CLASIFIED MUSIC | ORIGINS | 17 Juni 2020

Deretan Album Terbaru 2020 yang Dirilis Selama Pandemi COVID-19

Ada beberapa musisi luar negeri yang membuktikan bahwa adanya pandemi nggak jadi halangan untuk mereka berkarya. Ini deretan album keren yang dirilis di tengah situasi pandemi.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Berada di tengah pandemi COVID-19 membuat beberapa musisi kesulitan menyalurkan karyanya. Bahkan, banyak rencana yang sudah disusun jadi berantakan, entah itu konser atau peluncuran album terbaru di 2020. Bagi sebagian fans, pasti ini cukup menyedihkan. Apalagi kalau album terbaruitu emang ditunggu-tunggu banget.

Sebut saja Sam Smith yang berencana merilis album terbaru pada Mei 2020 yang harus diundur. Lalu ada Luke Bryan yang seharusnya rilis album terbaru bulan April ditunda hingga Agustus. Tentunya masih banyak lagi musisi yang menunda perilisan album terbarudi 2020 ini.

Di sisi lain, ternyata masih ada beberapa musisi yang menyempatkan rilis album terbaru di 2020. Siapa saja deretan musisi keren yang rilis album terbaru di tengah pademi COVID-19 ini? 

Tame Impala – The Slow Rush

Setelah lima tahun dari album terakhir mereka Currents, akhirnya Tame Impalakembali dengan merilis album terbaru di 2020bertajuk The Slow Rush. Album ini terbilang cukup unik dan menarik, karena di album terbarunya ini, sang pentolan band Kevin Parker menciptakan musik ‘sweet pop’ yang juga dikombinasikan ke dalam rock psychedelic ala Tame Impala.

Currents bakalan ngajak lo tenggelam dalam ritme synthesizer yang khas. Apalagi, beberapa ritme bakal buat lo secara nggak sadar bergoyang mengikuti alunan musik disko yang lambat. Belum lagi ritme keyboard dan efek gitar yang memberikan kesan space-pop-rock. Beuh, eksperimen yang cihuy banget, kan?

Di album terbarunya ini, Kevin Parker juga berhasil menggabungkan berbagai macam instrumen musik yang seakan menghipnotis siapa saja yang mendengarkan album terbaru Tame Impala. Mulai dari musik techno era 90-an, rock 80-an, dan beberapa genre yang old school banget! Lo harus dengerin album terbaru Tame Impala ini sih, sob.

The 1975 – Notes on a Conditional Form

Band yang beranggotakan Matthew Healy (vocal dan rhythm guitarist), Adam Hann (lead guitarist), Ross MacDonald (bassist), dan George Daniel (drummer) ini cukup ahli dalam menciptakan berbagai macam aliran musik. 

Baru-baru ini, The 1975 juga baru merilis album terbaru di 2020. Sebenarnya, album yang bertajuk Notes on a Conditional Form ini direncanakan rilis pada Februari 2020. Namun sempat tertunda dan baru terlaksana di bulan Mei lalu. 

Album terbaru The 1975 terdiri dari 22 lagu, yang bakal nemenin hari-hari lo selama karantina mandiri. Ada beberapa lagu yang menjadi highlights di album ini. Sebut saja The Birthday Party, Tonight (I Wish I Was Your Boy), dan If You’re Too Shy (Let Me Know)

King Krule – Man Alive!

Setelah sempat vakum sekitar tiga tahun, akhirnya solois asal Inggris, King Krule kembali merilis album terbaru di 2020. Album terbarunya, King Krule masih memiliki spektrum punk minimalis yang dark. Nuansa ini emang selalu jadi ciri khasnya sejak album 6 Feet Beneath the Moon (2013).

Pada album terbaru bertajuk ajuk Man Alive! penyanyi, penulis lagu, produser, dan gitaris dengan nama asli Archy Marshall ini menyuguhkan berbagai macam lagu memanjakan telinga. Album Man Alive! sendiri menjadi lanjutan album The Ooz yang telah dirilis pada 2017 silam. Di album terbarunya ini King Krule mengisi 14 tracks, dengan empat single yang cukup menarik. Beberapa di antaranya Alone dan Omen 3.

The Strokes – The New Abnormal

Band selanjutnya yang merilis album terbaru 2020adalah The Strokes. Band rock asal Amrik yang terdiri dari Julian Casablancas (vocal), Nick Valensi (lead guitar), Albert Hammond (guitar), Nikolai Fraiture (bass), dan Fabrizio Moretti (drum) ini kembali dengan album terbarubertajuk The New Abnormal pada April 2020 lalu.

Kalau di album sebelumnya Angles (2011) dan Comedown Machine (2013), grup band garage rock revival inidianggap fans kurang maksimal. Nah, di album terbarunya kali ini, Julian dan kawan-kawan berhasil mengemas dan menyajikan musik dengan tepat dan enak di telinga.

Yaa, bisa dibilang seluruh lagu di album The New Abnormal lebih segar dan fresh. Seluruh lagu di album ini bikin mood lo seketika menjadi gloomy dan sedikit abnormal. Penasaran? Kepoin saja di platform streaming musikdigital kesayangan lo!

