CLASIFIED ARTS | DISCOVER | 17 Agustus 2019

Musik Pengantar Tidur Terbaik, Klasik atau Jazz?

Lagu ninabobo tidak hanya untuk bayi, mereka juga bagus untuk para orang dewasa. Menggunakan musik yang menenangkan sebelum tidur bisa jadi teknik relaksasi yang baik.

Ada banyak cara agar tidur lebih cepat seperti memasang aromaterapi, mematikan lampu kamar, minum susu, menghindari olahraga berat di malam hari, hingga mendengarkan musik. Sebagian orang bisa tidur dalam keadaan hening total, sebagian orang mendengarkan white noise, dan sebagian lagi mendengarkan musik. 

Pengaruh musik klasik pada tidur 

Jika kamu belum menemukan musik yang bisa mengantarkan kamu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak, maka kamu bisa mencoba mendengarkan musik klasik. Penelitian yang dikeluarkan oleh Journal of Advance Nursing (2008) menemukan bahwa musik klasik bisa membantu orang tidur lebih baik dan mengurangi gejala-gejala depresi. Bahkan musik klasik juga bisa jadi cara menyembuhkan pasien dengan insomnia.           

Musik klasik memiliki irama yang lambat, yaitu sekitar 60 beat per menit. Lambatnya irama tersebut dapat membantu menurunkan denyut jantung menjadi lebih tenang dan menuju tidur. 

Selain irama, nada yang rendah pada musik klasik juga memiliki peran yang penting. Nada yang rendah dapat membantu kamu lebih cepat mengantuk. Tubuh menjadi lebih rileks karena tekanan darah, detak jantung, dan pernapasan jadi melambat. 

Musik jazz sebagai alternatif

Jazz juga memiliki karakter yang mirip dengan musik klasik seperti irama yang lambat dan nada yang rendah. Oleh karena itu, jika kamu tidak suka dengan musik klasik, maka kamu bisa mendengarkan jazz. Alunan pada musik jazz bisa membuat pikiran lebih tenang dan bisa membawa kamu pada memori-memori yang menyenangkan.           

Pada dasarnya, musik yang menenangkan, menentramkan, dan meneduhkan adalah musik terbaik yang didengar saat waktunya tidur. Misalnya, penelitian yang dipublikasikan oleh Journal Music of Therapy (2012) menunjukkan musik relaksasi dapat menolong para pengungsi yang mengalami gangguan tidur karena traumatis menjadi tidur lebih nyenyak.           

Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda. kamu bisa mencoba mendengarkan beberapa genre musik sebelum tidur untuk membuktikan musik jenis apa yang membuat kamu cepat terlelap. Untuk memudahkan pencarian, pilih musik dengan irama 60-80 per menit. Jika kamu tidak yakin dengan iramanya, masukkan judul lagu dan nama penyanyi ke songbpm.com untuk mengetahuinya, lalu bersiaplah untuk berlayar ke alam mimpi.

 

Penulis: Nia Janiar

Editor: Fik


Photography By : Freepik

TAGGED :
Please wait...