CLASIFIED ARTS | DISCOVER | 24 Oktober 2020

Balai Lelang Sotheby’s Buka Toko Sepatu, Harganya Bikin Geleng-Geleng

Nama besar balai lelang Sotheby's dalam memasarkan produk-produk legendaris sudah enggak bisa diragukan lagi. Baru-baru ini, balai lelang tersebut bikin heboh dengan mendirikan toko sneakers: The Sneaker Shop.

Para penggemar barang langka pasti sudah enggak asing sama nama besar balai lelang Sotheby's. Balai lelang yang bermarkas di New York, AS, ini sering banget mengadakan pelelangan benda-benda seni rupa hingga barang-barang koleksi yang langka. 

Sotheby's merupakan balai lelang terkemuka yang telah berdiri sejak 1744 di London. Nah, baru-baru ini Balai lelang Sotheby's bikin heboh dengan meluncurkan toko fisik yang menjual sneaker dan berbagai apparel lainnya.

Toko Sepatu Balai Lelang Sotheby's Punya Koleksi Kelas Dunia

Toko fisik milik balai lelang Sotheby’s ini diberi nama “The Sneakers Shop”. Mereka menjual berbagai sepatu langka hasil koleksi Shoezeum. Shoezeum sendiri merupakan museum sneaker terbesar di dunia yang pertama kali dibuka 2010 di San Diego, AS.

Berbeda dengan Sotheby's, di The Sneaker Shop kita bisa langsung beli barang tanpa melewati proses lelang. Soalnya, barang yang dijual di toko ini tidak termasuk dalam item lelang. Barang-barang yang tersedia di The Sneaker Shop pun beragam, seperti dari sepatu, tas pinggang, koper, dan beberapa produk sejenis.

Meski begitu, sneakers yang dijual di The Sneaker Shop bukan sepatu biasa, lho. Sebab, sebagian besar sneakers di toko milik balai lelang Sotheby's ini adalah sneaker bekas pemain NBA. Bahkan, beberapa di antaranya sudah diberi tanda tangan asli. Coba lo bayangin sendiri deh, gimana bangganya pakai sepatu yang pernah dipakai sama idola lo? Makanya, barang yang dijual di The Sneaker Shop Sotheby's jadi incaran banyak orang.

Bukan cuma sneakers bekas pemain NBA, toko sepatu Sotheby's juga jual sneaker yang langka di pasaran. Salah satu yang menarik perhatian banyak orang dari toko sepatu Sotheby's ini adalah sepatu Air Jordan 7 yang pernah dipakai sang maestro, Michael Jordan. Plus, sneaker ini dilengkapi tanda tangan asli doi, sob.

Enggak hanya itu, ada juga sepatu legendaris Nike “Moon Shoe” yang dirilis pada 1972 tersedia di toko sepatu milik balai lelang Sotheby's.

Nah, kalau lo tertarik beli salah satu koleksi di toko tersebut, pastikan punya dana lebih, ya. Pasalnya, sneaker-sneaker yang dijual di toko milik Balai lelang Sotheby's tersebut, dipatok dengan harga yang bikin geleng-geleng kepala sob. Mayoritas sneaker yang dijual di sana dibanderol mulai dari USD1.000 atau setara dengan Rp 14 juta.

Harga tertinggi untuk sepasang sneakers yang ada di The Sneakers Shop adalah  Nike Moon Shoe keluaran 1972 yang dihargai USD150.000, atau sekitar Rp 2,2 miliar! Angka yang bikin geleng-geleng, kan?

Meski demikian, kalau lo beneran pengen salah satu koleksi toko ini masih ada harapan, kok. Beberapa sepatu seperti Nike Oregon Waffle Retros, Nike Zoom Kobe VII Predator Shark, atau Nike Dunk Sb Low Shrimp bisa lo bawa pulang dengan harga berkisar USD500, atau Rp 7 juta.

Selain sepatu, toko milik Balai Lelang Sotheby's juga punya koleksi dealer bag Blue Ribbon Sports yang pertama kali dirilis tahun 70-an. Bahkan, The Sneaker Shop menjual Executive Briefcase. Menurut pihak balai lelang Sotheby's, barang-barang yang dijual di The Sneakers Shop memang ditujukan untuk menarik minat para sneakerheads.

Balai Lelang Sotheby's Lelang Sepatu Nike Pertama di Dunia

Rekam jejak balai lelang Sotheby's dalam mencetak hal-hal fantastis di dunia sneakers memang bukan hal baru. Balai lelang ini pernah menjual sepasang sepatu Nike pertama di dunia yang dibuat oleh pendirinya, Bill Bowerman. Lelang sepatu Nike Origins ini digelar secara daring pada 17-26 Juni 2020.

Sepatu Nike pertama di dunia ini awalnya diperkirakan akan terjual di angka USD130 (Rp 1,6 juta) hingga USD150.000 (sekitar Rp 2,1 miliar). Pada akhirnya, sepatu tersebut berhasil terjual dengan angka yang melampaui perkiraan, yakni USD162.500, atau sekitar Rp 2,3 miliar.

Sebelumnya, Sotheby's berhasil menjual sepasang sepatu lainnya yang masuk koleksi “sneakers paling berharga”. Sneakers tersebut adalah sepasang Nike Air Jordan 1s yang dimiliki oleh Michael Jordan dan lagi-lagi harganya bikin geleng-geleng kepala. Sepatu itu terjual dengan harga USD560.000 atau sekitar Rp 7,9 miliar.


Photography By : Dok. Shutterstock/MKfoto

Please wait...