Hayley Williams – Petals for Armor

Pastinya buat lo yang ngikutin Paramore tahu Hayley Williams, dong? Cewek yang hobi gonta-ganti warna rambut ini juga turut meramaikan daftar musisi yang rilis album terbaru di 2020. Perilisan album yang bertajuk Petals for Armor milik Hayley terbilang unik. Dia membagi album debutnya dalam tiga EP terpisah. Pada bulan Februari, April, dan dilanjutkan Mei kemarin sebagai debut full album-nya. 

Hayley beralasan, pembagian tersebut dilakukan agar pendengarnya dapat mencerna lagunya dengan lebih baik. Terlebih tema-tema lagunya juga cukup berbeda dari yang ia sering kasih bareng Paramore.

Setiap lagu yang dirilis dibuat cukup jujur, karena membahas perjuangannya mengatasi kesehatan mental yang Hayley alami. Salah satunya lagu yang berjudul Cinnamons. Meskipun cukup “sedih”, namun dibalut dengan aransemen funk ala Hayley yang membuat lagu ini sangat cocok buat keseharian lo. Jadi kalau lo lagi sedih, dibawa happy aja, sob.

Pearl Jam – Gigaton 

Band terakhir yang merilis album terbaru di 2020adalah Pearl Jam. Sebagai salah satu band ‘tuwir’ yang populerkan genregrunge di era 90-an, Januari 2020 lalu mereka kembali merilis album terbaru berisi 12 tracks bertajuk Gigaton.

Band yang digawangi Eddie Veder (vocal), Mike McCready (guitar), Stone Gossard (guitar), Jeff Ament (bass guitar), dan Matt Cameron (drum) ini comeback dengan beberapa eksperimen baru di album terbaru Pearl Jam. Mulai dari loop, elektronik, dan beberapa unsur lainnya yang dipadukan dengan suara khas sang frontman Eddie Veder.

Dibandingkan dengan album sebelumnya, Lightning Bolt (2013), album terbaru Pearl Jam ini cenderung lebih galak. Apalagi, album ini juga menghadirkan ada berbagai genre. Kalau pengen dengerin lagu up beat, lo bisa dengerin Quick Escape atau Take the Long Way. Nah, buat lo yang suka bertema ballad anti-menye ala Pearl Jam juga bisa lo dengerin di album terbarunya ini, lho.

So, sekarang waktunya lo kepoin masing-masing album terbaru di 2020 itu, deh. Terus pilih yang mana jadi favorit lo.


Photography By : Dok. Shutterstock

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Semangat Do It Yourself (D.I.Y) adalah sebuah credo wajib bagi anak-anak punk. Etos itu pun berlaku ...
Album penuh kedua Rich Brian yang hidup dengan pendekatan berbeda ...
Kesan pertama saya saat melihat aksi panggung Pemuda Sinarmas “Njir, ribet banget sih? Nge-DJ pake ...
Rap dan Hip-hop adalah sebuah genre musik yang kerap kali dikaitkan dengan Black Culture. ...
Cepat, bising namun harmonis. Tiga kata itu mungkin cukup tepat untuk menggambarkan musik yang dirac ...
Berbicara mengenai musik death metal di Yogyakarta tentu saja tak akan lepas dari sebuah band bernam ...
Dunia memang tidak bisa diprediksi bagi Kuntari. Setelah menggeluti jazz, world music, dan neoklasik ...
Siapa tak kenal almarhum Gesang, maestro Keroncong Indonesia? ...
Selang lima tahun, akhirnya Dialog Dini Hari melepas album terbarunya. ...
Single soal kemerdekaan dan megenrekan diri mereka ‘90 rock electronic dance indie ...
Baru-baru ini, pihak film Gundala mengumumkan tujuh lagu terpilih dalam sayembara #GundalaSongTribut ...
Dipha Barus,--di tanah air, nama DJ yang baru dinobatkan sebagai DJ of The Year di Paranoia Awards 2 ...
Pada akhirnya ini semua bercerita tentang gairah. Tulang-tulang yang bengkok dan kita masih tetap bi ...
Bangkitnya The Godfather of Broken Heart ...
Melihat lebih dekat sosok Anda yang karyanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Latar belakang dan p ...
Ada pangkal yang memulai seteru sampai sikap dan prinsip yang tercermin dalam lagu. ...
a techo music is not just a genre, its more than music, its a spirit of the life to rise the adrenal ...
“Semua yang Asri Hancur, Semua yang Asli Luntur.” ...
Pecinta musik elektronik berduka atas kepergian Florian Schneider, co-founder dari Kraftwerk pada Me ...
Sebagai pecinta musik, rajin nonton konser sampai koleksi merchandise itu hal biasa. Biar lo naik le ...
Festival Glastonbury tahun ini terpaksa ditunda sebagai efek pandemi COVID-19. Namun untuk mengobati ...
Ada kabar baik nih buat fans Oasis, mereka bakalan luncurin koleksi vinyl spesial buat ngerayain 25 ...
Please wait...