CLASIFIED MUSIC | NEWS & UPCOMING | 26 Agustus 2020

Fokus ke YouTube Music, Google Play Music Bakal Tutup

Sebagai pengguna Google Play Music, kayaknya lo harus siap-siap kehilangan ‘sahabat’ lo tahun ini dan mulai move on ke Youtube Music. Soalnya, layanan streaming ini bakal segera ditutup.

Beberapa bulan lagi, Google berencana menutup layanan streaming musik, Google Play Music. Soalnya, mereka bakalan lebih fokus ke Youtube Music. Rencananya, Google akan menggiring seluruh pengguna Google Play Music ke Youtube Music di akhir tahun ini. Youtube Music sendiri sudah mulai masuk ke Indonesia sejak November 2019.

Jadi, buat lo yang selama ini ditemani Google Play Music sudah harus siap-siap move on, atau setidaknya mulai pdkt dulu sama Youtube Music. Biar makin terbiasa sama fitur-fitur di Youtube Music. Nah, sekarang lo setel musik favorit lo, sambil baca artikel ini, ya, buat kenalan lebih dalam sama Youtube Music.

Dengerin Musik dan Nonton Video di Youtube Music

Mungkin selama ini lo cuma tahu Youtube sebatas platform nonton video, mulai dari video konser musik, hingga vlog beberapa Youtuberatau artis yang mulai eksis di Youtube. Nyatanya, Google juga mulai kenalin layanan streaming musik terbaru mereka. Youtube Music. Layanan streamin ini ngasih banyak pilihan genre musik layaknya si kompetitor andalan, Spotify. 

Di Youtube Music, lo bisa akses musik sesuka hati lo secara cuma-cuma, alias gratis. Tapi, kalau gratisan lo harus sabar, karena ada beberapa iklan yang muncul di Youtube Music. Kalau mau lebih santai dan paling anti dengerin musik yang ke-skip iklan, lo bisa langganan Youtube Music Premium yang cukup affordable, yaitu Rp49.000/bulan.

Dengan harga yang tergolong murah, lo bisa mendapatkan berbagai fitur yang ditawarkan Youtube Music. Selain streaming musik bebas iklan, lo juga bisa download lagu favorit lo biar bisa diputarwalau enggak ada jaringan internet. Satu lagi yang bikin beda banget dengan aplikasi streaming musik lainnya, Youtube Music enggak hanya nawarin audio, tapi juga ada video sob. 

Bahkan, kalau lo cuma ingat lirik lagunya saja, lo tetap bisa mencari lagu favorit lo itu di Youtube Music. Cukup mengetik penggalan lirik tersebut, Youtube Music bakal cariin lagu yang lo maksud. Karena Youtube Music dilengkapi fitur pencarian ala Google sob. Jadi, lo bisa dengan mudah cari lagu favorit lo. Kurang lengkap apa coba? 

Pakai Youtube Premium Lebih Cuan

Bersamaan dengan Youtube Music, Google juga meluncurkan Youtube Premium di Indonesia. Terus, apa bedanya dengan Youtube biasanya? 

Sesuai namanya “Premium”, tentunya platform yang satu ini cukup beda dan lebih cuan pastinya. Dengan biaya langganan seharga Rp59.000/bulan, lo bisa nonton video di Youtube bebas iklan hingga play video secara offline di luar aplikasi Youtube dengan fitur PiP (picture-in-picture)

Jangan dibayangin ini bakal bikin dompet jebol, ya. Karena kalau lo pilih langganan Youtube Premium secara otomatis lo sudah bisa langganan Youtube Music Premium secara gratis. Mantap, makin cuan, kan? Pokoknya ini mubazir banget kalau dicuekin begitu saja sob. karena sekali bayar lo bisa dapat dua keistimewaan sekaligus!

Throwback Perjalanan Google Play Music

Sebelum akhirnya move on ke Youtube Music, enggak ada salahnya ingat-ingat kembali perjalanan Google Play Music yang nemenin hari-hari lo selama ini. Kalau lo sadar, sebenarnya Google Play Music sudah ada sekitar sembilan tahun, lho. Lebih lama dari hubungan lo sama doi, kan?

Muncul pertama kali sejak Mei 2011, Google Play Music hadir untuk menemani para penikmat musik streaming secara online. Sampai akhirnya di akhir tahun 2020 ini, Google Play Music resmi dihentikan. Sedih, sih, untungnya pihak Google sendiri memberikan kesempatan bagi pengguna Google Play Music untuk memindahkan semua musik ke dalam Youtube Music melalui layanan Google TakeOut.

Seiring berjalannya waktu, Google Play Music dan Music Manager juga akan melakukan beberapa perubahan. Lo enggak perlu khawatir karena pihak Google akan tetap menyimpan setiap musik, hasil download-an, hingga pembelian yang lo lakukan melalui Google Play Music hingga Desember 2020. 

Nah, nanti setelah Desember barulah semua hal yang berkaitan dengan Google Play Music sudah enggak tersedia lagi. Maka dari itu, lo sangat disarankan segera memindahkan seluruh koleksi musik-musik favorit lo ke Youtube Music sob.

Selain memindahkan beberapa koleksi, lo juga punya kesempatan untuk menghapus semua informasi yang lo punya di Google Play Music. Sebagai tanda keseriusannya untuk berhenti, pihak Google Play Music pun menutup kesempatan membeli dan memesan musik yang biasanya bisa dilakukan dengan mudah.

Lebih lengkapnya, nanti lo juga bakal menerima e-mail resmi dari Google Play Music yang berisi  informasi penting untuk memindahkan beberapa konten dan history yang lo punya. 

So, siap berpaling ke lain hati enggak, nih?


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...