CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 28 September 2020

Bikin Ruang Kerja atau Belajar Lo Makin Nyaman dengan Cara Ini

Sob, lo suka jenuh nggak sih, sama suasana kerja yang gitu-gitu aja? Kalau iya, kayaknya sekarang waktu yang tepat buat rombak ruangan kerja lo di rumah biar makin nyaman buat kerja, deh.

Sampai sekarang, beberapa perusahaan dan sekolah kembali menerapkan WFH dan belajar di rumah dalam upaya menekan penyebaran COVID-19. Buat lo yang selama ini WFH, mungkin mulai ngerasa makin bosan dengan ruang kerjadi rumah yang itu-itu aja. Padahal, suasana ruang kerjabisa berpengaruh ke produktivitas lo dalam bekerja, lho. 

Emang sih, WFH itu lebih hemat dan santai karena lo enggak perlu keluar uang transport dan bebas kerja pakai baju tidur. Tapi, kalau bosan karena ruang kerja yang monoton ternya bisa bikin stres, lho. 

Nah, kalau udah ngerasa bosan, mendingan lo mulai berpikir untuk desain ulang ruang kerja atau ruang belajar lo sob, biar produktivitas lo tetap terjaga. Enggak perlu ribet-ribet, ini tips mengatur ruang kerja atau ruang belajar yang bisa lo ikutin biar lebih nyaman dan enggak ngebosenin. 

Tentukan tema

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum dekor ulang ruang kerja di rumah adalah cari tema yang lo paling mau. Menentukan tema bakal memudahkan lo pas ngerombak, mulai dari memilih cat yang pas sampai gambaran dekorasinya bakal seperti apa.

Kalau mau yang simpel tapi enggak ngebosenin, lo bisa pilih tema monokrom. Tapi, kalau lo pengen merombak total dan memberikan kesan unik tapi warm, tema industrial untuk ruangan kerja bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi, kalau lo merasa itu berat, mungkin cukup ganti warna cat atau pakai wallpaper bisa jadi alternatif, sih.

Furnitur yang sesuai

Nah, kalau sudah tahu tema dan pilihan warna, sekarang lo bisa lengkapi ruang kerja lo dengan furnitur yang sesuai.Misal nih, lo pengen ruang kerja lo kaya kantor beneran, lo bisa coba pakai kursi atau meja yang mirip dengan yang ada di kantor lo.

Lo juga enggak perlu beli semua furnitur, sih. Cukup beli yang penting aja, kayak meja kerja mengingat lo bakal ngehabisin banyak waktu di sana. Idealnya, ukuran meja kerja sekitar 120-150 cm. Untuk tingginya sekitar 70-75 cm, tapi semua disesuaikan dengan kebutuhan dan space ruang kerja lo, ya.

Pakai furniture yang ada 

Eits, ngerombak enggak selalu berarti beli yang baru ya. Lo bisa touch-up furnitur yang ada di rumah. Misalnya, lo bisa ganti warna meja di rumah atau kasih hiasan meja yang cocok dan sesuai dengan tema yang dipilih. Jadi, lo cuma perlu beli furnitur yang dibutuhkan, deh. Lebih hemat, kan?

Manfaatkan storage box

Seluas apapun meja di ruang kerja lo, hindari kebiasaan menumpuk banyak barang di atasnya. Hal ini bakal membuat meja terasa sesak dan bikin pusing. Lo bisa memanfaatkan laci atau storage box untuk menyimpan barang-barang di ruang kerja lo.  

Kalau mau pakai storage box,jangan asal diletakkan lantai. Berilah label dan letakkan di tempat yang sesuai. Dengan begitu, ruangan kerja di rumah bakal terasa lebih luas.

Atur tata letak ruangan

Setelah semua siap, lo juga jangan asal duduk dan taruh meja, kursi, dan perabotan seenak hati. Selain enggak rapi, ini juga malah bikin enggak efektif dan memengaruhi mood di ruang kerja. Coba atur tata letak ruang kerja atau ruang belajar lo biar lebih enak dipandang mata.

Simpelnya, lo bisa atur meja dan beberapa benda penting yang sering dipakai saat kerja. Misalnya, laptop, colokan, dan alat tulis untuk catatan saat meetingonline. Nah, lo bisa dekatkan meja dengan colokan, dan tata satu buku dan pulpen di atas meja. Jadi, kalau dibutuhin enggak ribet ambilnya.

Perhatikan jarak perabotan

Supaya lo tetap nyaman bergerak dan bekerja di rumah, penting untuk memerhatikan jarak antar perabotan. Terus kalau ruang kerja atau ruang belajar sempit gimana? Ada dua pilihan yang bisa lo lakuin. 

Pertama, pilih perabotan sesuai dengan ukuran ruang kerja di rumah. Kedua, lo bisa menyingkirkan beberapa perabotan yang enggak penting-penting amat. Jadi, di ruang kerja cukup ada meja dan kursi kerja, lemari kecil, lampu meja, serta beberapa hiasan lainnya.

Coba pindah meja ke dekat jendela

WFH bikin lo ngadep laptop seharian dan bikin mata capek. Maka dari itu, enggak ada salahnya buat mindahin meja ke dekat jendela. Soalnya, melihat luar jendela bisa membuat mata jadi lebih rileks. Bahkan, masuknya cahaya alami bisa membantu mengurangi stres saat bekerja atau belajar, lho.

Lo jangan mikir malas dulu karena panas dan bikin silau. Toh, sekarang ada banyak tirai minimalis atau blind yang bisa mengurangi sinar matahari yang terlalu terang. 

Nah, itu tips buat bikin ruang kerja dan ruang belajar lo di rumah biar makin nyaman dan produktif. Enggak ada salahnya juga kalau lo mau tambahin dekorasi khas band favorit lo. Dijamin makin keren, deh!


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...