CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 21 September 2020

Lo Punya Gangguan Kecemasan? Coba Lakuin Hal Ini Deh

Overthinking bisa jadi salah satu tanda gangguan kecemasan. Masalah ini memang lagi naik banget selama masa-masa pandemi COVID-19. Coba deh, lo lakukan hal ini kalau lagi ngerasa cemas.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Selama pandemi lo ngerasa gampang cemas dan ketakutan tiba-tiba enggak, sih? Kalau iya, lo enggak sendiri sob, efek ini dirasain banyak orang, kok. Bahkan, menurut para dokter di Amerika Serikat, ada kenaikan gangguan kecemasan dan depresi selama pandemi COVID-19. Meski, belum ada angka yang pasti seputar pertambahan gangguan kecemasan ini, tapi angka ini terus bergerak naik. 

Apa sih emang gangguan kecemasan tuh? Gampangnya, gangguan kecemasan adalah perasaan gugup, cemas, dan gelisah yang muncul secara berlebihan, susah dikontrol, bahkan sampai mengganggu aktivitas lo. Sebenarnya rasa cemas itu wajar banget dialami seseorang. Perasaan ini merupakan respon alami tubuh terhadap rasa stres. Tapi, kalau berlebihan enggakbaik juga, sih.

Peningkatan gangguan kecemasan selama pandemi COVID-19 terjadi karena beberapa alasan, misalnya merasa bingung dan stres karena PHK, keuangan yang tiba-tiba enggakstabil, stres harus WFH lagi, dan lama enggakketemu siapapun. 

Selain itu, lo juga bisa stres memikirkan tentang si COVID-19 itu sendiri. Biasanya gangguan kecemasan bakalan dimulai sama dua pertanyaan, yaitu; “bagaimana” dan “jika”. Selanjutnya bakalan muncul banyak bayangan buruk yang dibuat otak kita sendiri sob.

Ciri-Ciri Gangguan Kecemasan

Orang yang punya gangguan kecemasan bakalan ngerasain beberapa hal berikut ini secara terus menerus:

1. Merasa khawatir berlebihan

Ciri paling umum seseorang yang punya gangguan kecemasan adalah khawatir terus menerus setiap hari. Rasa khawatir ini parah banget, sampai memengaruhi kehidupan sehari-hari lo minimal selama beberapa bulan, deh.

2. Mengalami gangguan pencernaan kronis

Sering denger enggak sih,kalimat “jangan stres-stres, sakit ntar lo”?Ternyata beneran, lho.Kecemasan memang adanya di otak, tapi efeknya bisa ke gejala fisik dan paling terlihat masalah pencernaan kronis; diare, sembelit, sakit perut, kram, atau kembung. Gejala ini terjadi karena usus sensitif banget sama stres.

3. Masalah tidur

Tidur memang nyambung banget sama gangguan kecemasan. Kalau alasan lo sering kesulitan tidur karena mengkhawatirkan masalah yang itu-itu saja, bisa jadi lo sedang mengalami ciri-ciri gangguan kecemasan.

4. Ketakutan yang luar biasa

Ketakutan akan suatu hal memang wajar, misalnya pada hewan atau kondisi tertentu. Namun, kalau lo dihantui ketakutan ini secara berlebihan, maka udah termasuk enggak wajar dan bisa jadi lo kena gangguan kecemasan.

5. Tegang otot

Seseorang yang terkena gangguan kecemasan akan mengalami tegang otot konstan, seperti mengepalkan rahang, tinju, atau saat merenggangkan otot- otot seluruh tubuh. Biasanya gejala ini enggak disadari dan sudah berlangsung lama oleh yang seseorang mengalami gangguan kecemasan.

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan

Kalau lo ngerasa mengalami beberapa ciri dari gangguan kecemasan di atas, sebaiknya segera di lawan, sob. Nih,beberapa tips dari kita supaya lo bisa mengontrol rasa cemas dan punya pemikiran yang lebih jernih.

Olah pernapasan

Si metode inhale exhale ternyata bukan omong kosong. Kalau lo ngerasa cemas, segeralah untuk mengambil nafas dan berhitung hingga hitungan kelima, lalu hembuskan. Ulangi olah pernapasan ini sampai napas lo terasa stabil. Kalau sudah cukup stabil, lo bisa mulai mencoba untuk be grateful sama keadaan saat ini.

Melatih mindfulnes

Teknis meditasi mindfulness bisa bikin kita lebih fokus pada emosi, pikiran, dan sensasi yang lagi lo alami saat ini. Kalau tingkat kecemasan lo masih tergolong rendah, cara ini ampuh banget buat mengatasi gangguan kecemasan. 

Ada banyak teknik mindfulness yang bisa lo coba. Paling mudah dengan mengatur napas serta memusatkan pikiran. Pertama lo harus cari tempat yang nyaman dan tenang. Terus pelan-pelan kontrol pikiran dengan bantuan napas yang tenang tersebut. Rileks sob.

Detoks ponsel

Kalau lo ngerasa mulai overthinking coba matiin ponsel sejenak. Enggak jarang benda ini bikin pikiran semakin ruwet. Apalagi, selama pandemi banyak berita tersebar dan bikin kita makin bingung sendiri. Kalau lo enggak bisa seharian jauh dari ponsel, minimal kurangi dan batasi waktu saja. 

Batasi konsumsi berita

Masih nyangkutsama poin di atas, membatasi konsumsi berita juga penting banget selama pandemi. Bukan menyuruh lo buat gaptek, tapi usahakan biar enggakfokus mencari berita sepanjang waktu. Hal ini bakalan berefek banget, khususnya buat lo yang merasa punya gangguan kecemasan dan mudah takut habis baca berita peningkatan kasus COVID-19.

