Kanye West Calonkan Diri Jadi Presiden AS?

Di hari kemerdekaan AS, rapper beken Kanye West menyatakan akan mencalonkan diri menjadi presiden AS. Beneran nggak, sih?

Baru-baru ini, heboh pembicaraan tentang Kanye West jadi Presiden AS. Soalnya, tepat di hari kemerdekaan AS, rapper Kanye West mengutarakan keinginannya untuk mencalonkan diri menjadi Presiden AS melalui Twitter.

Tentu saja, celotehan Kanye di Twitter membuat banyak orang heboh dan bertanya-tanya. Bahkan, doi menggaungkan hashtag #2020VISION di dalam cuitannya. Kehebohan ini membuat tweet Kanye West dibanjiri retweet lebih dari 520 ribu orang dan di-like hingga 1,2 juta akun. Gokil!

Enggak main-main, pencalonan rapper sekaligus suami dari Kim Kardashian tersebut mendapatkan dukungan langsung dari CEO Tesla, Elon Musk. Hal itu bisa dilihat dari balasan Elon di Twitter pribadinya. Buat lo yang nggak tahu, mending buka Twitter dulu, deh,biar nyambung.

Meskipun dianggap cuma sebagai sensasi, beneran nggak sih, kalau Kanye West mau jadi Presiden AS?

Wacana Kanye West Jadi Presiden AS

Kalau lo ngikutin perkembangan kabar dari rapper terkenal satu ini, pastinya ingat di 2015 Kanye West pernah juga mencalonkan diri menjadi Presiden AS dalam acara MTV VMA. Hanya saja, niat itu urung dilakukan karena Kanye mendukung pencalonan Donald Trump sebagai Presiden AS di tahun 2018. Hal itu sempat menuai kontroversi karena kebijakan yang diusung Trump dinilai tidak ramah terhadap imigran.

Nah, pencalonan Kanye West di tahun ini dikabarkan enggak akan semulus yang dibayangkan. Sebab, sisa waktu untuk melakukan kampanye serius enggak sampai empat bulan lagi sebelum pemilihan. Seperti lo semua tahu, pemilihan Presiden AS akan berlangsung pada November nanti.

Terus, kalau memang niat, Kanye West mau jadi Presiden bisa? Bisa banget. Hanya saja, seperti dikutip dari Guardian, dirinya harus bekerja lebih keras dan cepat untuk mendapatkan nama di pemungutan suara nanti. Ia harus bersaing sama calon presiden lain, Donald Trump dan Joe Biden.

Seorang ilmuwan politik di Purdue University Indiana, James McCann menyampaikan; Kanye bisa saja mendaftarkan diri di jalur independen. Akan tetapi, Kanye harus membutuhkan banyak tanda tangan dukungan hingga puluhan ribu orang dari seluruh AS sebelum Agustus-September 2020. Hal itu akan menyulitkan langkah Kanye West jadi Presiden AS mengingat saat ini masih pandemi COVID-19 masih melanda AS.

Sementara itu, ada pandangan lain terkait pencalonan Kanye dari Mike Muse, host dari acara TV Mike Muse Show di SiriusXM. Mike mengatakan, ada kemungkinan deklarasi Kanye hanyalah ajang promosi belaka. Bisa jadi sih, soalnya doi emang baru ngerilis single terbaru berjudul; Wash Us in the Blood dari album Country God.

Kanye West Jadi Presiden Terkaya?

Nah, kalau dilihat-lihat, sepertinya pencalonan Kanye West jadi Presiden ini cukup memunculkan kontroversi, ya? Tapi, kalau kita lihat dari dukungan media sosial dan fansnya, sebenarnya peluang Kanye West untuk berkampanye dan mendapatkan suara lumayan besar, lho. Terlebih, ia memiliki kekayaan yang cukup besar.

Kalau lo ngikutin perkembangan politik AS, satu calon presiden AS, berhasil Joe Biden mengumpulkan dana kampanye hingga Rp 2,02 triliun di Juni lalu. Angka tersebut sebenarnya nggak sulit buat diraih sama Kanye.

Melansir dari Kompas.com, rapper berusia 43 tahun ini memiliki kekayaan hingga Rp 18,2 triliun per-1 Juli 2020. Sumber kekayaan Kanye enggak didapat dari musik saja. Ia juga mendapatkan pemasukan dari brand pakaian dan sepatu Yeezy.

Sebagai merek streetwear, Yeezy dikabarkan telah menjalin kemitraan dengan Adidas, dan jadi tren yang hype banget di kalangan pecinta sneakers. Nah, dari situ bikin Kanye berhasil mendapatkan cuan sekitar Rp 17,64 triliun. Belum lagi aset real estate, mobil, hingga peternakan yang doi punya. Bahkan, akuntan pribadi Kanye West, David Choi menyebutkan; menurut neraca yang tidak diaudit, kekayaan Kanye bisa mencapai Rp 48,7 triliun, sob!

Kekayaannya tersebut digadang-gadang mengalahkan harta miliki Presiden AS, Donald Trump. Dikutip dari Kompas, di awal tahun kekayaan Donald Trump mencapai Rp 43,4 triliun. Hanya saja, karena adanya COVID-19 kekayaannya menurun dan menjadi Rp 29,4 triliun.

Nah, kalau kita lihat dari data di atas, bisa dibilang Kanye tuh calon Presiden AS terkaya. Itu juga kalau memang doi benaran niat buat jadi Presiden AS, nggak cuma nyari sensasi saja.

Perjalanan Karir Kanye West

Melihat kekayaan Kanye West sekarang, pastinya perjuangan enggak main-main. Sejauh ini, Kanye telah memiliki delapan album solo. Belum lagi garapan musiknya bersama musisi beken lainnya, seperti Beyonce dan Alicia Keys.

Bukti kesuksesannya bisa kita lihat dari deretan penghargaan yang pernah diraihnya. Kerennya, Kanye juga berhasil masuk daftar 100 orang paling berpengaruh menurut majalah Times, lho.

Kanye West digadang-gadang sebagai rapper peraih Grammy terbanyak. Sejak 2017, Kanye West sudah mengumpulkan 21 piala Grammy.

Tak hanya dikenal sebagai rapper, Kanye juga populer dengan gaya fashion-nya yang unik. Hingga saat ini, Kanye West sukses dan menjadi ikon fashion dunia melalui Yeezy. Keren banget, kan?

Nah, kalau dilihat dari kesuksesan dan kekayaan Kanye West, menurut lo dia cocok nggak sih buat jadi Presiden AS?


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...