CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 24 November 2020

Fortnite Bakal Hadir di PS5, Ini Bedanya dengan Versi PS4

Tahun ini adalah tahun spesial bagi para gamers, terutama buat lo penggemar PlayStation (PS) dan game Fortnite. Setelah PS5 dirilis, game Fortnite juga bakal ikutan muncul di konsol tersebut, sob!

Sebagai gamers, lo pastinya sudah kenal banget sama salah satu game terbaik dari dari Epic Games, Fortnite. Sebelumnya, Fortnite sudah hadir di Android, Windows, Xbox One, dan PS4. 

Kabarnya nih, Fortnite bakal hadir dalam deretan game terbaru di konsol Playstation 5 (PS5). Enggak cuma itu, game ini juga bakal hadir di konsol terbaru besutan Microsoft, yaitu Xbox Series X/S yang diluncurkan dua hari sebelum PS5 dirilis.

Berdasarkan pengumuman dari Epic Games, Fortnite versi PS5 dan Xbox Series X/S sudah dibekali dengan berbagai peningkatan yang lebih gokil dibandingkan versi sebelumnya di Xbox One dan PS4. Wah, bikin makin penasaran aja, nih. Kira-kira bakal sekeren apa ya, Fortnite di PS5?

Fitur unggulan Fortnite di PS5 dan Xbox X/S

Fortnite versi PS5 dan Xbox X/S bakal beyond expectation, sob. Keunggulan utama pertama yang bisa langsung lo rasakan adalah kualitas grafis yang makin ciamik ketimbang versi sebelumnya. Kedua konsol next-gen tersebut juga bakal menjalankan Fortnite dengan resolusi 4K dengan frame rate di atas 60fps. Lalu, fitur split screen di dalamnya juga sudah mendukung frame rate 60fps dan proses pencarian match yang lebih cepat dibandingkan dengan versi Xbox One atau PS4. 

Uniknya lagi, ada salah satu fitur terbaru yang diluncurkan dalam edisi Fortnite versi PS5, yaitu sensasi feedback dari controller Dual Sense. Misalnya, fitur haptic feedback yang bakal memberikan sensasi game ini. Simpelnya, kalau lo memilih senapan yang gede, seperti sniper rifle, lo bakal ngerasain adanya feedback yang lebih berat ketimbang senjata pistol atau sub-machine gun (SMG). 

Selain itu, tombol trigger juga memberikan efek haptic feedback untuk senjata jarak jauh yang lo pilih. Ajaibnya, fitur ini bakal memberikan respon aksi tembakan yang terasa jauh lebih nyata. Rasanya kayak masuk ke dunia Fortnite! 

Enggak cuma itu, Fortnite PS5 juga didukung dengan fitur PS5 Activity. Jadi, lo bisa memilih mode permainan yang lo mau, baik itu Solo atau Duo. Bahkan, lo bisa main bareng sohib lo dengan memilih mode “Squad”. Asyiknya, di mode “Squad” lo enggak perlu “nongkrong” di ruang tunggu alias lobi kayak yang ada pada versi PS4.

Satu lagi, Fortnite versi PS5 dan Xbox Series X/S masih dilengkapi dengan fitur crossplay. Jadi, lo bisa langsung melanjutkan permainan saat masuk ke Fortnite versi konsol next-game tanpa harus mengulang. Lo juga bisa main bareng teman-teman lainnya selama menggunakan platform yang mendukung.

Fortnite di iPhone dan iPad

Tak hanya di PS5 dan Xbox Series X/S, Fortnite bakal kembali hadir di gawai iPhone dan iPad! Kalau mau coba, lo bisa menggunakan layanan cloud gaming milik Nvidia; GeForce Now. Saat ini, GeForce Now baru ada di Mac, Windows, Android, dan Chromebook. Namun, rencananya Nvidia akan meluncurkan GeForce Now untuk Safari di iOS.

Kabar kehadiran GeForce Now pada perangkat iPhone dan iPad belum mendapatkan konfirmasi langsung dari Apple. Bahkan, pihak Nvidia juga masih enggan ngasih komentar. Meskipun begitu, sudah banyak prediksi bermunculan soal GeForce Now bakal hadir saat pembaruan iOS akhir November ini.

Tapi lo harus tetap sabar, ya, sob. Seperti yang lo tahu, Apple ini super kolot dan punya kebijakan yang harus ditaati. Salah satunya adalah kebijakan yang mewajibkan penyedia cloud gaming untuk mengirimkan judul game untuk ditinjau langsung oleh pihak Appel.

Usut punya usut, kebijakan Apple tersebut dianggap menyulitkan pihak penyedia cloud gaming. Bahkan, karena “syarat” ini, pihak Apple juga ikut dikritik Microsoft Corp selaku penyedia layanan cloud gaming Xbox Game Pass.

Sebelumnya, Fortnite dihapus dari App Store karena pihak Epic Games ngotot untuk memiliki layanan pembayaran di luar mekanisme Apple dalam pembelian in-game items. Hal itu membuat  Apple enggak bisa menarik potongan 30% kepada pihak Epic Game yang dan menyebabkan mereka bersengketa di pengadilan.

Padahal, kalau sampai rencana ini berhasil, tentunya akan menjadi obat rindu bagi para penggemar Fortnite di iPhone dan iPad. Soalnya, hal ini jadi momen comeback Fortnite setelah sebelumnya resmi dihapus dari App Store. 

 

Semoga saja Fortnite beneran muncul lagi di iPhone dan iPad ya, sob. Tapi, lo juga jangan lupa untuk siap-siap jajal Fortnite di PS5 dan Xbox Series X/S, ya!


Photography By : Dok. Shutterstock/Lenscap Photography

Please wait...