CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 01 September 2020

Enggak Mau Kalah Sama Instagram, TikTok Siap Gelontorkan Triliunan Buat Gaji Content Creator

Setelah Instagram dikabarkan bakal gaji content creator, TikTok enggak mau kalah. TikTok nyiapin dana Rp2,9 triliun untuk gaji para content creator.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Rencana TikTok gaji content creator bukan hanya untuk memberikan penghasilan, tetapi juga untuk menarik talenta baru di TikTok. Program TikTok gaji content creator tersebut diberi nama TikTok Creator Fund.

Dana yang digelontorkan TikTok untuk gaji content creator enggak tanggung-tanggung. Menurut juru bicara TikTok, aplikasi tersebut menyiapkan budget sebesar USD 200 juta atau setara Rp 2,9 triliun. Angka fantastis ini digelontorkan sebagai bentuk apresiasi TikTok para content creator-nya. 

Kalau sebelumnya content creator dapat mendulang cuan dengan live streaming, kali ini kemungkinan skemanya akan berbeda. TikTok akan mem-filter jumlah minimum followerscontent creator yang bakal dikasih “gaji”. Selain itu, kemungkinan TikTok bakalan gaji content creator yang aktif mengunggah video sesuai pedoman komunitas TikTok. 

Untuk skema lebih detail, TikTok bakalan ngumumin lebih lanjut. Namun, rencana pembukaan pendaftaran bagi content creator bakalan dibuka pada Agustus 2020. Langkah TikTok gaji content creator ini memang perlu diacungi jempol. Soalnya, suntikan dana ini bakal ngebuat content creator getol untuk bikin konten kreatif nan menghibur.

TikTok Terancam Diblokir di Amerika Serikat

Di tengah kabar tersebut, ada berita heboh lainnya dari aplikasi video pendek ini. TikTok terancam diblokir di Amerika Serikat! Ancaman pemblokiran ini muncul karena pemerintah AS curiga TikTok meneruskan informasi penggunanya ke Tiongkok.

Namun demikian, menurut Presiden Donald Trump, rencana pemblokiran TikTok di AS masih dalam pertimbangan. Pemerintah Amerika Serikat tengah mempertimbangkan berbagai alternatif agar TikTok enggakdi-banned dari AS.

Salah satu ide alternatif adalah dengan melakukan divestasi atau pengurangan jenis aset dan memisahkan TikTok Amerika Serikat dengan perusahaan induknya di Tiongkok. Dengan demikian, TikTok enggak lagi terkait dengan Tiongkok atau markasnya di ByteDance.

Enggakbeda jauh sama Amerika Serikat, TikTok juga sempat diblokir di Indonesia pada 2018 silam. Hal ini dilakukan karena munculnya berbagai laporan negatif mengenai aplikasi TikTok di Indonesia. Meski demikian, enggak lama berselang Kementerian Komunikasi dan Informasi membuka kembali blokir atas TikTok di Indonesia.

TikTok Bikin Lagu Jadul Makin Hits

Di Indonesia, aplikasi TikTok emang bukan barang baru. Sampai Juni 2020, menurut Katadata pengguna aplikasi TikTok di Indonesia telah mencapai 30,7 juta akun. Waduh,hampir 1/9 masyarakat Indonesia punya TikTok, nih.Lo salah satunya, ya? 

Pengguna TikTok Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 29 menit di aplikasi TikTok. Bukan cuma nonton, tapi bikin video pendek juga. FYI, TikTok dinobatkan jadi aplikasi yang paling menghibur dan terbaik dari Google Play, lho.Penghargaan ini enggaksalah sih, soalnya ada jutaan video berdurasi 15 detik sampai 1 menit yang kreatif nan menghibur di TikTok. 

Para content creator TikTok di Indonesia memang enggak setengah-setengah dalam berkarya, untuk membuat satu video saja mereka rela memberikan berbagai efek khusus, stiker, lagu, transisi, dan fitur video lainnya. Effort banget, kan?Jadi enggakheran kalau TikTok rela gaji content creator mereka.

Hingga 2019 lalu, video TikTok  paling populer di Indonesia masih dipegang oleh “Cara Membuat Risoles” karya Yackikuka yang mendapatkan lebih dari 750.000 likes. Kemudian ada video hasil riasan dari Anna Queen yang berhasil meraih 900.000 likes.

