CLASIFIED CULTURE | LOOK | 24 Agustus 2020

Gokil, Jaket Langka Karya Desainer Ini Dibanderol Ratusan Juta Rupiah

Jaket harga jutaan saja kadang sudah bikin geleng-geleng kepala. Lah, ini ada jaket bomber jadul yang harga pasarannya tembus ratusan juta Rupiah!

Penggemar barang vintage harus rela merogoh kocek lebih dalam kalau mau dapatkan jaket langka Riot rancangan Raf Simons sebagai koleksinya. Bayangin, jaket langka ini laku terjual dengan harga 47 ribu dollar Amerika, atau setara Rp 713 Juta. Angka yang cukup fantastis, kan?

Tapi menurut pengamat fashion, Lawrens seorang Greiled Brand Director dari E! News hal ini cukup wajar, doi bilang kalau jaket memang bisa menjadi barang investasi hingga 20 tahun ke depan. Karena jaket langka ini akan menjadi barang buruan empuk bagi para penggemar vintage. Nah, itulah yang sekarang terjadi pada jaket langka Riot Raf Simons ini.

Popularitas jaket Riot Raf Simons dari masa ke masa

Jaket langka karya Raf Simon bertajuk Riot! Riot! Riot! ini pertama kali tampil di koleksi musim gugur/musim dingin 2001 di New York Fashion Week. Secara look, jaket Riot punya corak army dengan tambalan bergambar David Bowie dan Bauhaus. Jaket langka ini memiliki siluet klasik yang begitu populer pada era 2000.

Popularitas jaket Riot Raf Simons ini kembali naik pasca seleb internasional yang terlihat bangga menggunakan jaket langka tersebut. Sebut saja rapper asal Amerika, Drake, yang beberapa waktu lalu ia terlihat mengenakan jaket Riot Raf Simons dalam video musik Tootsie Slide. Video musik itu jadi momen berharga bagi jaket Riot karena beberapa kali terpampang di The Robb Report serta Billboard.

Seleb lainnya yang sempat terlihat pakai jaket langka karya Raf Simons ini adalah Kim Kardashian, Rihanna. Selain itu, Kanye West juga cukup konsisten menggunakan jaket bomber langka tersebut berkali-kali sejak 2001 hingga 2017. Jadi nggakheran kalau jaket Riot Raf Simons ini banyak diburu dan harganya melejit.

Ingin tampil gaya dengan jaket Riot Raf Simons?

Ngomong-ngomongsoal kepopuleran, saat ini jaket langka Riot Raf Simon bisa dibilang sama tenarnya dengan sneaker Air Jordan 1 original 1985 yang paling diburu kolektor. Kalau dulu, jaket langka ini masih bisa ditemukan di situs penjualan barang bekas. Sekarang kayaknya sudah sangat sulit sob.

Tapi enggak perlu galau, tetap ada alternatif untuk tampil kece dengan jaket langka ini. Sekarang beberapa pemilik jaket Riot Raf Simon yang sekaligus kolektor terpercaya mulai menyewakan jaket langka tersebut. Selain menyewa, sekarang juga mulai banyak jaket Riot hasil modifikasi dari beberapa label streetwear dan high fashion yang bisa kita beli.

Bisa dibilang kalau Raf Simons dengan karya jaket Riot ini berhasil membuat peluang pasar baru dan menciptakan tren tersendiri. Banyak perusahaan fashion mengadopsi ide Raf Simons pada jaket Riot ini. Alpha Industries misalnya, perusahaan yang terkenal memproduksi jaket bomber tersebut kini menciptakan versi baru dengan tambahan emblem dan ukuran oversized.

Kabar baiknya lagi, Raf Simons juga mengumumkan jika labelnya akan merilis kembali 100 jaket Riot pada bulan Desember 2020 nanti. Siap-siap nabung sob!

Simbol anti-kemapanan bergeser ke penanda kemewahan

Jaket Riot adalah salah satu fashion item yang mewakili dunia streetwear. Mode berpakaian itu biasanya digunakan untuk jalan-jalan santai atau hangout sama teman. Lambat laun, mode berpakaian yang awalnya sebagai simbol anti-kemapanan ini bergeser menjadi penanda kemewahan.

Bagi masyarakat umum, sekilas jaket Riot Raf Simons memang nggak ada yang spesial, cuma sebatas karya dari perancang busana asal Belgia tersebut. Namun lain halnya dengan para pecinta fashion. Menurut mereka jaket langka ini merupakan warisan budaya yang harus dikoleksi dan dijaga, sehingga nggak heran kalau diburu banyak orang sekarang.

Menurut penggila fashion, jaket Riot dianggap karya sukses yang menggabungkan hobi, minat, seni, dan bisnis secara bersamaan. Tambalan bergambar musisi David Bowie dan gitaris Manic Street Preacher Richey Edwards, serta poster Bauhaus merupakan harga mahal dari desain jaket bomber tersebut.

Enggakcukup sampai di situ, jaket Riot Raf Simons menjadi cerminan pengaruh musik pada fashion. Maka dari itu, enggak heran kalau banyak orang yang menyebut Raf Simons sebagai bapak streetwear kelas atas.

Gimana sob, lo tertarik buat berburu jaket langka karya Raf Simons ini nggak?


Photography By : Dok. Shutterstock/andersphoto

Please wait...