Konser Drive-in Bakal Jadi Tren Baru di Era New Normal?

Nonton konser musik di dalam mobil? Mungkin kedengerannya aneh, tapi beneran ada lho, sob. Konser drive-in digelar buat jaga jarak aman antara penonton selama pandemi COVID-19. Tapi apa iya, konser musik macam ini seenak konser musik biasa?

Mungkin lo udah terbiasa beli makan secara drive thru, tapi gimanarasanya kalau kali ini konsep tersebut jadi konsep konser musik? Nggak kebayang pastinya, kan? Duduk santai di mobil sambil  nonton konser live. Di tengah pandemi COVID-19 hal itu ternyata beneran terjadi. Seperti apa sih, konser drive-in ini, dan apakah seseru konser musik biasanya? Atau mungkin konser drive-in bakal jadi tren?

Sebelum membahas lebih lanjut konser drive-in, perlu lo tahu kalau efek pandemi COVID-19 bikin dunia permusikan stuck sementara. Selama pandemi berbagai proyek musik terpaksa ditunda, bahkan dibatalkan. Mulai dari rencana rilis album, hingga konser musik dan festival musik nggak bisa digelar, karena berpeluang menciptakan kerumunan dan menjadi pusat penyebaran COVID-19. 

Ngomongin soal konser, tempo hari ramai konser online di tengah pandemi, lalu sekarang populer istilah konser drive-in. Konser online memang mampu meredakan kerinduan sama musisi idola, tapi nggak banyak. Karena saat menonton konser online kita seakan kehilangan “hype” nonton konser itu sendiri. 

Kita nggak bisa ngerasain serunya nyanyi bareng sama fans lain, atau melihat aksi ciamik para musisi di tengah gemerlap panggung. Pokoknya kurang lengkap, deh, kaya sayur tanpa garam. Nah,konser drive-in hadir untuk menjawab kegalauan para fans ini.

Apa sih,konser drive-in?

Bagi lo yang belum tahu konser drive-in, sekilas konser ini mirip kayak lo pesan makanan cepat saji. Lo pasti akrab dengan istilah drive thru, kan? Konser drive-in ini mirip-mirip. Kita nonton secara langsung musisi favorit dari dalam mobil. Gokil, ya? 

Nah, kerennya, output suara dari konser drive-in, bisa kita dengarkan dari radio frekuensi FM broadcasting di dalam mobil masing-masing. Konser drive-in otomatis bisa mengobati kerinduan lihat aksi musisi favorit secara live, tapi tetap aman dengan menggunakan protokol kesehatan.

Tenang, lo nggak perlu khawatir kesehatan penonton lain. Saat menonton konser drive-in, kita tetap akan melalui pemeriksaan suhu badan, kok, jadi tetap sesuai dengan protokol kesehatan selama COVID-19. Selain itu, ada aturan ketat batas penumpang mobil, maksimal 2-3 orang dewasa.

Konser drive-in memang masih baru dan mungkin terdengar aneh, karena menghilangkan beberapa unsur konser itu sendiri. Misalnya kaya crowd yang asik buat jingkrak-jingkrakan, hingga crowd wave yang nggak bisa kita lakukan kalau nonton dari dalam mobil. 

Tapi hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga kesehatan bersama di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Bahkan, nggak menutup kemungkinan konser drive-in malah bisa jadi tren musik di masa yang akan datang.

Konser drive-in pertama

Cara baru menikmati konser musik di tengah pandemi COVID-19 ini sudah berhasil digelar di luar negeri, lho. Ada beberapa musisi yang sukses gelar konser drive-in. Sebut saja Mads Langer. Penyanyi sekaligus penulis lagu asal Denmark ini berhasil ngadain konser drive-in pertamanya pada 27 Mei 2020 di Lapangan Copenhagen, Denmark. 

Uniknya, konser drive-in Mads Langer juga diisi dengan sesi sharing. Langer berinteraksi menggunakan aplikasi Zoom dengan para penggemar yang ditampilkan di layar raksasa sehingga para fans tetap stay di dalam mobil masing-masing.

Musisi lainnya yang telah sukses gelar konser drive-in adalah D-Nice. DJ asal New York, Amerika Serikat ini berhasil menyelenggarakan konser drive-in di Hallandale Beach, Florida. Lalu ada juga konser musikdrive-in bertajuk Stage X yang diselenggarakan di Hyundai Motorstudio, Korea Selatan.

Stage X bisa dibilang jadi konser drive-in paling sukses saat ini, karena diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut dengan rata-rata penonton yang hadir mencapai 300 unit mobil per harinya. Jumlah yang banyak, kan?

Konser Drive-in di Indonesia

Tren konser drive-in tentu membawa angin segar pada dunia permusikan, nggak terkecuali di Indonesia. Lo tentu udah nggak sabar dong untuk menyaksikan penampilan ciamik musisi kesayangan? Kabar baiknya, konserdrive-in bakalan segera diadain di Indonesia setelah aturan PSBB dilonggarkan.

Salah satu event organizer musik di Jakarta berencana menyelenggarakan konser drive-in saat memasuki masa new normal. Bagi sang EO, konser drive-in di mobil ini terinspirasi dari drive-incinema yang sempat ada di Ancol pada era 70-an. Rencananya mereka bakalan ngadain konser dengan kapasitas 400 mobil atau sekitar 1.200 orang dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Rencananya, sih, konser drive-in pertama di Indonesia ini bakal di gelar bulan Agustus. Harapannya, adanya konser musik drive-in bisa bikinpenikmat musik dan idolanya saling melepas rindu selama #dirumahaja. Selain itu, konser musik ini juga jadi sarana hiburan dan pelepas stres setelah hampir 3 bulan kurang asupan distorsi. 

Nonton konser drive-in pasti bakalan ngasih pengalaman baru bagi lo nantinya.Kapan lagi nonton konser musik sambil duduk nyantai di dalam mobil? Kalau ternyata nonton konser musik drive-in lebih cihuy, toh, bisa dilanjutin terus ide konser drive-in ini meski pandemi COVID-19 sudah selesai, kan?


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...