Ngisi Waktu Dengerin Podcast

Mendengarkan radio tanpa adanya batasan jam tayang? Podcast jawabannya. Lewat podcast para seleb kita bisa tahu banyak hal, dari obrolan tongkrongan hingga masalah.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Menciptakan konten yang menarik di zaman sekarang memang semakin mudah, berkat kemajuan teknologi yang meningkat pesat. Salah satunya adalah podcast, konten yang mengandalkan audio. Kekuatan yang membuat menarik adalah dari suara, seperti intonasi nada dan lainnya. Bikin kita seperti ada teman ngobrol saat sendiri di manapun kita berada.

Secara teknis, hasilnya seperti suara radio. Bedanya, podcast dengan radio nggak perlu lo menunggu jam-jam tertentu untuk mendengarkannya, karena podcast bisa lo dengarkan kapan saja dan di mana saja, asal ada jaringan internet.

Ada ribuan kategori podcast yang bisa didengarkan, mulai dari hal serius seperti seputar keuangan dan kesehatan, atau update kekini dari teknologi dan lifestyle, hinnga cerita lucu dan horor ada bisa kita dengan di podcast. Untuk layanan streaming musik terpopuler saat ini, Spotify misalnya, podcast menjadi salah satu daya tarik penggunanya.

Akhir-akhir ini banyak artis yang mencoba ngonten lewat podcast sekalipun mereka memiliki akun Youtube. Alasan teknisnya podcast lebih mudah dalam hal produksi dan publikasi, dibandingkan vlog. Selain itu, podcast juga menjadi tren baru dan memiliki penggemar yang tidak kalah banyak dibandingkan menikmat video blog di Youtube.

Namun terlepas dari itu semua, konten para artis ini terbilang unik dan kreatif. Apalagi pembawaan mereka sebagai podcaster yang sudah terbiasa memandu acara membuat podcast-nya terasa sangat ciamik. Topik yang biasanya diangkat juga bervariasi, mulai dari isu-isu terkini ala Dedy Corbuzier hingga seksologi ala Desta 80’s.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mendengarkan podcast, misalnya Spotify, Google Podcast, Soundcloud, Anchor, hingga Apple Podcast. Untuk spotify akan lebih baik jika lo berlangganan, supaya tidak terganggu dengan iklan di tengah podcast. Lo juga bisa mengunduh podcast dan didengarkan kapan saja lo mau.

Lalu masih bingung mencari podcast artis terkenal dan menduduki posisi teratas charts podcast Spotify. Berikut adalah beberapa di antaranya:

NGOBAM (Ngobrol Bareng Musisi) – Gofar Hilman

Siapa yang tidak akrab dengan pemuda kocak satu ini? Gofar Hilman alias @pergijauh yang juga berprofesi sebagai penyiar radio di HardRock FM tak mau ketinggalan membuat podcast. Sebelumnya Gofar juga telah membuat konten vlog di kanal Youtube-nya. Di kanal Youtube Gofar Hilman, konten Ngobam memiliki banyak peminat, sehingga dilebarkan hingga ke podcast.

Ngobam sendiri sebenarnya singkatan dari Ngobrol Bareng Musisi, dan tentu dari judul saja kita sudah bisa menebak isi dari podcast-nya seperti apa. Tapi jangan salah, kita juga bisa melihat sisi lain artis-artis yang diundang Gofar di Ngobam, lho.

Setelah Ngobam banyak peminatna, Gofar mulai membuat podcast yang lebih mudah diakses dan tidak membutuhkan kuota untuk streaming yang besar. Sayangnya, konten podcast ini tidak selalu update dengan cepat di Spotify. Namun lo bisa melihat lebih cepat di Youtube atau Youtube Music.

