CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 02 November 2020

Merawat Tanaman Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Merawat tanaman merupakan salah satu hobi yang lagi hype di tengah pandemi COVID-19. Enggak cuma menyenangkan, merawat tanaman ternyata punya manfaat baik buat kesehatan mental, lho.

Selain bersepeda, salah satu hobi yang lagi hits selama pandemi COVID-19 adalah merawat tanaman. Entah penggemar tanaman sejak lama maupun newbie, merekaberlomba-lomba berburu berbagai jenis tanaman hias.

Nah, Selidik punya selidik, ternyata merawat tanaman punya manfaat baik banget buat kesehatan mental. Bahkan, terapi yang melibatkan merawat tanaman (hortikultura) sudah dilakukan di AS sejak abad ke-19.

Jadi, hobi yang lagi hype ini memang cocok banget dilakukan di masa pandemi. Soalnya, di momen-momen enggak karuan ini beberapa orang merasa suntuk harus beraktivitas di rumah saja, bahkan banyak yang sampai stres karena enggak bisa ke luar rumah.

Nah, buat menghindari risiko-risiko itu, coba deh mulai merawat tanaman di rumah atau kantor sob. Sekarang, merawat tanaman enggak perlu punya halaman yang luas, di dalam ruangan juga bisa, kok. Berikut beberapa manfaat merawat tanaman bagi kesehatan mental yang bisa lo dapetin.

Menghilangkan stres dan cemas

Overthinking kayaknya jadi masalah hidup banyak milenial saat ini, ya? Lo ngerasain masalah kecemasan ini, enggak? Kalau iya, coba mulai merawat tanaman, deh. Banyak penelitian kecil yang membuktikan kalau sering berdekatan dengan tanaman di dalam ruangan bisa bikin tingkat stres merendah, lho. 

Pikiran-pikiran negatif seperti cemas berlebihan juga bisa mereda dan tergantikan dengan pikiran positif ketika kita merawat tanaman. Bahkan, dalam sebuah penelitian dari University of Hyogo Jepang, menatap tanaman bisa bikin detak jantung lebih rendah dan tingkat kecemasan menurun, lho. Itu baru sekedar menatap, apalagi kalau merawat tanaman, kan?

Kalau lo newbie dalam merawat tanaman, enggak usah minder sob. Banyak tanaman hias yang mudah banget buat dirawat bahkan bisa hidup dengan minim cahaya dalam ruangan. Beberapa contohnya adalah llidah mertua (sansevieria), tanaman laba-laba, sirih gading, monstera, aglaonema, atau lili paris.

Bantu konsentrasi dan daya ingat

Sering lupa sama perintilan-perintilan atau sulit konsentrasi? Coba kurangi masalah ini dengan merawat tanaman. Beneran, manfaat merawat tanaman bagi kesehatan mental, salah satunya membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, lho.

Fakta ini dibuktikan dengan berbagai penelitian, lho. Salah satunya adalah studi dari University of Michigan yang menemukan jika menghabiskan waktu di sekitar tanaman dapat membantu meningkatkan retensi memori hingga 20%, lho.

Enggak hanya itu, tanaman yang berukuran besar atau berdaun lebar, dipercaya dapat menyerap dan melembutkan suara berisik di kejauhan. Nah, kalau suara-suara berisik ini sedikit bisa diredam, maka peningkatan konsentrasi lebih mudah terjadi. Jadi, kalau lagi gagal fokus, coba deh berinteraksi dengan tanaman kesayangan lo.

Meningkatkan kreativitas

Ternyata, sering merawat tanaman bikin pikiran kreatif kita bergerak. Soalnya, merawat tanaman enggak cuma mengurangi stres, tapi juga mendorong lo buat berpikir jernih. Nah, kalau pikiran jernih, kinerja otak dalam hal kreativitas bakalan meningkat.

Makanya, banyak orang yang menaruh tanaman hias di samping meja kerjanya. Jadi kalau ide lagi mampet bisa diselingi dengan merawat tanaman dahulu, deh. Hal ini dibuktikan dalam penelitian pada  2015 yang menemukan bahwa desain biofilia di tempat kerja dapat memacu peningkatan kreativitas hingga 15 persen.

Bikin lebih produktif

Merawat tanaman bisa menghindarkan kita dari risiko stres. Efek ini erat hubungannya dengan peningkatan produktivitas seseorang. Kenapa begitu? Karena merawat tanaman di rumah dapat membantu kita lebih cepat menyelesaikan pekerjaan. Kalimat ini bukan sekedar asumsi, ya. Beberapa penelitian menunjukan, karyawan merasa lebih produktif kalau di ruangan mereka ada tanamannya.

Kalau alasan detailnya, ruangan tanpa dekorasi dan personalisasi dapat menurunkan motivasi serta bikin kita cepat boring. Nah, kalau ada tanaman hias suasana ruangan akan lebih segar. Kalau nonton yang seger-seger lo pasti lebih semangat, kan? Makanya selama WFH atau PJJ jangan lupa taruh tanaman hias di berbagai sisi rumah. Khususnya yang sering lo pakai buat aktivitas, ya.

Mendorong pemulihan

Tanaman punya efek penting buat mempercepat proses penyembuhan sakit, lho. Ini bukan omong kosong. Soalnya, ada sebuah penelitian pada 2009 yang bilang, kalau pasien pasca operasi merasakan sakit dan kecemasan lebih rendah ketika ada tanaman di kamar. Mereka juga melaporkan kalau tanaman dalam ruangan memberikan perasaan positif tentang ruang pemulihan.

Nah, kalau efeknya sebagus itu untuk pemulihan orang sakit, apalagi untuk pemulihan suasana hati, kan? Jadi, merawat tanaman bisa jadi kegiatan yang recommended buat memperbaiki suasana hati lo. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang bikin suasana hati enggak menentu. Aura positif dari tanaman baik banget buat menjaga mood kita selama masa karantina mandiri ini.

So, coba mulai dengan merawat tanaman yang simpel-simpel aja sob. Siapa tahu bikin hari-hari lo jadi lebih berwarna dan anti-boring.


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...