CLASIFIED MUSIC | NEWS & UPCOMING | 26 Agustus 2020

Fokus ke YouTube Music, Google Play Music Bakal Tutup

Sebagai pengguna Google Play Music, kayaknya lo harus siap-siap kehilangan ‘sahabat’ lo tahun ini dan mulai move on ke Youtube Music. Soalnya, layanan streaming ini bakal segera ditutup.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Beberapa bulan lagi, Google berencana menutup layanan streaming musik, Google Play Music. Soalnya, mereka bakalan lebih fokus ke Youtube Music. Rencananya, Google akan menggiring seluruh pengguna Google Play Music ke Youtube Music di akhir tahun ini. Youtube Music sendiri sudah mulai masuk ke Indonesia sejak November 2019.

Jadi, buat lo yang selama ini ditemani Google Play Music sudah harus siap-siap move on, atau setidaknya mulai pdkt dulu sama Youtube Music. Biar makin terbiasa sama fitur-fitur di Youtube Music. Nah, sekarang lo setel musik favorit lo, sambil baca artikel ini, ya, buat kenalan lebih dalam sama Youtube Music.

Dengerin Musik dan Nonton Video di Youtube Music

Mungkin selama ini lo cuma tahu Youtube sebatas platform nonton video, mulai dari video konser musik, hingga vlog beberapa Youtuberatau artis yang mulai eksis di Youtube. Nyatanya, Google juga mulai kenalin layanan streaming musik terbaru mereka. Youtube Music. Layanan streamin ini ngasih banyak pilihan genre musik layaknya si kompetitor andalan, Spotify. 

Di Youtube Music, lo bisa akses musik sesuka hati lo secara cuma-cuma, alias gratis. Tapi, kalau gratisan lo harus sabar, karena ada beberapa iklan yang muncul di Youtube Music. Kalau mau lebih santai dan paling anti dengerin musik yang ke-skip iklan, lo bisa langganan Youtube Music Premium yang cukup affordable, yaitu Rp49.000/bulan.

Dengan harga yang tergolong murah, lo bisa mendapatkan berbagai fitur yang ditawarkan Youtube Music. Selain streaming musik bebas iklan, lo juga bisa download lagu favorit lo biar bisa diputarwalau enggak ada jaringan internet. Satu lagi yang bikin beda banget dengan aplikasi streaming musik lainnya, Youtube Music enggak hanya nawarin audio, tapi juga ada video sob. 

Bahkan, kalau lo cuma ingat lirik lagunya saja, lo tetap bisa mencari lagu favorit lo itu di Youtube Music. Cukup mengetik penggalan lirik tersebut, Youtube Music bakal cariin lagu yang lo maksud. Karena Youtube Music dilengkapi fitur pencarian ala Google sob. Jadi, lo bisa dengan mudah cari lagu favorit lo. Kurang lengkap apa coba? 

Pakai Youtube Premium Lebih Cuan

Bersamaan dengan Youtube Music, Google juga meluncurkan Youtube Premium di Indonesia. Terus, apa bedanya dengan Youtube biasanya? 

Sesuai namanya “Premium”, tentunya platform yang satu ini cukup beda dan lebih cuan pastinya. Dengan biaya langganan seharga Rp59.000/bulan, lo bisa nonton video di Youtube bebas iklan hingga play video secara offline di luar aplikasi Youtube dengan fitur PiP (picture-in-picture)

Jangan dibayangin ini bakal bikin dompet jebol, ya. Karena kalau lo pilih langganan Youtube Premium secara otomatis lo sudah bisa langganan Youtube Music Premium secara gratis. Mantap, makin cuan, kan? Pokoknya ini mubazir banget kalau dicuekin begitu saja sob. karena sekali bayar lo bisa dapat dua keistimewaan sekaligus!

Throwback Perjalanan Google Play Music

Sebelum akhirnya move on ke Youtube Music, enggak ada salahnya ingat-ingat kembali perjalanan Google Play Music yang nemenin hari-hari lo selama ini. Kalau lo sadar, sebenarnya Google Play Music sudah ada sekitar sembilan tahun, lho. Lebih lama dari hubungan lo sama doi, kan?

