CLASIFIED CULTURE | JOURNEY | 04 Januari 2021

Ini 8 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Kata siapa minum kopi di pagi hari enggak baik? Justru ada banyak manfaat tersembunyi minum kopi di pagi hari, sob. Apa aja tuh?

Apakah lo termasuk salah satu orang yang menjadikan minum kopi setiap pagi rutinitas sebelum memulai hari? Selain membuat semangat, ternyata ada banyak manfaat tersembunyi dari minum kopi di pagi hari nih, sob. Mengutip laman Halodoc, salah satu manfaat minum segelas kopi di pagi hari dapat membantu menjaga mood dan menghindari stres!

Eits, tenang. Manfaat minum kopi enggak sebatas itu, sob. Masih ada banyak manfaat minum kopi di pagi hari, terutama kopi hitam yang bisa lo rasakan. Biar enggak penasaran, berikut 8 manfaat minum kopi hitam pagi hari yang telah Authenticity rangkum.

Meningkatkan fungsi otak

Lo enggak salah baca sob. Membantu meningkatkan fungsi otak merupakan salah satu manfaat tersembunyi dari minum kopi setiap pagi. Adanya kandungan kafein pada kopi bersifat stimulan dengan menyerap aliran darah menuju otak. Hal inilah yang membantu meningkatkan daya ingat, kewaspadaan, fokus, dan kemampuan otak dalam merespon sesuatu. Keren, kan, sob?

Membakar lemak 

Dikutip dari Kompas.com, sebuah penelitian menunjukkan; mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dapat membantu meningkatkan laju metabolisme yang berperan penting dalam membakar lemak dalam tubuh sebesar 3-11%.

Adanya proses pembakaran lemak dalam tubuh ini dapat melancarkan proses penurunan berat badan. Meski begitu, bukan berarti lo bisa tiap saat minum kopi saja, sob. Untuk mendapatkan khasiat yang satu ini, lo minum kopi secukupnya dan diimbangi dengan menjaga pola makan serta rutin olahraga.

Meningkatkan kinerja fisik

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah membantu meningkatkan kinerja fisik tubuh hingga 12%. Manfaat ini didapatkan berkat kandungan kafein pada kopi yang berfungsi memberi “sinyal” pada sel lemak dan meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh. Peningkatan inilah yang akan membuat tubuh lebih berenergi dan semangat menjalankan hari. 

Turunkan risiko diabetes

Manfaat minum kopi pagi lainnya adalah menurunkan risiko diabetes tipe 2. Tentu saja ini berkat adanya kandungan kafein pada kopi yang berperan penting dalam meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Sehingga mencegah terjadinya diabetes.

Seperti yang lo tahu, diabetes bukanlah penyakit yang patut dianggap remeh.  Diabetes tipe 2 berisiko menyebabkan komplikasi, seperti jantung, stroke, dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Mencegah alzheimer

Ada banyak banget jenis penyakit yang “mengincar” kita saat tua nanti. Salah satunya penyakit saraf degeneratif seperti alzheimer. Oleh karena itu, selagi muda kita wajib banget menjaga kesehatan, mulai dari menjaga pola makan, hingga minum kopi. Kenapa?

Lagi-lagi, kandungan kafein kopi berperan penting dalam menjaga kesehatan otak sekaligus menurunkan risiko penyakit lainnya, seperti alzheimer, demensia, hingga penyakit parkinson. Dikutip dari Kompas.com, sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang rutin minum kopi berisiko lebih rendah terkena alzheimer sebesar 65%, ketimbang yang enggak minum kopi. 

Menjaga kesehatan hati 

Jangan cuma menjaga hati doi, tapi lo juga harus menjaga hati sendiri, sob. Caranya gimana? Tentu saja dari menjaga pola makan dan gaya hidup sehat dilengkapi dengan minum kopi. 

Biasanya, penyakit hati disebabkan adanya pertumbuhan jaringan parut di hati, atau dikenal dengan sirosis. Untungnya nih, minum kopi bisa menjaga tubuh lo dari sirosis. Eits, tapi lo harus ingat satu hal, maksimal minum kopi 4 cangkir per hari saja, ya!

Melawan depresi 

Depresi juga menjadi salah satu masalah kesehatan mental yang kerap disepelekan. Padahal, kalau enggak ditangani, depresi berisiko menurunkan kualitas hidup di masa mendatang. Lo harus coba atasi dan lawan depresi sejak dini. Salah satunya dengan minum kopi. Sebab, salah satu manfaat minum kopi yang kita dapat adalah mencegah depresi.

Penelitian dari Harvard menyebutkan, wanita yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena depresi ketimbang yang enggak sama sekali. Bahkan, penelitian lain menyebutkan, orang yang rajin minum kopi cenderung enggak mengakhiri hidup karena depresi. 

Menurunkan risiko kanker

Satu lagi manfaat minum kopi yang sayang dilewatkan begitu saja, yaitu menurunkan risiko kanker hati dan kolorektal. Buat lo yang belum tahu, kanker hati dan kolorektal adalah jenis kanker yang masuk peringkat 10 besar penyebab kematian di dunia. 

Untungnya, kebiasaan minum kopi setiap pagi hari membantu menurunkan risiko terkena kedua penyakit ini, sob. Tapi jangan asal minum kopi, waktu terbaik minum kopi adalah di pagi hari saat hormon kortisol (stres) sedang rendah.

Misalnya, lo bangun jam 6.00 pagi, maka waktu minum kopi yang tepat adalah 23 jam kemudian, yaitu pada pukul 8.00-9.00 pagi.

Aturan Minum Kopi Per-Hari

Meskipun minum kopi menyimpan banyak manfaat, bukan berarti lo bisa asal minum, lho. Disarankan untuk minum kopi hitam tanpa tambahan krim atau gula. Soalnya, terlalu banyak mengonsumsi gula atau lemak dalam krim enggak baik untuk kesehatan. Jadi, bisa saja segudang manfaat minum kopi lenyap karena tertutup dampak negatif dari banyaknya mengonsumsi gula. 

Terus, lo enggak disarankan minum kopi berlebihan, karena justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung! Cukup minum kopi sebanyak 400 mg, atau 4 cangkir setiap harinya untuk mendapatkan manfaatnya ya sob!

Enggak nyangka kan kalau manfaat minum kopi sampai segini banyaknya?


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...