CLASIFIED MUSIC | ORIGINS | 23 November 2020

Berkat TikTok, Band Jadul Fleetwood Mac Kembali Masuk Chart Billboard

Tingginya antusiasme TikTok memberikan pengaruh baik pada band rock 60-an asal London, yaitu Fleetwood Mac. Soalnya, band jadul ini masuk kembali ke dalam chart Billboard. Kira-kira lagu yang mana, tuh?

Seperti yang lo tau, popularitas TikTok memang enggak bisa diremehkan. Enggak hanya orang awam saja yang bisa mendapatkan kepopuleran berkat video kreatif di TikTok, para musisi yang lagunya dijadikan latar juga ikut kebagian berkahnya. Misalnya, band rock legendaris 60-an asal London, Fleetwood Mac. Lagu Dreams milik Fleetwood Mac ini masih sering digunakan sebagai lagu latar di TikTok. 

Menariknya lagi, salah satu lagu dari album ke-11 Fleetwood Mac tersebut berhasil kembali masuk chart Billboard posisi ke-21 setelah lebih dari empat dekade dirilis! Enggak cuma itu, albumnya turut merangkak naik dan bertengger di posisi 10 besar di chart album Billboard 200 Oktober 2020 setelah terakhir kali muncul di 2013. Kabarnya, lagu Dreams sudah mencapai 8,47 juta streaming per-1 Oktober 2020! 

Nah, kalau menurut lo sendiri kenapa lagu ini bisa berhasil bersaing lagi dengan tembang hits zaman now dan bertengger di chart Billboard?

Dipopulerkan Nathan Apocada

Lagu Dreams karya Fleetwood Mac kembali menarik perhatian berkat digunakan sebagai latar video di TikTok. Salah satu orang yang menjadi trend center itu sendiri adalah Nathan Apodaca, pemilik akun @420doggface208. 

Saat itu, dia merekam dirinya lagi asyik main skateboard sambil minum jus cranberry. Nah, di video tersebut doi turut menyanyikan lagu Dreams milik Fleetwood Mac. Ternyata, video singkat ini menarik perhatian banyak orang. Bahkan, video ini sudah ditonton lebih dari 23 juta kali dan disukai lebih dari 4 juta pengguna.

Selang beberapa saat, drummer Fleetwood Mac, Mick Fleetwood, turut membuat reka ulang video hits tersebut. Di videonya, dia menuliskan “@420doggface208 melakukan dengan benar. Dreams dan Cranberry membuat sesuatu yang berbeda”.

Berkat viralnya video TikTok tersebut, tentunya juga menjadi berkah buat Nathan Apocada. Kabarnya, dirinya menerima donasi yang akan digunakan untuk memperbaiki kendaraan pribadinya dan untuk orangtuanya. 

Biar lo enggak penasaran sama lagu dari Fleetwood Mac, mending lo dengerin aja, deh. Bisa diakui, lagunya memang cukup nagih, sob. Bisa aja lo jadi pengen ikutan buat video TikTok dengan lagu yang kembali hits ini, kan?

Statistik lagu “Dreams”

Meledaknya lagu Dreams dari Fleetwood Mac enggak bisa disepelekan. Selain masuk peringkat 10 besar dengan sekitar 33 ribu play, ternyata hampir 70% di antaranya berasal dari streaming

Menurut data Billboard, angka tersebut didapatkan dari total 30,6 juta streaming dari album per 15 Oktober 2020. Sementara, menurut data dari Nielsen, ada peningkatan jumlah pendengar album Rumours milik Fleetwood Mac. 

Dari keseluruhan peningkatan pendengar Rumours dan lagu Dreams terdapat kenaikan sebesar 13% dari TEA (album dan lagu) dan penjualan album ada kenaikan 15% dengan total sekitar 7.000 keping. Lalu, dari unit SEA (album setara streaming) ada kenaikan sebesar 15%.

Menurut Divisi Katalog Global Warner Music Group, kesuksesan ini tidak bisa dilepaskan dari peran milenial seperti kita. Soalnya, menurut data yang ada, peningkatan sebesar 314% didominasi oleh anak muda usia 23-27 tahun. Sedangkan, peningkatan sebesar 245% berasal dari usia 18-22 tahun.

Fakta Lagu Dreams dan Album Rumours

Sambil bernostalgia dan merayakan kesuksesan album Fleetwood Mac yang kembali muncul ke permukaan, kayaknya kurang afdol kalau lo enggak tau fakta menarik di balik album Rumours, sob. Fakta yang satu ini cukup unik, karena ternyata lagu Dreams ditulis sebagai penawar masalah. Kok, bisa?

Jadi, sebelum bergabung dengan Fleetwood Mac, Stevie Nicks (vokalis) dan Lindsey Buckingham (vokalis dan gitaris) memang sudah dikenal dengan duo musisi sekaligus sepasang kekasih. Hanya saja, hubungan mereka mulai goyah saat Fleetwood Mac berencana untuk merekam album Rumours

Menurutnya, awal kejadian tersebut adalah saat ada sesi foto untuk majalah musik. Saat itu, konsep fotonya menggambarkan Fleetwood Mac sebagai satu keluarga dengan angle foto di atas ranjang. Karena lagi bertengkar, Stevie Nicks memilih untuk tidak bersebelahan dengan Lindsey Buckingham, melainkan dengan sang drummer

Hal tersebutlah yang kemudian menjadikannya inspirasi untuk membuat dan merekam demo lagu Dreams. Baginya, lagu tersebut bercerita tentang isi hatinya terkait hubungan percintaan yang sedang dialami. Merasa lagunya memiliki potensi yang kuat, akhirnya dia ngasih denger demo lagu tersebut kepada seluruh personel band.

Berawal dari lika-liku kehidupan yang penuh drama, siapa sangka ternyata album Rumours menjadi salah satu album tersukses sepanjang karir Fleetwood Mac. Enggak tanggung-tanggung, Fleetwood Mac bahkan berhasil menyabet penghargaan Grammy 1978 sebagai Album Terbaik. 

Kerennya lagi, album Fleetwood Mac ke-11 ini juga berhasil terjual hingga 45 juta keping. Hal itu yang kemudian membuat Fleetwood Mac masuk dalam kategori album dengan penjualan terbaik! Gokil banget enggak, sih?

Harusnya kesuksesan ini bisa jadi inspirasi buat lo. Daripada lo ngegalau di social media, mending diisi buat berkarya. Enggak ada yang tahu, kan, kalau ternyata bakal sukses kayak yang dialami oleh Fleetwood Mac ini?


Photography By : Dok. Shutterstock/Randy Miramontez

Please wait...