CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 28 September 2020

Anti Kantong Jebol, Ini Tips Hemat Kuota Saat Meeting atau Kuliah Online

Sejak pandemi COVID-19 kita jadi lebih akrab dengan semua hal serba online, termasuk kerja dan kuliah. Nah, biar kuota enggak jebol, simak tips berikut ini!

Physical distancing membuat kita harus melakukan berbagai aktivitas secara daring alias online.  Hal ini membuat kuota internet seakan jadi kebutuhan primer. Kalau sudah begini, pasti banyak orang mencari tips hemat kuota biar kantong enggal jebol. 

Peningkatan penggunaan kuota enggakhanya dirasakan mahasiswa buat kuliah online, tetapi juga di kalangan pekerja sebagai buntut dari kebijakan work from home (WFH) sejak awal pandemi bulan Maret lalu. Nah, kalau kita punya kuota internet yang tidak terbatas tentu aman-aman saja. Tapi kalau pakai kuota internet yang punya batasan tentu bikin was-was, kan?

Bayangin aja, durasi meeting online melalui aplikasi Zoom biasanya sekitar 1 jam. Durasi ini bisa menghabiskan kuota hampir 1,08 GB, lho.Angka yang cukup fantastis sekaligus bikindompet meronta-ronta.

Makanya, selama belajar dan bekerja secara online,lo harus banget tahu tips hemat kuota biar kantong lo enggak jebol sob. Yuk, simak tips hemat kuota internet buat meeting online berikut ini:

Jangan gunakan kualitas HD

Secara kualitas, resolusi HD memang paling ciamik dan enak dipandang. Akan tetapi, tampilan HD menguras kuota yang banyak pas meeting online. Jadi tips pertama yang harus lo lakukan adalah menonaktifkan kualitas video HD pas meeting online. 

Kalau lo belum tahu cara untuk mematikan kualitas HD, pertama klik menu Setting. Lalu, tekan opsi “Video” yang berada di sebelah kiri menu pengaturan tersebut. Nanti pada bagian “My Video”, lo bisa langsung klik centang pada kolom opsi “ Enable HD”. Gampang, kan?

Matikan mikrofon ketika tidak berbicara

Mematikan audio ternyata ada untungnya. Selain mengurangi suara berisik yang masuk dalam video, lo juga bisa mengurangi bandwidth yang dikeluarkan. Tapi tetap, tips satu ini cuman boleh lo lakukan kalau lagi enggak berbicara. Soalnya, ada juga beberapa kuliah online melarang mahasiswanya untuk mematikan audio.

Cara mematikan audio ini gampang banget, kok. Lo cuman memencet logo speaker saja, baik di Zoom atau Google Meets. Kalau lo mau berbicara tinggal nyalain lagi, deh.

Matikan kamera

Beberapa meeting online membolehkan pesertanya untuk enggak memperlihatkan wajah, alias mematikan kamera. Kalau hal ini diperbolehkan, maka lo harus bersyukur banget. Karena menyalakan kamera bisa bikin kuota cepat ludes. 

Cara untuk mematikan kuota data gampang banget, kok. Lo cuman perlu menekan tombol kamera dan wajah lo sudah enggak muncul lagi di layar.

Nah, kalau lo mau ngomong atau menyampaikan pendapat, kamera bisa langsung dinyalakan lagi dengan tekan tombol yang sama. Tips satu ini terbukti banget bisa saving kuota data lebih banyak.

Menggunakan platform dokumen online

Membagikan dokumen menggunakan fitur “Share Screen” bisa memakan banyak kuota. Ketika sedang rapat dan mengharuskan untuk berbagi dokumen, lo bisa memanfaatkan platform dokumen online. Ada banyak layanan dokumen online yang bisa lo gunakan, seperti Google Sheet, Google Docs, Google Drive, dan lain sebagainya.

Share screen ketika dibutuhkan

Masih sepaket sama tips hemat kuota poin sebelumnya, hanya nyalakan fitur “Share Screen” ketika memang dibutuhkan saja, ya. Kalau presentasi yang lo lakukan sudah selesai segera matikan fitur share screen-nya. Selain itu, lo juga bisa minta pengguna lain yang telah selesai presentasi untuk menghentikan aktivitasnya berbagi layar. 

Aktifkan peringatan pemakaian kuota

Biar kita bisa memantau sejauh mana kuota sudah digunakan, lo bisa mengaktifkan peringatan atau pembatasan pemakaian kuota. Sebenarnya cara ini lebih efektif digunakan kalau lo lagi di luar kegiatan meeting online. 

Jadi tips ini cocok digunakan untuk mengoptimalkan kuota hanya pada aktivitas-aktivitas yang penting saja. Dengan begitu, penggunaan kuota jadi lebih terarah dan enggakcepet habis.

Gunakan opsi perekaman Cloud 

Opsi ini sudah disediakan oleh aplikasi meeting online Zoom. Kalau biasanya kita perlu meng-upload rekaman video untuk menyimpannya secara online. Sekarang, enggak perlu ribet lagi. Dengan fitur ini rekaman video akan secara otomatis ditransfer ke layanan Cloud.

Hindari Penggunaan data lain 

Nah, jadi tips hemat kuota yang sering dilupakan sama banyak orang. Kalau lagi meeting online rasa bosan dan ngantuk memang enggak bisa dicegah. Biasanya kalau bosan kita akan membuka aplikasi lain, untuk sekedar main game atau mendengarkan musik. 

Kegiatan semacam ini bikin kuota internet lo cepat habis. Dengan mengakses internet bersamaan saat meeting online, kuota data akan semakin boros. Apalagi jika meng-upload atau download file ukuran besar. Jebol deh, kuota lo sob.

Perlu virtual background?

Beberapa acara mengharuskan pesertanya untuk menggunakan background layar yang sama. Biasanya sih, background berupa desain atau logo acara, biar terkesan catchy dan kompak. Tapi sama seperti Share Screen, virtual background bisa bikin kuota cepat habis. Nah, kalau lo enggakdisuruh menggunakan virtualbackground sebaiknya matikan fitur ini, ya. Lumayan bisa hemat kuota.

Nah, itu tadi tips untuk hemat kuota saat kita harus kuliah atau meeting online. Kalau lo bisa memangkas kuota saat kuliah online kan, lumayan bisa dipakai buat streaming film kelar kuliah sob.


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...