CLASIFIED MUSIC | ORIGINS | 22 Juni 2020

Jangan Ngaku Pecinta Musik Kalo Belum Nonton Film Dokumenter Musik Ini

Sebagai pecinta musik, rajin nonton konser sampai koleksi merchandise itu hal biasa. Biar lo naik level, kenalin musisi dan genre musik favorit lo lebih jauh dengan nonton dokumenter musik ini sob!

Ada banyak cara yang bisa lo lakuin untuk menunjukkan identitas lo sebagai pecinta musik. Mulai dari rajin nonton konser, update berita musik, atau beli merchandise band. Nah, tapi ada yang lebih seru lagi nih sob selain ketiga hal tersebut, yaitu nonton dokumenter musik!

Fyi, sebenarnya ada banyak banget daftar film dokumenter musik yang bisa lo tonton. Film-film dokumenter tersebut bakal bantu lo mengenal lebih jauh tentang musisi, genre, atau skena musik tertentu. 

Cara pembawaan cerita di film dokumenter musikjuga menarik. Karena mereka mengangkat dan menggali kisah-kisah para musisi dari berbagai perspektif. Bahkan mungkin yang nggak pernah mereka ungkap sebelumnya.

Biar nggak makin penasaran, berikut daftar film dokumenter musikseru yang bisa lo tonton di rumah.

Hip-Hop Evolution (IMDb: 8,4/10)

Sebagai pecinta musik hip-hop, lo harus nonton film Hip-Hop Evolution. Di sini, lo bakal diajak untuk lebih menyelami sejarah, budaya, hingga tumbuh kembang musik hip-hop di dunia. 

Jauh dari kata boring, dokumenter musik Hip-Hop Evolutiondiisi dengan berbagai pendapat dan hasil interview dari berbagai musisi hip-hop ternama, mulai dari Public Enemy, Beastie Boys, N.W.A, Ice-T, Rakim, hingga Big Daddy Kane. Setiap episodenya juga memiliki tema yang semakin menarik, bikin kita ketagihan dan penasaran sama cerita dari tiap musisi. 

Sejak pertama kali ditayangkan pada 2016, film dokumenter musik ini sudah sampai musim ke-4 di Netflix. Keberhasilan film dokumenter musik ini juga dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diraihnya. Misalnya, penghargaan International Emmy Awards 2017 dan dalam Canadian Screen Award 2017.

Metallica: Some Kind of Monster (IMDb: 7,5/10)

Film dokumenter musik rilisan 2004 ini rekomen banget buat lo pecinta musik heavy metal! Yap, Metallica: Some Kind of Monster dijamin bakal bikin para fans Metallica makin cinta sama band legendaris yang masih eksis sampai sekarang ini.

Film dokumenter yang disutradarai dan diproduseri oleh Joe Berlinger dan Bruce Sinofsky ini nampilin perjalanan Metallica selama 2001-2003. Nah, di film ini, lo bakal diajak ke balik proses pembuatan album St. Anger (2003). Mulai dari nyatuin ide masing-masing personelnya, sampai ke proses rekamannya yang nggak kalah bikin deg-degan.

The Clash: Westway To the World (IMDb: 7,8/10)

Film dokumenter musik selanjutnya adalah The Clash: Westway To the World. Dokumenter musik ini nyeritain perjalanan karir band punk legendaris asal Inggris, The Clash. Buat lo yang suka musik punk, film dokumenter musikini sayang banget buat dilewatin.

Fyi, The Clash: Westway To the World adalah salah satu film dokumenter musikyang mereka rilis. Selama karirnya, The Clash telah merilis dua film dokumenter musik lainnya, yaitu The Rise and Fall of the Clash dan Joe Strummer: The Future Is Unwritten

Berbeda dengan dua dokumenter sebelumnya, The Clash: Westway to the Worldnggak hanya menampilkan wawancara eksklusif seluruh personel The Clash. Film dokumenter yang rilis di tahun 2000 ini menampilkan bagaimana awal mula mereka membentuk menjadi sebuah band, hingga akhirnya meraih puncak popularitasnya. Film ini bakalan cocok banget buat lo yang mau mengenal lebih dekat pelantun London Calling ini, sob.

