Konser Online di Rumah, Bikin Musisi dan Fans Intim

Salah satu hal yang tidak memungkinkan dilakukan di masa pandemi ini adalah nonton konser musik. Untuk mengobati rasa kangen, banyak musisi bikin sesi musik di rumah secara online.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Buat lo yang ngaku sebagai pecinta musik pasti pernah nonton konser musik. Baik itu konser besar atau hanya sekedar festival dalam genre apapun yang kalian suka. Memang,sih, bisa diakui nonton konser musik adalah hal yang menyenangkan. Bukan cuma sing a long lagu idola saja, tapi juga bikin kita happy setelah seminggu beraktivitas, kan? Apalagi kalau nonton konsernya bareng temen-temen lo.

Hanya saja, pandemi ini bikin kita menahan gejolak buat bisa jingkrak-jingkrakan di tengah kerumunan penonton konser. Tidak ada konser musik yang diperbolehkan untuk digelar. Semua itu atas nama kebaikan bersama, lewat peraturan social distancing, gerakan #DiRumahAja,dengan tujuanmemutus rantai penyebaran virus.

Tenang, tenang dulu jangan langsung kecewa. Memang sih banyak prediksi bilang kalau penanganan penyebaran virus Corona ini tidak membutuhkan waktu sebentar. Jika pun bisa ditangani dengan maksimal, kemungkinan besar gelaran musik baru bisa terjadi di akhir tahun. Masih lama banget!

Tapi, kalau ibarat warna dan pelajaran hidup, di mana ada hitam pasti ada putih. Di mana ada hal buruk pasti ada yang baik di sampingnya. Meskipun kita diharuskan untuk tetap di rumah aja, bukan berarti kita akan mati bosan, ditambah nggak bisa nonton konser, tambah bingung refreshing-nya gimana, kan?Dengan adanya gerakan inisiatif dari beberapa musisi dalam dan luar negeri, kita tetap dapat nonton konser dari rumah, kok.

 

Tren Konser Musik Online

Adanya social distancing dan gerakan untuk di rumah saja juga dilakukan oleh beberapa musisi internasional. Untuk mengobati kerinduannya pada para fans, beberapa musisi mengadakan konser musik online alias virtual concert melalui akun media sosialnya. Untuk mendukung gerakan Together At Home World Health Organization(WHO)sejumlah musisi beken mancanegara bikin panggung musik online dari rumah mereka.

Salah satunya adalah vokalis Coldplay, Chris Martin, yang bikin konser online lewat Instagram. Selain berinteraksi langsung dengan para fansnya, ia juga membawakan beberapa lagu-lagu hits milik Coldplay. A Sky Full of Stars ia iringai dengan petikan gitarnya. Ia juga mengajak penggemarnya ikut nyanyi bareng.

Ada juga John Legend. Tidak sendirian, ia mengajak sang istri untuk mengisi “panggung virtual”. Dengan menggunakan pakaian casual formal, John Legend tampak membiarkan jarinya menari di atas pianonya. Saat melakukan virtual concert, ia membawakan lagu-lagu hits miliknya, salah satunya lagu dengan penggalan lirik;I’ll stay with you through the ups and the downs” dari laguStay with You (2004).

Yang juga bikin konser online adalah Charlie Puth. Melalui akun Instagram pribadinya, ia mengajak para penggemarnya untuk ikut nyani bareng. Ia juga memainkan pianonya sekaligus bernyanyi. Sebagai lagu wajib, ia juga membawakan lagu-lagu seperti One Call Away dan Attention.

 

Panggung Konser Online Musisi Lokal

Nggak mau ketinggalan, musisi-musisi lokal juga menggelar konser online. Baik itu secara mandiri maupun yang dibikin dalam bentuk campaign bersama.

 

Pamungkas

Musisi Pamungkas bikin konser online dari kamar apartemennya. Nggak cuma nyanyi, tapi juga main musik langsung. Sendirian. Lewat program “Authenticity From Home Festival”, Pamungkas menggelar konser kamar ini berbekal keyboard dan gitar. Sejumlah lagu hits-nya dari One Only, Flying Solo, Kenangan Manis, sampai Break it dan Slow Down dinyanyikan penyanyi solo itu. Program “Authenticity From Home Festival” juga didukung musisi lain seperti Anji, Fourtwnty, Endah N Resha, Adhitia Sofyan, Tuan Tigabelas, Feel Koplo, sampai The Panturas.

 

SisiTipsi

Salah satu band lokal yang juga ikutan mendukung program “Authenticity From Home Festival” adalah SisiTipsi. Band dengan musik pop yang kental nuansa swing, bossanova, dan pop-jazz ini mengajak para penggemarnya bergoyang lewat Youtube Live. Aksi manggungnya ini masih bisa dilihat di channel youtube: Authenticity ID. Di aksinya, yang terlihat direkam dari sebuah studio ini, band yang beranggotakan Aditya Rahman, Eka Wiji Astanto, Hendar Dimas Anggara, Fauzan Lubis, Amoroso Romadian, dan Rian Rahman ini menyanyikan sejumlah lagu  hitsnya, seperti Alkohol dan Joni Santai, Lantai Dansa, dan juga Bomat.

 

Navicula

Band indie asal Bali yang beranggotakan Robi (vokal dan gitar), Dankie (gitar), dan Gembull (drum) ini juga melangsungkan konser live streaming di Youtube pada Maret lalu. Saat konser online kemarin, Navicula membawakan lagu-lagu andalannya saat menggung, seperti Busur Hujan dan Mafia Hukum yang menghipnotis kita untuk ikutan bernyanyi seperti konser pada umumnya. Buat yang belum sempat nonton konsernya, kalian tetap bisa cek langsung di kanal Youtube Navicula.