Pengaruh TikTok pun berdampak pada para musisi dalam dan luar negeri. Naiknya popularitas lagu ini karena banyak content creator yang menggunakannya untuk backsound dari video. Misalnya, lagu Bagaikan Langit dari Potret, Any Song dari Zico, Candy milik Doja Cat, Yummy milik Justin Bieber, atau Girls Like You dari Maroon 5.

Tapi yang cukup mengejutkan ialah lagu I’m Just a Kid milik Simple Plan yang viral beberapa waktu lalu. Lagu ini berhasil mendapat Platinum dari RIAA karena di-stream 150 kali dalam satu akun atau setara dengan 1 juta kopi. Padahal lagu itu sudah dirilis 18 tahun silam sob!

Nah, terbukti kan, kalau salah satu efek positif dari TikTok bisa bikin menaikkan popularitas lagu yang mungkin sempat kita lupakan. Jadi, rencana TikTok gaji content creator cukuplah cerdik, karena enggak hanya mendukung content creator, tapijuga bisa meningkatkan geliat industri kreatif, khususnya dunia musik.

Kalau lo sendiri sehari berapa kali bikin video di TikTok sob?


Photography By : Dok. Shutterstock

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Festival Kebudayaan Yogyakarta bisa dibilang sudah menjadi hajatan tahunan dalam ruang kesenian Jogj ...
Bakpia merupakan salah satu produk kuliner ikonik Yogyakarta. Asal muasal penamaannya tidak begitu d ...
Seni itu merupakan kombinasi antara aksi dan reaksi! ...
Keindahan alam dan seisinya punya magnet tersendiri untuk mendatangkan para wisatawan. ...
Walaupun siapa saja bisa mengakses dan memainkan musik digital, teori musik dasar menjadi hukum yang ...
Sisi manajerial yang diformat sendiri hingga perilaku para booking agency menentukan keberlangsungan ...
Tren meng-cover atau membawakan ulang lagu sudah jamak di masa kini. ...
Belum lama ini sempat heboh kasus data akun pengguna sebuah e-commerce besar di Indonesia dibobol ha ...
Jangan sampai deh, karena corona lo jadi nggak update. Coba manfaatin smartphone lo buat tetap updat ...
Main game nggak selamanya buruk, terutama di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Selain seru, ternyata ...
Mau nongkrong di coffee shop terhalang PSBB COVID-19? Tenang, kalau lo mau ngopi nggak perlu ke coff ...
Bosen nggak ada teman ngobrol selama karantina diri di rumah? Yaa, coba cari teman baru saja lewat d ...
Instagram memang udah lama jadi sarana bagi para influencer untuk mendulang cuan dari postingan berb ...
Lo punya cita-cita jadi astronot? Atau mau jajal hidup di luar angkasa? Kayaknya, mimpi lo bisa terw ...
Buat lo para pecinta skate, ada kabar gembira nih. Bulan September nanti, game legendaris Tony Hawk ...
Nonton konser musik di dalam mobil? Mungkin kedengerannya aneh, tapi beneran ada lho, sob. Konser dr ...
Memasuki era new normal, bersepeda kembali jadi hype. Jika lo salah satu yang mulai hobi gowes, lo w ...
#DiRumahAja bikin lo nggak produktif? Coba atasi dengan menanam tanaman indoor. Enggak cuma buat cuc ...
Daripada cuman main doang, gimana kalau lo coba mulai streaming game di rumah? Selain seru, lo bisa ...
Belum lama ini muncul kabar yang cukup heboh di dunia media sosial. Kabarnya, Instagram bakal segera ...
Mulai jenuh sampai stres karena kelamaan WFH dan kangen liburan? Staycation aja, yuk! Tapi sebelum c ...
Lo pernah ngira enggak sih, kalau ternyata sepeda lipat yang hits saat ini pernah jadi bagian pentin ...
Sebagai pengguna WhatsApp, lo pasti gerah dengan banyaknya berita hoaks yang tersebar melalui aplika ...
Overthinking bisa jadi salah satu tanda gangguan kecemasan. Masalah ini memang lagi naik banget sela ...
Please wait...