CLASIFIED ARTS | DISCOVER | 17 Agustus 2019

Berkesenian Lewat Keyboard

Spektrum seni memang tak ada batas. Tiap orang berhak berkesenian lewat medium apapun, termasuk keyboard.

Bicara keyboard, mungkin yang ada di pikiran kita hanyalah alat ketik modern jika dibandingkan dengan mesin tik. Tapi bagi sebagian lainnya, khususnya pecinta mechanical keyboard, elektronik semua umat itu bisa jadi ladang seni tak ada batas dengan membuat artisan keycap. 

Sebelum masuk ke pembahasan apa itu artisan keycap, ada baiknya kita dalami dahulu seluk beluk mechanical keyboard. Keyboard jenis ini berbeda dengan keyboard yang biasa kita pakai di kantoran. Meski kehadiran mechanical keyboard juga tidak asing karena sudah banyak dipakai oleh atlet e-sport. 

Mechanical keyboard punya penggemarnya sendiri. Hobi ini lantas berkembang luas dengan satu benang merah: custom. Penggemar keyboard ini seakan berlomba-lomba membuat mechanical keyboard versi mereka sendiri. Mereka merakit satu per satu part yang mereka kumpulkan hingga menjadi satu kesatuan keyboard utuh. Mulai dari PCB, switch, case dan keycaps. 

Semua part tadi diproduksi secara terbatas. Biasanya oleh perusahaan kecil yang melihat ceruk pasar penggemar custom mechanical keyboard. Karena diproduksi terbatas, sudah pasti part keyboard jenis ini dijual mahal. Maka bisa disimpulkan hobi custom mechanical keyboard adalah hobi yang relatif mahal. 

Kita mulai ke pembahasan keycap. Part ini jadi bagian wajib sebuah mechanical keyboard. Keycap adalah tuts keyboard, yang biasa di atasnya terdapat simbol yang akan kita ketik. Otomatis, keycap langsung bersetuhan dengan jari kita. Karena hobi ini mahal, satu set keycap saja bisa mencapai Rp 5 juta. Harganya bisa terus naik mengingat limitasi dari masing-masing varian keycap. 

Di sini lah hadir kesempatan untuk berkesenian dengan memproduksi artisan keycap. Cirinya, bentuk artisan keycap nyeleneh, diproduksi satuan, dan terbuat dari berbagai bahan dasar. 

Artisan keycap biasanya diproduksi pabrikan maupun perorangan. Namun dengan satu benang merah: desain eksklusif. Temanya tergantung sang seniman, misalnya fidget spinner, karakter film, satwa, alam, dll. 

Adapun bahan dasar yang bisa dipakai untuk artisan keycap  seperti plastik ABS, plastik PBT atau resin. Namun bukan seni namanya jika bahan dasar ikut dibatasi. Para produsen artisan keycap tak jarang menggunakan bahan yang tak lazim untuk sebuah keycap seperti kayu, karet, tembaga, besi, dsb. 

Kreativitas itu lah yang membuat harga artisan keycap menjadi sangat mahal. Rekor artisan keycap  termahal saat ini dipegang oleh Clack Factory dengan keycapnya yang bernama The Spumoni. Harga satuannya saat ini diprediksi mencapai US$ 750 atau sekitar Rp 11 juta untuk satu keycap! 

Rekor itupun sebatas yang diketahui publik. Masih banyak transaksi di komunitas mechanical keyboard dengan harga yang tak diungkap ke publik. 

Tertarik untuk mendalami seni artisan keycap?

 

 

Penulis: Falih Noor

Editor: Fik


Photography By : Istimewa

TAGGED :
Please wait...