CLASIFIED CULTURE | LOOK | 27 Agustus 2020

Bea Cukai AS Sita Sepatu Palsu Senilai USD 4,3 Juta, Termasuk Air Jordan x Dior

Di tengah tingginya permintaan sneakers Air Jordan 1 x Dior, ada aja orang usil yang memanfaatkan celah. Belum lama ini, 1.800 pasang sepatu Air Jordan 1 x Dior palsu diamankan petugas Bea Cukai AS

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Kabar perilisan Air Jordan 1 x Dior tentu bukan kabar baru lagi. Bahkan sebelum dirilis, Air Jordan 1 x Dior sudah diincar banyak seleb dunia, seperti Travis Scott, Kendrick Lamar, hingga Kanye West. Nah, belum lama ini ada kabar penyelundupan 1.800 pasang sepatu Air Jordan 1 x Dior palsu!

Tingginya minat sneakerhead terhadap Air Jordan 1 x Dior membuat beberapa orang usil manfaatin celah untuk membuat sepatu Air Jordan 1 x Dior abal-abal alias palsu. Untungnya, petugas Bea Cukai AS berhasil menyita ribuan pasang sepatu Air Jordan 1 x Dior palsu di Bandara Internasional Dallas/Fort Worth. 

Menurut petugas Bea Cukai AS, sepatu palsu tersebut rencananya akan dikirim untuk pasar Hongkong dan Meksiko. Sebanyak 60 kotak besar sepatu Air Jordan 1 x Dior palsu berkode Ball Golf pun berhasil diamankan. Enggakcuma Air Jordan 1 x Dior, kapal tersebut juga mengangkut berbagai jenis sneakers palsu lain keluaran Nike dan Adidas.

Saat melakukan pemeriksaan, petugas langsung curiga jika barang tersebut palsu. Karena kalau dilihat sekilas dari kualitasnya tergolong buruk dibandingkan aslinya, pengemasannya pun asal-asalan. Seluruh muatan sepatu palsu ini diperkirakan senilai USD 4,3 juta.

Penjualan sepatu Air Jordan 1 x Dior palsu ini dikhawatirkan mengganggu kestabilan ekonomi AS, khususnya di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini. Maka dari itu, wajar kalau pelakunya mendapatkan sanksi yang berat. Bea Cukai Amerika Serikat berjanji untuk melakukan penjagaan yang semakin ketat dan menangkap penyaluran barang-barang palsu seperti ini.

Air Jordan 1 x Dior diburu sneakerhead

Ngomongin tentang Air Jordan 1 x Dior, sejak awal rilis produk ini memang langsung hype di pasaran. Sneakers ini pertama kali diperlihatkan ke publik pada Desember tahun lalu. Sepatu ini terlihat pada fashion show pra-musim gugur 2020 di Miami AS. Namun, baru dirilis resmi di sebuah microsite pada 25 Juni 2020. 

Sepatu edisi Air Jordan 1 x Dior ini memang diproduksi secara terbatas dalam dua model, yakni high dan low. Pemesanan dilakukan dengan mengunjungi situs resmi Nike.Bahkan untuk mendukung eksklusifitas Air Jordan 1 x Dior ini, situsnya pasang countdown pada pop upstore-nya. 

Di situs resmi tersebut, Air Jordan 1 x Dior versi high dibanderol dengan harga USD 2.200 atau setara dengan Rp 31 juta. Sementara untuk versi low,dihargai dengan USD 2.000 atau sekitar Rp 28 juta. Harga ini tergolong lebih murah dibandingkan membeli melalui tangan kedua setelah peluncuran sepatu tersebut.

Pada awal peluncurannya, Air Jordan 1 x Dior tersedia dalam jumlah 8.000 sepatu untuk publik dan 5.000 pasang sepatu akan ditawarkan pada klien teratas Dior melalui undangan pribadi. Hebatnya, sebanyak 8.000 Air Jordan 1 x Dior yang dijual ke publik langsung habis hanya dalam waktu 9 jam. Gokil, kan? 

Nah, karena tingginya minat sneakerhead tersebut membuat sepatu palsu banyak beredar di pasaran. Enggakjarang beberapa sepatu palsu punya bentuk yang hampir 100% mirip aslinya. Jadi lo kudu teliti kalau ada barang yang lagi hits, tapi dijual dengan harga yang miring. Baiknya, kalau lo mau membeli tapi takut ketipu mending langsung beli di situs resminya aja, sob.

Harga Air Jordan 1 x Dior di Indonesia

Terbatasnya jumlah Air Jordan 1 x Dior dipasaran membuat situs resminya banjir pesanan. Enggakhanya Amerika Serikat, berbagai negara juga turut antusias atas peluncuran sneakers tersebut. Di Indonesia gimana hype-nya? 

Pasar Indonesia enggakkalah heboh menyambut Air Jordan 1 x Dior. Sepatu kolaborasi tersebut dibanderol dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan harga resminya. Rata-rata reseller yang menjual Air Jordan 1 x Dior di Indonesia membanderol sepatu ini dengan harga yang sangat fantastis, berkisar antara Rp 195 juta hingga Rp 205 juta!

Namun demikian, melihat kasus di Amerika Serikat tersebut lo harus hati-hati banget waktu membeli. Kudu benar-benar teliti, atau baiknya beli di toko atau reseller yang terpercaya sob.


Photography By : Dok. Shutterstock

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Sebelum lo ngegigs biar gak saltum (salah kostum) dan dicengin sama anak-anak skena, ...
Lo sering gak sih merasa jengah banget kalau nongkrong di bar atau lounge berisik banget sampai kalo ...
Clothing Line Bintang K-Pop GDragon Collab dengan NIKE ...
Dalam seminggu, ini dia waktu yang paling di tunggu,--WEEKEND! Waktu luang berkualitas yang dimanfaa ...
Satu bundel karya eksklusif yang dimasukkan dalam satu wadah yang keren pastinya sangat sulit untuk ...
Ada yang menganggap mereka yang memakai kendaraan tersebut hanya sekedar gaya-gayaan ingin jadi pusa ...
Pakaian baggy atau oversized kini digandrungi lagi. Siapa lagi salah satu pencetus trennya kalau buk ...
Ada banyak bentuk ekspresi orang dalam merayakan hari kemerdekaan, termasuk Perang Tatto ...
Saya coba tawarkan kamu, para penikmat kopi, senja, dan puisi, warung kopi dengan pengalaman tersebu ...
Rasanya menjengkelkan jika mengenakan headphone namun bisa mendengarkan suara di luar. Coba gunakan ...
Buat kamu yang gemar mengkoleksi album fisik, toko-toko ini sayang untuk dilewatkan. Beberapa tempat ...
Dari tangan dan pemikiran praktisi musik lokal bisa menghasilkan instrumen yang diandalkan. ...
Menjual lagu secara online dan membuat ceruk baru yang bisa stabilkan kehidupan. ...
Walau terlihat rempong karena harus bawa ini-itu dan nggak boleh ini-itu, tapi hal ini dilakukan unt ...
Jaket harga jutaan saja kadang sudah bikin geleng-geleng kepala. Lah, ini ada jaket bomber jadul yan ...
Kreativitas brand sepatu lokal emang nggak ada habisnya. Belum lama ini, sepatu kolaborasi SAGE x Te ...
Please wait...