CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 04 Januari 2021

Butuh Suasana Baru? Intip 4 Tren Interior 2021 Ini

Menyambut tahun baru pasti pengen sesuatu yang baru, kan? Nah, dari sekian hal yang bisa dilakukan, dekorasi rumah baru bisa jadi ide menarik. Yuk, intip 4 tren interior 2021 ciamik ini.

Biar lebih fresh dan kerasa tahun barunya, lo bisa mulai mengawali 2021 dengan make over dekorasi rumah atau kamar tidur lo. Apalagi banyak tren interior 2021 yang diprediksi bakal hits. Tren interior 2021 dijamin bikin ruangan lo makin segar dan cozy, deh.

Enggak perlu bingung mencari ide, lo bisa intip tren interior 2021 dari Pinterest Predict. Tren ini dibuat berdasarkan data pencarian internal Pinterest secara global. Prosesnya dengan membandingkan pencarian pada periode Oktober 2018-September 2019, dan periode Oktober 2019-September 2020.

Buat lo yang pengin ngerombak suasana rumah di momen tahun baru, berikut ini 4 tren interior 2021 versi Pinterest Predict yang bisa lo coba.

Corak Neon

Corak yang sudah mulai hits sejak 2020 ini bakalan makin booming di 2021. Ruangan dengan tema lampu neon diprediksi akan jadi tren interior 2021 yang paling hits sepanjang tahun, khususnya buat para Gen Z.

Kalau dilihat dari data Pinterest Predict, pencarian dengan kata kunci ruang lampu neon naik delapan kali lipat dari sebelumnya. Sedangkan, pencarian buat kata kunci cermin dengan lampu LED juga naik dua kali lipat.

So, 2021 akan lebih banyak orang yang menghias kamar tidurnya pakai lampu terang warna-warni dan bisa lo pertimbangkan untuk dekorasi kamar lo. Enggak cuma untuk lampu tidur saja, lampu neon bisa ngebantu lo buat belajar atau kerja juga, sob.

Masuknya corak neon ke tren interior 2021 versi Pinterest Predicts juga bisa dilihat dari naiknya pencarian buat kata kunci “kamar tidur dengan lampu LED biru”. Enggak tanggung-tanggung, kata kunci ini melejit hingga 155%, lho!

Sementara itu, pencarian kata kunci “ruangan dengan lampu LED” dan “sign lampu LED” naik tiga kali lipat dari biasanya. Gimana? Tertarik buat mengubah kamar jadi lebih aesthetic dan nyaman pakai tren interior 2021 bercorak neon?

Tampilan Japandi

Lo pecinta desain interior ala-ala Jepang tapi pengen mengaplikasikan gaya minimalis Skandinavia? Enggak perlu bingung, lo bisa mengaplikasikan keduanya dalam satu ruangan.

Yup, tren interior 2021 yang diprediksi bakal booming lainnya adalah Japandi. Tren interior 2021 ini merupakan perpaduan antara desain interior Jepang yang anggun, dengan gaya minimalis ala Skandinavia. 

Konsep yang dibawa dalam dekorasi rumah ala Japandi mengusung gaya “wabi-sabi” ala Jepang, atau “terdapat keindahan dalam ketidaksempurnaan” yang berpadu dengan desain modern rustic ala Skandinavia. 

Perpaduan dua desain ini menghasilkan bentuk dan corak yang sempurna. Cocok banget buat pecinta gaya modern. Dari segi warna dekorasi rumah bergaya Japandi menampilkan warna-warna netral dengan aksen terang. Ciri khas lain adalah penggunaan garis-garis rapi. 

Tren interior ini diprediksi akan naik daun di sepanjang 2021. Hype-nya bisa dilihat dari banyaknya orang yang mencari kata kunci “Japandi” di Pinterest. Kenaikan pencarian kata kunci ini hingga 100%.

Selain itu, ada pencarian lain yang juga masih berhubungan dengan desain interior Japandi, yakni kata kunci “dapur minimalis modern” yang naik hingga 115%, lho.

Rak dapur

Kalau selama ini dapur dianggap sebagai bagian belakang yang enggak terlalu diperhatikan,  tren interior 2021 berkata lain. Menurut Pinterest Predict, rak dapur bakal menjadi tren interior 2021 yang diminati banyak orang. 

Yup, Pinterest memprediksi kalau rak dapur akan jadi sudut favorit baru di rumah. Pada 2021, banyak orang yang mengoleksi dan membeli peralatan makan unik. Mulai dari gelas berwarna, peralatan makan dari kayu, hingga perabotan unik untuk memasak.

Selain itu, penggunaan rak dapur juga akan menjadi tren baru yang menarik dicoba. Dari segi warna, rak dapur yang booming di 2021 kemungkinan besar warna-warna netral, seperti abu-abu, hitam putih, oak, mint, sage, hijau kebiruan, dan biru tua.

Kemudian, pencarian seputar isi rak dapur juga naik, lho. Misalnya, kata kunci “gelas berwarna” naik hingga 135%. Sedangkan, kata kunci “dekorasi rak dapur melayang” naik hingga 130%.

Ruang kerja di rumah

Tren interior 2021 satu ini enggak bisa dilepaskan dari kebiasaan work from home sejak pandemi COVID-19. Diprediksi, selama 2021 alih kegiatan outdoor ke indoor masih akan dilakukan banyak orang. 

Penggunaan ruang terbuka multifungsi juga tampak mulai ditinggalkan. Banyak orang lebih memilih mendekorasi ruangan tertutup sebagai ruangan multifungsi. Jadi, enggak aneh kalau pada 2021, penggunaan cloffice semakin hits. Cloffice merupakan istilah untuk “closet office” yang merujuk pada ruangan multifungsi.

Menurut data Pinterest, pencarian “cloffice” naik hingga dua kali lipat. Kemudian, pencarian “desain perpustakaan di rumah” naik tujuh kali lipat. Jumlah pencarian untuk kata kunci “rak buku pemisah ruangan” pun naik sebesar 150%. 

Dekorasi rumah dengan ruangan multifungsi ini bakalan bikin lo lebih nyaman selama melakukan kegiatan di dalam rumah. Jadi, lo enggak perlu lagi keluar rumah untuk cari tempat yang comfy

Cloffice nantinya enggak hanya digunakan untuk bekerja, lo juga bisa menggunakannya untuk olahraga, bersantai, dan aktivitas-aktivitas lain. Punya ruangan multifungsi yang nyaman juga bikin produktivitas makin naik, lho. 

Nah, unik-unik, kan, tren interior 2021 yang diperdiksi bakal booming? Kalau lo sendiri lebih tertarik yang mana, nih?


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...