CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 24 Oktober 2020

Jangan Salah, Ini Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Mencuci masker kain tuh bukan asal masukin ke dalam mesin cuci, sob. Lo harus tahu cara mencuci masker kain yang benar supaya bebas kuman, bakteri, hingga virus COVID-19.

Jangan Salah, Ini Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Mencuci masker kain tuh bukan asal masukin ke dalam mesin cuci, sob. Lo harus tahu cara mencuci masker kain yang benar supaya bebas kuman, bakteri, hingga virus COVID-19.

Memasuki bulan ketujuh pandemi COVID-19 di Indonesia, masker masih menjadi benda wajib yang harus selalu digunakan untuk menekan penyebaran virus. Saat ini, jenis masker yang jadi primadona adalah masker kain. Masker ini populer karena bisa dicuci dan digunakan kembali. 

Akan tetapi, bukan berarti lo bisa mencuci masker kain dengan asal. Sudah tahu belum, cara mencuci masker kain yang benar seperti apa?

Sama kayak pakaian, mencuci masker kain itu enggak boleh asal. Kalau selama ini lo masih beranggapan cara cuci masker dengan “asal bersih”, mending jangan lagi, deh. Sekilas, cara cuci masker kain terlihat mirip mencuci pada umumnya, yakni dengan air dan sabun atau detergen.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus lo perhatikan supaya masker benar-benar aman dipakai lagi. Kalau lo enggak paham cara mencuci yang baik dan benar, nantinya justru menyebabkan masker kain menjadi sarang kuman, bakteri, hingga virus penyebab berbagai penyakit. Bahaya banget, kan? 

Makanya, mulai sekarang lo harus tahu cara mencuci masker kain dengan benar. Berikut adalah cara mencuci masker kain yang benar, sob.

Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Sebelum bahas tentang cara mencuci masker kain yang benar, tentunya lo juga harus memerhatikan beberapa hal saat melepaskannya. Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS; sebelum mencuci masker harus tetap hati-hati saat melepaskannya.

Misalnya, lo dilarang menyentuh area mata, hidung, serta mulut saat lo melepas masker. Tak hanya itu, saat melepas masker pastikan lepas dari talinya langsung, baik itu di belakang kepala atau telinga. Pastikan juga lo enggak menyentuh bagian manapun, kecuali simpul atau pengikat di telinga. Kalau sudah, lipat bagian sudut luar menjadi satu dan masukkan ke dalam mesin cuci, ya. 

Nah, setelah lo bisa melepas masker dengan benar, sekarang bahas tentang cara mencuci masker kain yang tepat

  1. Cuci masker setelah dipakai

Pastikan lo mencuci masker secara teratur! Baik itu kelar kerja atau sekedar keluar mencari udara segar. Selain itu, kalau lo merasa masker sudah terlihat kotor hingga lembap, pastikan juga untuk langsung membersihkannya.

Sebelum memberi detergen, siapkan air hangat dengan suhu sekitar 50-60 derajat celcius. Penggunaan air panas dipercaya dapat membunuh kuman penyebab berbagai penyakit, bakteri, hingga virus yang menempel pada kain.

Enggak perlu lama-lama, lo cukup rendam masker kain selama sekitar lima menit, lalu kucek untuk menghilangkan kotorannya. Ingat, kucek secara halus untuk menjaga kualitas kain agar tidak mudah rusak.

  1. Perhatikan detergen yang digunakan

Sambil merendam masker di air panas, lo juga bisa menambahkan detergen ke dalamnya. Tapi  lo harus perhatikan kandungan yang ada di dalam detergen. Disarankan untuk lebih hati-hati jika menggunakan detergen dengan bahan yang keras, seperti pemutih, karena dapat merusak benang masker dan menyebabkan masker kain menjadi cepat rusak. 

  1. Boleh pakai pemutih, asalkan...

Sebenarnya, boleh saja mencuci masker kain memakai pemutih yang hanya mengandung sekitar 5,25-8,25 persen natrium hipoklorit. Tapi, mencucinya enggak boleh asal dan terlalu sering karena dapat menyebabkan masker cepat aus.

Caranya juga gampang. Campurkan lima sendok makan larutan pemutih dengan satu liter air. Selanjutnya, rendam masker dan diamkan sekitar 5 menit. Setelah itu, bilas masker dengan air dingin dan mengalir hingga bersih sepenuhnya. 

  1. Keringkan dengan suhu tinggi

Nah, kalau lo sudah melewati beberapa cara mencuci masker kain dengan benar, sekarang adalah tahap akhir, yaitu dengan mengeringkannya. Ada baiknya lo mengeringkan masker kain pada suhu tinggi agar dapat sisa mikroorganisme jahat yang masih menempel pada masker kain bisa lenyap.

Lo bisa terapin cara itu dengan menjemur masker kain langsung di bawah sinar matahari. Hindari menjemur masker yang masih basah dalam ruangan karena membuatnya lembap dan menjadi sarang bakteri.

Kalau cuaca lagi mendung dan hujan gimana dong? Gampang, lo bisa memanfaatkan fitur pengering pakaian pada mesin cuci dengan suhu tinggi. Biarkan masker sampai benar-benar kering, sob.

 

Oh iya sob, meski boleh dipakai, dicuci, dan digunakan kembali, pastikan untuk mengganti masker kain setiap empat jam sekali dengan yang baru. Jangan lupa, setelah memegang dan melepas masker cuci tangan pakai sabun dengan benar, ya!


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...