CLASIFIED CULTURE | LOOK | 29 Agustus 2019

Box Set, Seri Album untuk Fans Garis Keras

Satu bundel karya eksklusif yang dimasukkan dalam satu wadah yang keren pastinya sangat sulit untuk ditolak.

Kalau kamu penggemar sebuah band, penulis, atau film, pasti pernah melihat box set yang dikeluarkan oleh orang-orang tersebut. Box set adalah sekumpulan benda-benda seperti buku, rekaman musik, atau film dokumenter yang dikemas dalam sebuah boks dan dijual sebagai satu kesatuan. Di musik, box set biasanya terdiri dari kompilasi tiga format album atau lebih.           

Box set pertama di dunia dikeluarkan oleh penyanyi country bernama George Strait. Strait mengeluarkan box set “Strait Out of the Box” berisi empat album yang dirilis dari 1976 hingga 1995. Sebagian besar terdapat terdapat single-single milik Strait.           

Artis atau band yang sudah memiliki karier yang panjang dan sukses bisa memiliki antologi atau koleksi-koleksi penting yang dirilis dalam bentuk box set. Biasanya, di dalam box set terdapat track yang jarang atau belum pernah dikeluarkan, atau berisi diskografi yang lengkap, seperti Oh, by the Way dan Discovery milik Pink Floyd. 

Beberapa band juga mengeluarkan versi panjang dari album tersukses mereka seperti box set Immersion milik Pink Floyd. Isinyaterdiri dari The Dark Side of the Moon (1973), Wish You Were Here (1975), dan The Wall (1979). Pink Floyd juga mengeluarkan The Early Years 1965-1972 yang kebanyakan isinya materi-materi yang tidak pernah dirilis sebelumnya. 

Di musik klasik, box set biasanya terdiri dari seluruh karya beberapa komposer atau beberapa karya dari beberapa genre, seperti musik simfoni atau musik kamar, yang dimainkan oleh beberapa orkestra, ensemble, atau konduktor. 

Box set dengan konsep unik

Banyak artis yang mengeluarkan box set menarik. Endank Soekamti mengeluarkan box set SALAM INDONESIA pada 2017. Selain lagu, terdapat dvd film Behind the Songs, kaos, buku catatan perjalanan Soekamti Goes to Papua, kacamata molo atau kacamata selam tradisional dari Papua, dan sertifikat kepemilikan box set. Wadahnya pun sangat collectible, yaitu terbuat dari kayu jati Belanda.           

Penyanyi pop Indonesia, Rizky Febian, mengeluarkan box set berisi Bluetooth speaker yang sudah ditanam lagu-lagu Rizky Febian, papan mainan, kaos album Jejak, dan sertifikat kepemilikan. Tempatnya juga menyerupai koper yang sangat eye catching.           

Gugun Blues Shelter mengeluarkan box set dalam tiga seri yaitu Gugun Series, Fajar Series, dan Bowie Series. Setiap seri memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya adalah terdapat kaos, CD, dan DVD. Sedangkan perbedaannya adalah terdapat pick guitar di Gugun Series, pick bass di Fajar Series, dan drum key di Bowie Series.           

Box set yang akan dikeluarkan dalam waktu dekat adalah Utopia Bird Call Boxset milik Björk. Rencananya box set ini dirilis pada 1 November 2019. Di dalamnya terdapat 14 flute pemanggil burung buatan tangan dan USB-C flash drive yang berisi musik dari album Utopia, video, gambar, dan track instrumental yang belum pernah dikeluarkan. Di bagian bawah wadah terdapat rak tersembunyi yang berisi buklet 8 halaman yang berisi panduan cara menggunakan flute pemanggil burung tersebut.           

Meskipun harganya mahal, box set tetapi diburu penggemarnya karena memberikan kesan eksklusif, produknya terbatas, dan tidak dirilis berulang kali. Bagaimana, tertarik mengkoleksi box set?

 

Penulis: Nia Janiar

Editor: Fik


Photography By : Dok. Belialbumfisik, Endank Soekamti

Please wait...