Beberapa musisi papan atas yang pernah diundang Ngobam antara lain; Ian Kasela, Didi Kempot, Jason Ranti, Ari Lasso, Dipha Barus hingga Danila Riyadi. Gaya pembawaan Gofar yang kocak dan interaktif dijamin bikin lo nggak bosen mendengarkan keseluruhan episode.

Podcast Raditya Dika (PORD) – Raditya Dika

Sosok Raditya Dika tentu tidak asing lagi di dunia kreatif. Apapun mediumnya, entah itu vlog Youtube, buku, film hingga stand up comedy kontennya selalu menaik. Saat ini artis yang akrab disapa Radit ini merambah ke dunia podcast bernama PORD.

Podcast yang dibuat oleh komika ini dibuat dengan format talk show. Berbincang dengan narasumber pilihan yang outstanding pada bidangnya. Konten Radit ini cocok untuk didengarkan saat waktu senggang. Lo juga bisa mendengarkannya saat menghadapi kemacetan lalu lintas karena durasi setiap podcast ini rata-rata hampir 1 jam lebih. Melalui PORD, Radit menghidupkan kisah dan komentar mereka mengenai isu-isu terkini, pasti dibalut dengan gaya komedi khasnya.

Narasumber di podcast Radit tidak melulu artis terkenal saja. Tetapi juga figur yang bisa membagi pengalaman yang menginspirasi pendengarnya. Episodenya di-update setiap minggu dan jika ingin melihat video saat merekam podcast ini bisa langsung di streaming di kanal Youtube Raditya Dika. Lo bisa memilih banyak judul di dalamnya, mulai dari cara mengatur keuangan bersama Ligwina Hananto, tips tak takut menjalani persalinan, hingga cerita soal Kpoper lamaran ala Alphi Sugoi.

Podkesmas

Podkesmas adalah podcast paling fenomenal dalam sejarah podcast Indonesia. Podkesmas memiliki kepanjangan Podcast Kesehatan Masyarakat ini berhasil mencetak rekor sebagai podcast paling sering diputar, sebanyak 5 juta kali pemutaran hanya dalam kurun waktu 3 bulan.

Empat orang dibalik Podkesmas adalah Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia dan Angga Nggok yang secara ceplas ceplos berbicara tentang aspek kehidupan. Mereka memiliki chemistry yang mengalir dan apa adanya dalam membawakan podcast. Saat lo mendengarkan podcast ini rasanya seperti mendengarkan geng cowok lagi nongkrong dan bercanda dengan bahasa yang bebas dan mengocok perut.

Tidak hanya permasalahan hidup saja yang dibahas, tetapi juga pengalaman-pengalaman menarik dan lucu dari mereka. Salah satu episode Podkesmas yang menarik adalah “Kata Siapa Selingkuh Enak? Salah! Enak Banget!”. Podcast di episode itu mereka saling berbagi cerita mengenai dikhianati dan mengkhianati pasangannya sebelum mereka menikah. Cerita seru mereka ini berhasil membawa Podkesmas bertengger di nomor satu Podcast Charts Spotify.

DEStanya Siapa? – Desta 80’s

Sudah terbayang kan, bagaimana kocaknya Desta saat memandu acara? Host acara Tonight Show yang juga penyiar radio Prambors ini membuat podcast yang menarik dengan berbagai latar belakang pekerjaannya.

Isi dari konten podcast DEStanya ini bisa dibilang untuk umur 18 tahun ke atas. Karena podcast DEStanya menghadirkan dr. Boyke untuk membuat konten. Kita sama-sama tahu bahwa dr. Boyke adalah seksolog. Hal inilah yang menjadikan kenapa podcast DEStanya berisi konten dewasa. Namun bukan berarti konten pornografi,ya. Podcast ini memberikan pendidikan seks dari A-Z.

Sesuai tagline dari podcast “Obrolan Desta seputar pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di lingkungan sekitar. Dengerin biar gak salah jalan”, maka kontennya cocok untuk lo yang ingin mengetahui materi pendidikan seks menurut pakar kesehatan.