Tertawa 

Ketawa bisa menjadi cara mengatasi gangguan kecemasan. Jadi banyakin deh,buat ketawa terbahak-bahak selama pandemi. Ada banyak cara buat memancing tertawa, misalnya ngobrol dengan keluarga, vidcall teman, atau nonton acara stand up comedy. Tertawa bisa meningkatkan sistem imun. Asal jangan tertawa sendiri tanpa sebab di tengah jalan, ya.

Melatih otak

Sebelum lo ngerasa cemas berlebihan, satu hal yang harus diingat; kalau YOLO atau your life only once. Jadi, nikmati hidup buat hari ini, ya. Agar gangguan kecemasan enggakberani datang, lo bisa memanfaatkan waktu untuk melatih otak. 

Caranya gampangnya dengan melakukan hobi, cari insight positif dari teman, atau hal-hal seru lainnya. Lo juga bisa coba-coba ngejalanin mimpi lo yang sempat tertunda lantaran sibuk kerja atau kuliah. Jalanin hobi baru juga boleh saja, kok.

Alihkan perhatian

Terakhir, cara yang paling mepet kalau lo lagi merasa cemas. Lo bisa mulai mengalihkan perhatian terlebih dahulu supaya rasa cemas enggakmerongrong di dalam diri. Cara mengalihkan perhatian bisa dengan berkegiatan positif, misalnya ngegame, ngobrol, membaca buku, main musik, atau olahraga juga bisa jadi salah satu cara mengatasi gangguan kecemasan lo.

Lo perlu ingat, kalau gangguan kecemasan karena insecure atau overthinking di tengah pandemi ini memang enggakmudah, tapi bukan hal yang mustahil, kok. Ayo, sama-sama yakin kalau pandemi bakalan berakhir dan kita akan bisa berjumpa di momen-momen asyik seperti dulu lagi.


Photography By : Dok. Shutterstock

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Festival Kebudayaan Yogyakarta bisa dibilang sudah menjadi hajatan tahunan dalam ruang kesenian Jogj ...
Bakpia merupakan salah satu produk kuliner ikonik Yogyakarta. Asal muasal penamaannya tidak begitu d ...
Seni itu merupakan kombinasi antara aksi dan reaksi! ...
Keindahan alam dan seisinya punya magnet tersendiri untuk mendatangkan para wisatawan. ...
Walaupun siapa saja bisa mengakses dan memainkan musik digital, teori musik dasar menjadi hukum yang ...
Sisi manajerial yang diformat sendiri hingga perilaku para booking agency menentukan keberlangsungan ...
Tren meng-cover atau membawakan ulang lagu sudah jamak di masa kini. ...
Belum lama ini sempat heboh kasus data akun pengguna sebuah e-commerce besar di Indonesia dibobol ha ...
Jangan sampai deh, karena corona lo jadi nggak update. Coba manfaatin smartphone lo buat tetap updat ...
Main game nggak selamanya buruk, terutama di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Selain seru, ternyata ...
Mau nongkrong di coffee shop terhalang PSBB COVID-19? Tenang, kalau lo mau ngopi nggak perlu ke coff ...
Bosen nggak ada teman ngobrol selama karantina diri di rumah? Yaa, coba cari teman baru saja lewat d ...
Instagram memang udah lama jadi sarana bagi para influencer untuk mendulang cuan dari postingan berb ...
Lo punya cita-cita jadi astronot? Atau mau jajal hidup di luar angkasa? Kayaknya, mimpi lo bisa terw ...
Buat lo para pecinta skate, ada kabar gembira nih. Bulan September nanti, game legendaris Tony Hawk ...
Nonton konser musik di dalam mobil? Mungkin kedengerannya aneh, tapi beneran ada lho, sob. Konser dr ...
Memasuki era new normal, bersepeda kembali jadi hype. Jika lo salah satu yang mulai hobi gowes, lo w ...
#DiRumahAja bikin lo nggak produktif? Coba atasi dengan menanam tanaman indoor. Enggak cuma buat cuc ...
Daripada cuman main doang, gimana kalau lo coba mulai streaming game di rumah? Selain seru, lo bisa ...
Belum lama ini muncul kabar yang cukup heboh di dunia media sosial. Kabarnya, Instagram bakal segera ...
Mulai jenuh sampai stres karena kelamaan WFH dan kangen liburan? Staycation aja, yuk! Tapi sebelum c ...
Lo pernah ngira enggak sih, kalau ternyata sepeda lipat yang hits saat ini pernah jadi bagian pentin ...
Sebagai pengguna WhatsApp, lo pasti gerah dengan banyaknya berita hoaks yang tersebar melalui aplika ...
Setelah Instagram dikabarkan bakal gaji content creator, TikTok enggak mau kalah. TikTok nyiapin dan ...
Memasuki era adaptasi kebiasaan baru, tren hotel kapsul ternyata semakin meningkat. Apa sih alasanny ...
Selain WhatsApp, Facebook juga kerap jadi sarang hoaks. Maka dari itu, pihak Facebook mulai batasi f ...
Sejak pandemi COVID-19 kita jadi lebih akrab dengan semua hal serba online, termasuk kerja dan kuli ...
Sob, lo suka jenuh nggak sih, sama suasana kerja yang gitu-gitu aja? Kalau iya, kayaknya sekarang wa ...
Please wait...