 

Tuan TigaBelas

Nggak semua musisi yang manggung online dari aliran musik pop, rock, atau indie saja. Ada juga musisi rap yang ikut manggung di program “Authenticity From Home Festival”. Tuan Tigabelas namanya yang ngehits dengan lagu-lagu seperti Move, Faith, Buta, Last Roar, sampai 16 Bar. Penyanyi bernama asli Upi ini sebenarnya sempat tertunda konser online-nya di program ini dikarenakan harus menemani sang istri melahirkan anak pertamanya di akhir Maret lalu. Gig online-nya akhirnya berlangsung di awal April.

 

Danilla Riyadi

Hampir sama dengan Navicula, Danilla dan bandnya juga ngajak penggemarnya untuk ikutan main musik dan workshop lewat Youtube pada Maret lalu. Tidak hanya untuk konser memainkan musik, saat itu Danilla juga menggalang donasi untuk memberikan membantu kepada tim medis yang sedang berjuang merawat para pasien COVID-19.Danilla dan anggota bandnya menggelar konser online dengan menyanyikan beberapa lagu populer, salah satunya miliki Ariana Grande, Almost is Never Enough.

 

Najwa Shihab

Narasi TV-nya Najwa Shihab juga bikin Kolaborasi Online yang didukung banyak musisi tanah air. Sebagai bentuk dukungan dan saling menguatkan di masa pandemi, para musisi menyanyikan lagu dari band legendaris Indonesia, God Blessberjudul Rumah Kita. Penonton konser ini juga diajak berdonasi. Di acara Kolaborasi Online tersebut, banyak musisi bergabung. Dari Achmad Albar, Tulus, Andien, Yura Yunita, Ari Lasso, Raisa, Lea Simajuntak, Tompi, Armand Maulana, Anggun, Fiersa Besari, dan masih banyak lagi. Setiap musisi Indonesia melakukan live perform dari rumah masing-masing dan bernyanyi bergantian. 

Lo sebagai pencinta musik tetep dapat hiburan di rumah dengan nonton konser-konser musik online ini. Rasa bosan bisa ditekan gegara ini, bukan? Ke depannya, bakalan lebih banyak musisi akan bikin konser online ini. Nggak usah nongkrong di tempat gig, cukup nongkrong di depan smartphone. Mau dapat banyak pilihan musisi nge-gig, tongkrongin aja channel youtube: Authenticity ID.


Photography By : Authenticity

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Sambil menyeruput kopi di sore hari, kurang lengkap tanpa mendengarkan lagu Fourtwnty. Begitu kata b ...
Musik dan fashion memang nggak bisa dipisahkan, apalagi kalau bahas sepatu, kudu harus nyari yang ny ...
Nggak heran kalau bisnis minuman kopi kekinian sangat menjanjikan. Ya, bagaimana nggak, ada aja anak ...
Street art bukan asal coret dinding saja, ada nilai seni yang cukup kuat dalam setiap semprotan catn ...
Dalam memperingati usia dua dekade di 2019 salah satu band pop punk berpengaruh tanah air. ...
Sebuah karya lugas dari band power pop asal Jakarta ...
Biduan pop, Vira Talisa, sukses menampakan keemasan musik pop Indonesia lewat Primavera. Jika di kar ...
Kritik penonton terhadap konser Westlife di Jakarta mengingatkan kembali pada promotor, bahwa konser ...
Warpaint : Tampil Minimalis namun Berhasil Jadi Pusat Perhatian ...
Papan beroda ini bisa bikin siapa saja ketagihan. Dari musisi, komedian, artis, sampai selebgram. Mu ...
Medium promosi karya band di era digital seperti sekarang tak hanya terbatas pada tulisan review saj ...
Penyanyi lagu I Love You 3000, Stephanie Poetri dikabarkan gabung ke label rekaman 88rising. ...
Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk bersiasat. Duduk sejenak untuk memandang jauh ke depan demi ...
2020 menjadi tahun keempat perhelatan JogjaROCKarta. Setelah sukses menghadirkan Dream Theater, Mega ...
Walau hanya di rumah saja, bukan berarti kita tidak produktif dalam bekerja. Malahan kita bisa membu ...
Mendengarkan radio tanpa adanya batasan jam tayang? Podcast jawabannya. Lewat podcast para seleb kit ...
Selama melakuan work form home di tengah pandemi COVID-19 ini, kita sangat tertolong dengan teknolog ...
Bagi Glenn Fredly, konser musik bukan hanya tempatnya berkarya, namun juga caranya untuk berbagi. Di ...
Siapa yang udah kangen nonton konser atau manggung? Pasti banyak yang nyaut, tuh. Tenang, selama pan ...
Di hari kemerdekaan AS, rapper beken Kanye West menyatakan akan mencalonkan diri menjadi presiden AS ...
Buat para pecinta band Linkin Park, kalian harus berbangga hati. Baru-baru ini video In The End mili ...
Konser-konser banyak yang di-cancel karena situasi pandemi melarang kita untuk berkerumun. Tapi ada ...
Sebagai pengguna Google Play Music, kayaknya lo harus siap-siap kehilangan ‘sahabat’ lo tahun in ...
Demi mempelajari penyebaran COVID-19, peneliti Jerman mengadakan eksperimen konser musik di dalam ru ...
Please wait...