Oasis: Supersonic (IMDb: 7,9/10)

Buat lo yang kenal genre Britpop pasti kenal dengan salah satu band pelopor aliran ini. Benar banget, Oasis. Berdiri sejak 1991, Oasis memang nggak bisa dilepaskan dengan sosok Gallagher bersaudara, Liam dan Noel Gallagher sebagai pelopor genre Britpop yang kala itu belum banyak dilirik.

Rilis di tahun 2016, film dokumenter musik berjudul Oasis: Supersonic ini berisikan kisah mendalam tentang seluruh personel Oasis. Selain itu, di film dokumenter musik ini juga mengulas sejarah dan kesuksesan Oasis di era 90-an.

Satu yang menarik dari dokumenter musik ini, lo akan tahu bagaimana awal mula Gallagher bersaudara ini membentuk dan membubarkan Oasis. Penasaran? Makanya, tonton film dokumenter musiknya, jangan cuma dengerin lagunya, sob.

The Fifth and The Fury (IMDb: 7,7/10)

Sebagai pecinta musik punk, lo pasti sangat akrab dengan band Sex Pistols, dong? Seperti beberapa band sebelumnya, Sex Pistols juga merilis film dokumenter musik yang cukup mendebarkan, yaitu The Fifth and The Fury.

Sebelum film ini dirilis, Julie Temple selaku sutradara sudah pernah membuat film lain, yaitu The Great Rock n Swindle. Hanya saja, film tersebut lebih berfokus pada sang manajer. Nah,di film dokumenter musik ini lebih lengkap membahas sejarah para anggota Sex Pistols.

Mulai dari wawancara, rekaman live, hingga berbagai macam informasi menarik yang dikemas dalam film dokumenter musik berdurasi sekitar 108 menit. Selain itu, lo juga akan tahu momen kebangkitan hingga jatuhnya Sex Pistols dari sudut pandang setiap personelnya. 

Meeting People is Easy (IMDb: 7,5/10)

Siapa sih, yang nggak kenal sama Radiohead? Yaa, minimal lo tahu lah ya lagu “Creep” yang cukup sering dinyanyikan sampai sekarang. Eits, tapi ini kita nggak bahas lagu itu dan albumnya, ya. Tapi film dokumenter musik Radiohead; Meeting People is Easy.

Sebenarnya, Meeting People is Easy adalah film dokumenter musik yang diambil saat masa promosi Radiohead untuk album OK Computer (1997). Berbeda dengan film dokumenter musik lainnya, Meeting People is Easy lebih bakal ngajakin lo buat melihat bagaimana footage penulisan lagu, konser, hingga promosi musik yang dikemas dengan sangat menarik. Jadi lo nggak cuma tahu lagunya, tapi tahu juga proses pembuatannya.

Cobain: Montage of Heck (IMDb: 7,5/10)

Satu lagi dokumenter musik yang nggak boleh lo, yaitu Cobain: Mountain of Heck. Rilis di 2015, film dokumenter musik berdurasi lebih dari dua jam ini mengemas kehidupan musisi grunge legend, Kurt Cobain. Lo pasti tahu dong, siapa Kurt Cobain? 

Film dokumenter musik ini bakal ngaduk-ngaduk emosi lo. Gimana nggak, lo bakal ngelihat mulai dari awal kehidupan Cobain, latar belakang keluarga Cobain, kesuksesannya, hingga akhirnya ia meninggal di usia 27 tahun. 

Meskipun ngaku sebagai fans berat Nirvana, film ini bakal tetap buat lo terkejut dengan hal-hal menarik dan nggak terduga di film ini. Termasuk salah satunya adalah tayangan beberapa rekaman, tulisan, hingga catatan pribadi yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Gimana, menarik semua dan buat tambah penasaran dengan band-band tersebut, kan? Jangan penasaran saja, langsung nonton film dokumenter musiknya biar lo bisa makin buktiin kalau emang pecinta musiksejati, sob.


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...