Jago Main Game? Coba Deh, Mulai Streaming Game di Rumah

Daripada cuman main doang, gimana kalau lo coba mulai streaming game di rumah? Selain seru, lo bisa dapat uang tambahan, lho.

Di tengah pandemi, banyak orang melakukan kegiatan yang disukai untuk mengusir kebosanan. Ada yang mengasah skill atau sekedar melakukan hobinya, termasuk main game. Baru-baru ini tren streaming gameselama pandemi mulai banyak diminati orang. Tren streaming gameini cukup diminati karena bisa mendulang cuan, sob.

Kalau memang passion lo adalah main game, kenapa enggak coba buat streaming game? enggak usah ragu buat mulai, streaming game enggak cuma bisa dilakukan sama pro player doang, kok. Lo yang hobi  main game juga bisa mulai ikutan streaming game. Siapa tahu, bakat lo dilirik team Esports nanti, enggak ada yang tahu, kan?

Musisi Ikutan Streaming Game

Nah, tadi kan sudah dikasih tahu, kalau yang bisa streaming game bukan cuma pro player doang. Nih, buktinya sekarang saja banyak musisi yang mulai ikutan streaming game selama pandemi COVID-19. 

Contohnya Mark Hoppus pentolan Blink-182 ini merupakan salah satu fans game Animal Crossing: New Horizons yang ada di Nintendo Switch. Nah, karena hobinya ini, doi semakin eksis karena sering melakukan streaming game di tengah pandemi.

Kalau lo hobi main Call of Duty: Modern Warfare dan ngefans sama DJ gondrong; Steve Aoki, pastinya tahu kalau doi juga hobi banget main gamefirst-person shooter tersebut, kan? Di masa karantina, Steve Aoki sering menghabiskan waktu buat streaming game. Kalau lo penasaran, cek aja langsung di channel Twitch-nya.

enggak ketinggalan, Diplo yang ikut meramaikan streaming game di tengah pandemi. DJ satu ini hobi banget main game; Fortnite. Diplo memang sudah dikenal banyak fansnya, hobi main video games, dan sering pamer skillgame-nya dengan streaming game di akunTwitch pribadinya. 

Sebenarnya masih banyak lagi musisi yang hobi main game terus ikutan streaming game biar makin eksis. Kayanya misalnya; Michael Clifford gitaris 5SOS, Brendon Urie vokalis Panic! At The Disco, dan masih banyak lagi yang bisa lo lihat. 

Anyway, buat lo yang belum tahu Twitch, platform ini mirip YouTube tapi konten di dalamnya lebih banyak tentang streaming game. Pokoknya semua yang berbau video game ada di Twitch, walaupun ada juga konten lainnya, kayak musik yang nongol di sana.

Tips Melakukan Streaming Game

Nah, lo jangan cuma nonton idola lo streaming game doang, mending jajal ikutan streaming game, siapa tahu yang ngelirik lo main banyak, kan. Iseng-iseng berhadiah aja, sih. Kapan lagi lo bisa ngisi waktu luang, usir bosan, tapi dapat tambahan cuan dari streaming game di rumah. 

Tenang-tenang, enggak perlu ribet buat cari apa saja yang harus disiapin buat streaming game dari rumah. Authenticity bakal ngasih lo beberapa tips streaming game di rumah supaya lancar jaya.

Siapkan alat

Kalau mau streaming game pastinya harus punya alat-alatnya, dong. Pastinya, lo harus punya komputer, minimal laptop buat main game. Terus, laptop lo juga punya grafis yang lancar dan jarang macet biar kualitas streaming tetap oke. Jangan lupa mikrofon dan headset agar kualitas suara terjaga.

Kamera juga hal wajib buat streaming game. Jangan sampai video lo nanti gambar pecah dan buat yang nonton sakit mata duluan. O, iya, lo juga bisa tambahin green screen biat tampilan video makin menarik dan makin keren. Jangan lupa aplikasi edit video di laptop. Jadi, video lo bakal lebih fun dan buat penonton makin betah. 

Fokus di satu game

Pastinya lo punya game favorit yang paling jago banget lo mainin? Kalau memang lo jagonya Fortnite, ya main itu aja. Atau lo lebih bisa Call of Duty ya main itu aja. Jangan kebawa arus sama beberapa gamers yang mungkin lebih jago. Karena, selain kalah skill, jam terbangnya juga lebih dulu mereka, kan? Kalau perlu lo mainin aja yang memang jarang dilirik orang. Bisa-bisa jadi hal baru dan poin plus buat lo.

Buat jadwal

enggak mau kan, viewers lo tiba-tiba hilang karena lo jarang upload? Makanya, lo harus punya jadwal rutin dan konsisten biar viewers lo enggak ke lain hati. Tapi lo harus ingat, jangan karena ada jadwal lo ngorbanin hal penting, kayak kerjaan lo atau urusan sekolah lo.

Lo harus pintar atur waktu. Misal nih, lo kosong tiap weekend doang, ya lakuin aja secara rutin. Jangan seharian juga. Batasi waktu main game biar enggak ada jadwal yang tabrakan atau justru dikorbankan.

Buat ciri khas

Seperti yang lo tau, sekarang sudah banyak orang yang mulai streaming game. Makanya, disarankan cari hal yang khas supaya bisa dilirik penonton. Kenapa? Karena, kalau lo punya skill terbaik di antara yang paling baik tetap sia-sia kalau enggak ada ciri khas. 

Lo tetap harus jadi diri sendiri, tapi harus ada ciri beda. Misalnya, lo punya satu hero yang paling lo andalin. Jadi, tiap saat main game, lo bakal pakai hero itu. Atau bisa juga dengan cara permainan yang unik, misal sambil lempar jokes biar penonton lo enggak tegang banget. Lo juga bisa sedikit interaksi ke penonton streaming game lo, biar enggak kaku banget.

Jaga kualitas streaming

Satu lagi yang enggak boleh kelupaan; jaga kualitas streaming game yang lo bikin. Setidaknya, gambar yang lo tampilin harus jelas, jadi yang nonton bisa paham dan seakan ikutan main game. Makanya, penting banget buat punya perangkat suara, gambar, dan jaringan internet yang lancar. Bukan buat gaya, tapi biar penonton betah dan enggak nyesel. Paling enggak, mereka bakal balik lagi buat nonton kegiatan streaming game yang lo lakuin.

Jadi, yuk mulai streaming game di rumah!


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...