CLASIFIED ARTS | DISCOVER | 29 Agustus 2019

Hip Hop Naik Daun, Beatmaker Jadi Inceran

Kamu jago beatmaker? Siap-siap banyak job!

Fenomena Rich Brian bersama 88rising membuat hip-hop kembali naik daun di Asia. Ujung-ujungnya pasar musik hip-hop semakin besar belakangan ini, dan makin banyak juga rapper yang ingin ngikutin jejak Kendrick Lamar dkk. Tapi nggak semua bisa bikin beat yang enak buat mengiringi mereka nge-rap. Di sinilah peluang bisnis muncul untuk para beatmaker. 

Ada 4 hal yang identik pada musik yang muncul pertama kali di Bronx, New York, pada 1973 dan diperkenalkan oleh Kool Herc, seorang DJ Jamaika-Amerika yang saat itu berusia 18 tahun ini. Diantaranya MCing/Rapping, Djing/scrathcing dengan turntable, breakdancing, dan graffiti writing. Tapi ketukan sampling atau bassline yang akan menjadi beatboxing ritmik merupakan nyawa di musik hip-hop atau rap. 

Nah, buat rapper yang  ingin membuat lagu tapi kesulitan dalam membuat beat atau instrumental musik hip-hop nggak usah pusing lagi, karena seiring perkembangan pasar hip-hop saat ini banyak jasa yang menjual beat kosong yang tinggal kita isi dengan flow dan lirik. Kalau nggak percaya googling aja dengan keywords “jasa pembuatan beat”. 

Apalagi di Instagram lagi rame bikin beat hip-hop buat dipamerin di feed dan di story. Mereka nggak cuma ngelakuin itu buat senang-senang atau pamer sama teman, tapi juga promosi barang jualannya. 

Kalau dulu suka iseng ngetuk-ngetuk meja ngikutin lagu favorit sambil nunggu guru atau dosen masuk kelas, sekarang bisa tuh ngubah keisengan itu jadi beat buat jualan. Modalnya cuma selera musik bagus, komputer dan midi controller. 

Pada dasarnya, midi controller itu berbentuk keyboard atau drumpad dan bekerja sebagai alat buat ngubah ketukan atau nada yang kamu mainin jadi data di komputer, untuk kemudian dijadiin suara digital lewat software yang disebut digital audio workstation atau DAW. Jadi, daripada cuma ngetuk-ngetuk meja doang, mendingan sekarang kamu ngetuk drumpad buat bikin musik. 

Buat pemula, ada banyak pilihan budget midi controller kayak Novation Launchkey Mini atau Arturia Minilab. Sementara buat programnya ada banyak opsi gratis seperti Cakewalk atau Tracktion yang bisa kamu download sekarang juga. Beberapa midi controller malah dijual sepaket sama DAW gratis jadi nggak perlu bingung. Kalau punya modal lebih, bisa upgrade ke software yang berbayar dan nawarin lebih banyak fitur semisal Ableton Live atau FL Studio. 

Kalau sudah bisa bikin beat yang enak, tinggal promosiin deh lewat platform online seperti Instagram atau Soundcloud. Sama kayak jualan pada umumnya, di sini harus mikirin juga strategi bisnisnya. Saingan banyak bousz! Tapi dengan materi musik yang bagus dan taktik jualan yang oke, beat bikinankamu pasti dicari para rapper! Bagaimana, tertarik jualan beat?

 

Penulis: Raditya Nugroho

Editor: Fik


Photography By : Istimewa

Please wait...