Muncul pertama kali sejak Mei 2011, Google Play Music hadir untuk menemani para penikmat musik streaming secara online. Sampai akhirnya di akhir tahun 2020 ini, Google Play Music resmi dihentikan. Sedih, sih, untungnya pihak Google sendiri memberikan kesempatan bagi pengguna Google Play Music untuk memindahkan semua musik ke dalam Youtube Music melalui layanan Google TakeOut.

Seiring berjalannya waktu, Google Play Music dan Music Manager juga akan melakukan beberapa perubahan. Lo enggak perlu khawatir karena pihak Google akan tetap menyimpan setiap musik, hasil download-an, hingga pembelian yang lo lakukan melalui Google Play Music hingga Desember 2020. 

Nah, nanti setelah Desember barulah semua hal yang berkaitan dengan Google Play Music sudah enggak tersedia lagi. Maka dari itu, lo sangat disarankan segera memindahkan seluruh koleksi musik-musik favorit lo ke Youtube Music sob.

Selain memindahkan beberapa koleksi, lo juga punya kesempatan untuk menghapus semua informasi yang lo punya di Google Play Music. Sebagai tanda keseriusannya untuk berhenti, pihak Google Play Music pun menutup kesempatan membeli dan memesan musik yang biasanya bisa dilakukan dengan mudah.

Lebih lengkapnya, nanti lo juga bakal menerima e-mail resmi dari Google Play Music yang berisi  informasi penting untuk memindahkan beberapa konten dan history yang lo punya. 

So, siap berpaling ke lain hati enggak, nih?


Photography By : Dok. Shutterstock

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Sambil menyeruput kopi di sore hari, kurang lengkap tanpa mendengarkan lagu Fourtwnty. Begitu kata b ...
Musik dan fashion memang nggak bisa dipisahkan, apalagi kalau bahas sepatu, kudu harus nyari yang ny ...
Nggak heran kalau bisnis minuman kopi kekinian sangat menjanjikan. Ya, bagaimana nggak, ada aja anak ...
Street art bukan asal coret dinding saja, ada nilai seni yang cukup kuat dalam setiap semprotan catn ...
Dalam memperingati usia dua dekade di 2019 salah satu band pop punk berpengaruh tanah air. ...
Sebuah karya lugas dari band power pop asal Jakarta ...
Biduan pop, Vira Talisa, sukses menampakan keemasan musik pop Indonesia lewat Primavera. Jika di kar ...
Kritik penonton terhadap konser Westlife di Jakarta mengingatkan kembali pada promotor, bahwa konser ...
Warpaint : Tampil Minimalis namun Berhasil Jadi Pusat Perhatian ...
Papan beroda ini bisa bikin siapa saja ketagihan. Dari musisi, komedian, artis, sampai selebgram. Mu ...
Medium promosi karya band di era digital seperti sekarang tak hanya terbatas pada tulisan review saj ...
Penyanyi lagu I Love You 3000, Stephanie Poetri dikabarkan gabung ke label rekaman 88rising. ...
Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk bersiasat. Duduk sejenak untuk memandang jauh ke depan demi ...
2020 menjadi tahun keempat perhelatan JogjaROCKarta. Setelah sukses menghadirkan Dream Theater, Mega ...
Salah satu hal yang tidak memungkinkan dilakukan di masa pandemi ini adalah nonton konser musik. Unt ...
Walau hanya di rumah saja, bukan berarti kita tidak produktif dalam bekerja. Malahan kita bisa membu ...
Mendengarkan radio tanpa adanya batasan jam tayang? Podcast jawabannya. Lewat podcast para seleb kit ...
Selama melakuan work form home di tengah pandemi COVID-19 ini, kita sangat tertolong dengan teknolog ...
Bagi Glenn Fredly, konser musik bukan hanya tempatnya berkarya, namun juga caranya untuk berbagi. Di ...
Siapa yang udah kangen nonton konser atau manggung? Pasti banyak yang nyaut, tuh. Tenang, selama pan ...
Di hari kemerdekaan AS, rapper beken Kanye West menyatakan akan mencalonkan diri menjadi presiden AS ...
Buat para pecinta band Linkin Park, kalian harus berbangga hati. Baru-baru ini video In The End mili ...
Konser-konser banyak yang di-cancel karena situasi pandemi melarang kita untuk berkerumun. Tapi ada ...
Demi mempelajari penyebaran COVID-19, peneliti Jerman mengadakan eksperimen konser musik di dalam ru ...
Please wait...