitannya dengan gambaran pop culture khas Andy Warhol.

Pameran dan pelelangan tersebut, Christie’s dan Andy WarholFoundation melelang berbagai karya fotografi Andy Warhol yang diambil olehnya di New York, Amerika Serikat circa 70'an. Foto-foto tersebut kebanyakan memperlihatkan bagaimana keseharian Andy Warhol, mulai dari self portrait hingga kegiatan sehari-harinya. 

Setiap uang yang terkumpul dalam lelang seni ini sepenuhnya digunakan sebagai bentuk bantuan penanganan COVID-19. Dikutip pada laman resmi Christie’s, kegiatan lelang seni yang diadakan pada 28 April hingga 6 Mei 2020 tersebut berhasil menggalang dana sekitar USD272 ribu.

Sejarah Singkat Andy Warhol

Bernama asli Andy Warhola, Andy Warhollahir 6 Agustus 1928 di Oakland, Pennsylvania. Kedua orangtuanya merupakan imigran Slovakia. Siapa sangka, ternyata bakat seni pada dirinya diturunkan langsung oleh sang ibu yang merupakan tukang bordir pakaian.

Awal mula ketertarikannya dalam membuat karya senisaat ia terserang penyakit saraf langka pada usia delapan tahun. Penyakit tersebut mengharuskan Andy terus berbaring di tempat tidur selama beberapa bulan. Namun, di tengah masa perawatannya, Andy Warholmulai diajarin cara menggambar oleh sang ibu. Dari situ , menggambar menjadi hobi masa kecilnya. 

Memasuki usia sembilan tahun, Andy Warholmulai tertarik di dunia perfilman dan mengenal fotografi setelah mendapatkan hadiah kamera. Saat remaja, Andy Warholsemakin totalitas dalam dunia seni. Ia mencoba untuk mengambil kelas kursus gratis yang diadakan oleh Institut Carnegiedi Pittsburgh. Nah, di situ Andy Warholmulai melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan desain.

Perjalanan Karir Andy Warhol

Setelah lulus kuliah, Andy Warholmutusin untuk mengejar cita-citanya sebagai seniman di New York. Sebagai langkah awal karirnya, di tahun 1949 ia pernah mendapat pekerjaan sebagai desainer majalah Glamour. Punya bakat seni dari lahir, ia sukses dengan karya-karyanya yang khas. Nggak tanggung-tanggung, Andy bahkan kerap mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi.

Memasuki tahun 1950-an hingga di 1961 Andy Warhollebih banyak terjun di seni lukis, sekaligus mengenalkan konsep pop art. Konsep pop art pada masa itu dikenal sebagai seni lukis yang fokus pada produksi massal barang komersial.

Pada tahun 1962 nama Andy Warholsemakin dikenal masyarakat luas, lewat pameran lukisannya. Saat itu dia mengadakan pameran lukisan kaleng sup Campbell’s. Bisa dibilang, karya seninyasaat itu hingga kini menjadi salah satu ikon budaya pop. Keunikannya saat itulah yang membuat pop art menjadi dikenal masyarakat.

Sayang, tahun 1987, Andy Warholmeninggal dunia di usia 58 tahun karena penyakit yang dideritanya. Ribuan masyarakat bahkan sampai mengantarkan seniman ini hingga di peristirahatan terakhirnya.

Karya-karya Andy Warhol

Meskipun sosoknya sudah tiada, Andy Warholpunya banyak karya seniyang ketenarannya patut diacungi jempol. Mulai dari menggambar botol minuman soda, mesin penghisap debu, hingga hamburger. Andy Warholjuga beberapa kali membuat karya senidengan melukis gambar selebritas sesuai dengan gayanya.

Beberapa diantaranya Marilyn Monroe, Elizabeth Taylor, Mick Jagger, hingga Mao Zedong. Dari banyaknya karya seniyang telah dibuat Andy Warhol, ada satu lukisannya yang terkenal, yaitu Eight Elvises (1963). Nggak main-main, lukisan tersebut ditawar hingga seratus juta dolar pada tahun 2008, lho!

Meski dikenal sebagai seniman pop art, Andy Warholsempat menggeluti dan menyukai dunia fotografidan film. Karya fotografinya ada sekitar 130.000 gambar yang diambil olehnya. Namun, hanya sekitar 17% yang dicetak.

Di sisi lain, untuk karya film ada sekitar 60 film yang telah dibuat Andy Warhol. Salah satu yang cukup dikenal adalah Sleep. Ada juga karya filmnya yang berjudul Eat, yang menampilkan seseorang makan jamur selama 45 menit. 

Dari sekian banyak karya yang dibuatnya, apa karya Andy Warhol favorit lo?


Photography By : Shutterstock

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Lagu-lagu Indonesia yang dirilis lepasan tanpa atau belum tergabung dalam album ...
Terdapat album debut, album comeback, maupun album lanjutan yang mencuri perhatian ...
Hey! Agustus tiba. Apa harapanmu di bulan baru ini? Masih semangat untuk mengejar impian dan mewujud ...
Jika seorang musisi juga punya keahlian lain yang sampai taraf dapat mensubstitusi pendapatan mereka ...
Nama arsitek Andra Matin selalu jadi nilai jual bagi para pengembang perumahan yang memakai jasanya. ...
Kreativitas bisa datang dari mana saja. Meski di rumah saja, otak kita masih bebas berkarya kok. Nih ...
Please wait...