CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 04 Januari 2021

Harganya Selangit, Ini 7 Tanaman Hias Terpopuler 2020

2020 bisa disebut sebagai tahun kebangkitan tanaman hias. Soalnya, hobi merawat tanaman hias sudah mulai jadi tren. Setidaknya ada 7 tanaman hias terpopuler pada. Apa saja?

Munculnya tren merawat tanaman hias selama pandemi bikin harga jual beberapa tanaman hias ikutan meroket. Bahkan, beberapa tanaman hias terpopuler dibanderol dengan harga yang enggak wajar.

Setidaknya, ada 7 tanaman hias terpopuler selama 2020. Selain punya ciri khas unik pada tiap daun dan tangkainya, harganya juga sangat variatif, sob. Mulai dari 8 ribuan sampai ratusan juta rupiah! Berikut jenis tanaman hias terpopuler sepanjang 2020.

Aglaonema

Sempat tenar di 2006, tanaman ini dikenal dengan sebutan “sri rejeki” di Indonesia. Pada 2020, Tanaman aglaonema jadi salah satu tanaman hias terpopuler yang namanya cukup melejit. Tanaman hias dari suku talas-talasan ini punya sekitar 30 varietas dengan ciri khas yang berbeda-beda. 

Popularitas aglaonema enggak bisa dipisahkan dari mudahnya perawatan. Tanaman ini memang termasuk dalam salah satu tanaman hias yang cocok untuk pemula karena mudah tumbuh dalam kondisi apapun.

Selain itu, keindahan daun membuat aglonema sering dijadikan dekorasi dalam ruangan. Aglaonema anyamanee merupakan jenis aglaonema dengan harga termahal di 2020 yang dibanderol hingga puluhan juta Rupiah, lho.

Sansevieria

Tanaman hias terpopuler selanjutnya punya nama beken “lidah mertua”. Selain bentuknya yang unik, sansevieria banyak dipilih karena punya banyak manfaat yang jarang orang ketahui. Salah satu manfaat sansevieria adalah membersihkan sirkulasi udara di dalam ruangan, sob.

Kemudian, sansevieria termasuk tumbuhan yang tahan banting alias gampang banget perawatannya. Ditambah lagi, ketimbang tanaman hias terpopuler lain, sansevieria masih punya harga yang terjangkau.

Salah satu jenis sansevieria terpopuler sepanjang 2020 adalah star sansevieria kirkii, sansevieria stuckyi, sansevieria bagamoyensia, sansevieria ehrenbergii, dan sanseveria eilensis.

Monstera

Nah, siapa sih, yang enggak kenal dengan tanaman satu ini? Namanya masuk dalam jajaran atas tanaman hias terpopuler di Indonesia 2020. Bahkan saking fenomenalnya, 2020 sering disebut sebagai tahunnya monstera alias si “janda bolong”.

Keunikan monstera terletak pada daunnya yang bolong-bolong dan asimetris. Keunikan ini membuat janda bolong banyak dijadikan hiasan rumah untuk menampilkan kesan aesthetic. Harga janda bolong kini pun sangat fantastis karena sempat trending di media sosial. Harganya menembus hingga ratusan juta Rupiah, lho.

Jenis monstera dengan harga jual paling fantastis adalah monstera obliqua. Tanaman janda bolong ini terjual hingga Rp 120 juta untuk satu pot dengan 3 helai daun. Gokil, kan?

Hoya Carnosa

Tanaman hias terpopuler sepanjang 2020 juga disandang hoya carnosa. Tanaman hias yang berasal dari Asia Timur dan sebagian Australia ini punya 200 spesies dan punya prospek yang cerah sepanjang 2020.

Tanaman ini banyak digunakan sebagai hiasan rumah sekaligus pengharum ruangan. Yap, hoya carnosa punya bunga yang sangat semerbak sehingga cocok jadi aromaterapi alami di dalam ruangan.

Kalau lo tertarik buat merawat hoya carnosa, lo harus teliti karena tanaman ini punya perawatan yang cukup intens. Tapi, dari segi harga hoya carnosa masih terbilang terjangkau, kok. Mulai dari Rp 20.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Alocasia

Termasuk dalam genus rhizomatous, alocasia punya daun lebar dan termasuk salah satu tanaman hias terpopuler di 2020. Tanaman ini punya 79 spesies dan memiliki habitat asli di Asia tropis serta subtropis ke Australia Timur.

Jika dilihat sekilas, alocasia punya bentuk yang mirip dengan caladium. Namun, kedua tanaman ini dibedakan daun dan umbinya. Keindahan daun dan harganya yang masih relatif terjangkau membuat alocasia laris manis diburu banyak orang.

Meskipun tidak sehits janda bolong, namun alocasia cukup ramai dibicarakan, lho. Varietas alocasia yang punya harga cukup tinggi adalah alocasia azlanii dengan harga mencapai Rp 7 juta.

Opuntia monacantha variegata

Tumbuhan yang memiliki nama lain “sukulen pelangi” ini termasuk dalam keluarga kaktus. Opuntia monacantha variegata punya ciri khas warna kemerahan seperti bintil yang sangat eksotis untuk menjadi hiasan di rumah.

Opuntia monacantha variegata punya habitat asli di hutan Amerika Selatan dengan iklim tropis. Enggak heran kalau tanaman hias ini bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Tanaman ini juga sangat mudah dirawat dan enggak harus selalu disiram.

Kalau soal harga, opuntia monacantha variegata berani bersaing, deh. Tanaman ini hanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 8.500 hingga puluhan ribu rupiah saja, sob. Murah banget, kan?

Philodendron Micans

Termasuk dalam jenis tanaman hias merambat, philodendron micans punya ciri khas kombinasi warna hijau dan marun pada daunnya. Bentuknya yang memanjang sangat cocok untuk dijadikan hiasan gantung di rumah.

Philodendron micans punya banyak jenis dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik. Tanaman ini banyak digemari para kolektor tanaman hias, sehingga harganya tergolong tinggi. Satu pot philodendron micans besar setinggi 60 cm dibanderol seharga Rp 8,5 juta, sob.

Nah, jadi lo udah kepikiran mau ngerawat tanaman hias apa nih buat ngisi waktu liburan selama di rumah aja?


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...