CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 04 Januari 2021

Ikuti Jejak iPhone, Galaxy S21 Dijual Tanpa Charger dan Earphone?

Apple enggak menyertakan charger dan earphone dalam paket penjualan smartphone terbarunya, iPhone 12. Meski menuai kritik, langkah ini disinyalir bakal diikuti pesaingnya, Samsung.

Brand teknologi kenamaan, Apple, menjual smartphone terbarunya tanpa menyertakan charger dan earphone. Langkah ini kemungkinan bakalan diikuti oleh pesaingnya, Samsung, pada produk teranyarnya. Kabarnya, dalam penjualan Galaxy S21, Samsung akan meniadakan dua aksesori tersebut dalam kotak penjualan flagship Galaxy S.

Berdasarkan rumor yang beredar, Samsung Galaxy S21 Series akan hadir dengan tiga model yang berbeda. Masing-masing memiliki nomor komponen SM-G991B/DS untuk Galaxy S21, SM-G996B/DS untuk Galaxy S21+, dan SM G998B/DS untuk Galaxy S21 Ultra.

Belum ada konfirmasi resmi dari Samsung

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Samsung mengenai peniadaan charger dan earphone dalam seri Galaxy S21. Meski begitu, ANATEL, badan resmi telekomunikasi Brasil telah mengungkapkan hal tersebut.

Dalam sertifikasi yang dikeluarkan ANATEL, terlihat jika tiga ponsel dari line up Galaxy S terbaru tidak akan hadir dengan dua item krusial tersebut. Salah satu bagian dokumen resminya yang diterjemahkan menyebutkan jika ponsel tidak akan dijual dengan dukungan pengisi daya dan earphone.

Untuk kabar yang lebih pasti, kita masih harus menunggu konfirmasi resmi dari Samsung saat rilis perdana Galaxy S21. Rencananya, Samsung Galaxy S21 bakal dirilis pada 14 Januari 2021. Sedangkan, penjualannya kemungkinan akan dimulai pada akhir Januari.

Kemungkinan lo cuma dapat ponsel, buku panduan dan garansi, kabel USB-C, serta alat SIM ejector saja. Kelengkapan ini tentu berbeda dengan si kakak; Galaxy S20, yang sudah dilengkapi dengan charger 25W dan earphone AKG USB-C.

Kalau dikurangi dua kelengkapan itu, harganya lebih murah, enggak, ya? Belum ada jawaban pasti, sih. Tapi kemungkinan sedikit lebih murah dibandingkan Galaxy S20, sob.

Akan tetapi, kalau lo tertarik sama Galaxy S21, siapin budget lebih deh. Menurut rumor yang beredar, Samsung melakukan langkah ini untuk meningkatkan penjualan individu charger dan earphone nirkabel Galaxy Buds. Jika rumor ini benar, mau enggak mau kita harus ngeluarin budget ekstra, nih.

“Sindiran” Samsung pada Apple

Hasil keputusan Apple untuk menghilangkan earphone dan charger menuai banyak kritik dari sejumlah pihak, lho. Bahkan Samsung pernah menyindir hilangnya dua item ini di Facebook resminya. Tapi sekarang sudah dihapus, tuh.

Oktober lalu, Samsung mengunggah foto aksesori charger dengan caption yang diduga nyindir Apple. Pada unggahan tersebut, Samsung menulis kalau produk Galaxy keluarannya memberikan apapun yang dibutuhkan kita. Mereka menyediakan charger, kamera, baterai, hingga layar 120 Hz.

Selain itu, Samsung juga menyindir perkara tema “Hi, Speed”, yang digunakan Apple dalam acara peluncuran iPhone 12. Pada unggahan di Twitter resmi Samsung, mereka ngomong, kalau mereka telah lebih dulu menghadirkan ponsel berbekal konektivitas tinggi 5G.

Nah, kalau benar Samsung mengeluarkan seri Galaxy S21 tanpa charger dan earphone, tentu ini agak ironis. Ya enggak, sih?

Dalih Apple mengenai peniadaan charger dan earphone

Langkah Apple menghilangkan earphone dan power adapter disampaikan dalam rilis seri iPhone 12 pada Oktober lalu. Menurut pihak Apple, langkah ini dilakukan dalam rangka mengurangi limbah elektronik lingkungan.

Selain itu, peniadaan charger dan earphone juga dilakukan untuk mengurangi aktivitas penambangan bahan baku pembuatan aksesori pelengkap smartphone. Sebab, semakin banyaknya mesin penambang yang bekerja membuat konsumsi listrik yang dikeluarkan semakin besar.

Di sisi lain, upaya penghematan energi juga dilakukan dengan membuat kotak penjualan iPhone 12 seramping mungkin. Sebab kepala charger biasanya memiliki dimensi tebal dan memakan tempat.

Dilansir dari Kompas.com, langkah yang dilakukan Apple diklaim dapat mengurangi 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahunnya. Angka itu setara dengan menghilangkan 450.000 unit mobil di jalan raya dalam satu tahun.

Langkah ini dilakukan karena konsumen diprediksi bakal menggunakan kepala chargersmartphone yang sudah mereka miliki atau membelinya kalau dibutuhkan saja.

Meski tanpa dua aksesoris penting tersebut, harga iPhone 12 tetap sama. Jadi, bisa dibilang kalau beban untuk membeli charger dan earphone dialihkan ke pundak konsumen. Harga untuk charger iPhone 12 dengan daya terkecil (5 watt) mulai dari Rp 399.000. Sedangkan, kabel USB A ke Lightening terpendek (0,5 meter) dibanderol dengan harga Rp 280.000.

Menilik situasi tersebut, kemungkinan besar, kita harus mengeluarkan biaya dalam rate di atas untuk Samsung Galaxy S21. Namun balik lagi, informasi ini masih sebatas rumor belaka, sob. Sampai saat ini Samsung belum mengonfirmasi kabar tersebut.

 

Jadi kita tunggu saja sampai ada konfirmasi resmi, ya.


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...