CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 28 Oktober 2020

Main Game Makin Seru Pakai Discord, Begini Caranya

Buat yang masih bingung cara main game pakai Discord enggak perlu khawatir. Di sini, kita bakal bahas caranya secara detail biar main game makin seru!

Buat lo yang mulai terjun ke dunia eSports, pastinya sering dengar tentang aplikasi Discord, atau malah lo belum tahu apa itu Discord dan cara pakenya? Buat yang masih ngerasa asing, lo enggak perlu malu karena kita bakal bedah habis-habisan cara main game pakai Discord, sob!

Simpelnya, Discord adalah aplikasi gratis untuk chatting. Namun, aplikasi ini beda sama aplikasi messenger pada umumnya, seperti WhatsApp, Telegram, atau LINE. Discord lebih mirip dengan aplikasi chatting untuk sebuah tim, seperti Microsoft Teams.  Di sini, lo bisa ngobrol secara personal (dua orang), atau bareng grup melalui channel, voice chat, hingga video call tanpa mengganggu keseruan lo pas main game.

Bisa dibilang, Discord menjadi salah satu aplikasi wajib buat para gamers saat ini. Soalnya, beberapa game punya kualitas in-game voice chat yang kurang oke. Aplikasi ini merupakan alternatif jitu buat lo yang pengen ngobrol dan berkomunikasi sama temen atau tim pas lo main game.

Mengutip dari laman Kompas.com, aplikasi yang sudah dirilis sejak 2015 ini kembali naik daun berkat kepopuleran game Among Us! Nah, kira-kira lo main Among Usjuga enggak, sob?

Kalau iya, pas banget, nih! Karena main Among Us pakai Discord bikin tambah greget, apalagi kalau lo jadi “Impostor” dan pengen meyakinkan kawan lainnya kalau lo adalah “Crewmates”. Oh iya, selain itu, lo bisa ngobrol bareng sohib lo tanpa ngerasa kalau kalian terpisah jarak akibat COVID-19. Pokoknya seru banget, deh, sob!

Cara Main Game Pakai Discord

Gimana, udah kebayang kan serunya main game pakai Discord? Tenang, buat lo yang masih newbie enggak perlu khawatir. Ada 3 cara mudah main game pakai Discord yang bisa lo ikuti, baik itu pakai smartphone maupun PC/Laptop.

  1. Cara pakai Discord di smartphone

Pertama, download aplikasi Discord yang tersedia di Android dan iOS!Kalau sudah,lo bisa bikin akun dengan klik tombol “Register” dan isi kolom username, email, dan password. Kalau lo udah pernah bikin akun, tinggal klik “Login” aja, sob. 

Setelah itu, klik ikon “+” di bagian bubble kiri layar dan pilih “Create Server”. Lalu, masukkan nama “Server”yang diinginkan. Server adalah nama “ruangan” di mana lo dan sohib lo bakal kumpul untuk ngobrol dan main game bareng di Discord. 

Nah, kalau nama Server sudah siap, lo bakal masuk ke halaman untuk membagikan “Link Server”. Habis itu, jangan lupa aktifkan toggle “Set this link to never expire” dan klik tombol “Share Link” ke teman-teman lo yang bisa dikirim lewat media sosial, aplikasi chatting, atau SMS.

Kalau sudah kumpul dan mau voice chat, lo cukup klik menu di pojok kiri atas layar. Setelah itu, pilih sub menu “General” yang terletak di bawah menu “Voice Channels” dan klik “Join Voice” untuk mengaktifkan suara. Sekarang, lo bisa main game sambil ngobrol bareng teman! 

  1. Cara menggunakan Discord di laptop/PC

Kalau lo lebih nyaman ngegame lewat laptop atau PC, tenang sob, lo juga bakal tetap bisa pakai aplikasi Discord. Cara main game pakai Discord via laptop atau PC enggak beda jauh dari cara pakai Discord di smartphone.

Pertama, pastinya lo harus download dan bikin akun Discord di PC. Kalau sudah masuk ke akun, lo bisa klik ikon “+” yang ada di bagian sebelah kiri untuk membuat Server. Nah, di bagian sini ada sedikit perbedaan antara Discord PC dan smartphone

Ada beberapa template untuk Server, yaitu Gaming, Friends, Study Group, dan masih banyak lagi. Fungsinya untuk menyediakan beberapa channel yang ada, jadi lo enggak perlu repot membuat lagi.

Setelah memilih satu di antara beberapa pilihan tadi, lo bisa membuat Server dan namanya sesuai keinginan lo. Lalu klik “General” yang ada di bawah “Voice Channels” untuk mengaktifkan voice chat pada Discord di laptop/PC, dan well selamat nge-game!

Oh iya, main game pakai Discord di laptop atau PC bisa digunakan pada sistem Windows, macOS, dan Linux, ya!

  1. Cara gabung sama teman

Sebaliknya, kalau lo cuma mau gabung dalam tim yang dibuat teman, lo cuma butuh link undangan server Discord. Kalau udah dapat link-nya, klik ikon “+” dan pilih opsi “Join a Server”. Habis itu, paste link dan klik “Join Server”. Lalu, klik tombol “Accept Invite”. 

Kalau berhasil, lo bakal masuk ke dalam “ruangan” yang dibuat teman lo. Untuk mengaktifkan voice chat caranya juga sama dengan sebelumnya; klik “General” di bawah menu “Voice Channels” dan “Join Voice”.

Nah, itu adalah beberapa cara main game pakai Discord yang bisa lo coba bareng teman-teman lo, ya. Semoga bermanfaat dan selamat nge-game, sob!


Photography By : Dok. Shutterstock/DenPhotos

Please wait...