Close The Door – Deddy Corbuzier

Close the Door awalnya merupakan konten Youtube. Podcast ini berbentuk dialog dengan narasumber yang membahas topik terkini, hingga mengulik kehidupan para selebritas sampai politikus. Jajaran tokoh yang pernah diundang Deddy mulai dari politikus sekelas Fadly Zon, Putri Tanjung hingga artis youtube Ria Ricis. Baru-baru ini Deddy juga mengundang Bintang Emon, seorang komika yang trending karena videonya terkait isu corona.

Ada banyak tema yang bisa lo pilih dan nikmati dengan gaya yang santai tetapi langsung menyentil pikiran. Dalam podcast-nya, Deddy banyak membahas isu-isu terkini di Indonesia, berita-berita terbaru, kisah inspiratif hingga sisi lain narasumber yang nggak banyak diketahui masyarakat. Seringkali pembicaraan podcast ini bikin kita mikir secara anti-mainstream khas Deddy dan yang jelas tidak akan membuat bosen.


Photography By : shutterstock

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Sambil menyeruput kopi di sore hari, kurang lengkap tanpa mendengarkan lagu Fourtwnty. Begitu kata b ...
Musik dan fashion memang nggak bisa dipisahkan, apalagi kalau bahas sepatu, kudu harus nyari yang ny ...
Nggak heran kalau bisnis minuman kopi kekinian sangat menjanjikan. Ya, bagaimana nggak, ada aja anak ...
Street art bukan asal coret dinding saja, ada nilai seni yang cukup kuat dalam setiap semprotan catn ...
Dalam memperingati usia dua dekade di 2019 salah satu band pop punk berpengaruh tanah air. ...
Sebuah karya lugas dari band power pop asal Jakarta ...
Biduan pop, Vira Talisa, sukses menampakan keemasan musik pop Indonesia lewat Primavera. Jika di kar ...
Kritik penonton terhadap konser Westlife di Jakarta mengingatkan kembali pada promotor, bahwa konser ...
Warpaint : Tampil Minimalis namun Berhasil Jadi Pusat Perhatian ...
Papan beroda ini bisa bikin siapa saja ketagihan. Dari musisi, komedian, artis, sampai selebgram. Mu ...
Medium promosi karya band di era digital seperti sekarang tak hanya terbatas pada tulisan review saj ...
Penyanyi lagu I Love You 3000, Stephanie Poetri dikabarkan gabung ke label rekaman 88rising. ...
Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk bersiasat. Duduk sejenak untuk memandang jauh ke depan demi ...
2020 menjadi tahun keempat perhelatan JogjaROCKarta. Setelah sukses menghadirkan Dream Theater, Mega ...
Salah satu hal yang tidak memungkinkan dilakukan di masa pandemi ini adalah nonton konser musik. Unt ...
Walau hanya di rumah saja, bukan berarti kita tidak produktif dalam bekerja. Malahan kita bisa membu ...
Selama melakuan work form home di tengah pandemi COVID-19 ini, kita sangat tertolong dengan teknolog ...
Bagi Glenn Fredly, konser musik bukan hanya tempatnya berkarya, namun juga caranya untuk berbagi. Di ...
Siapa yang udah kangen nonton konser atau manggung? Pasti banyak yang nyaut, tuh. Tenang, selama pan ...
Di hari kemerdekaan AS, rapper beken Kanye West menyatakan akan mencalonkan diri menjadi presiden AS ...
Buat para pecinta band Linkin Park, kalian harus berbangga hati. Baru-baru ini video In The End mili ...
Konser-konser banyak yang di-cancel karena situasi pandemi melarang kita untuk berkerumun. Tapi ada ...
Sebagai pengguna Google Play Music, kayaknya lo harus siap-siap kehilangan ‘sahabat’ lo tahun in ...
Demi mempelajari penyebaran COVID-19, peneliti Jerman mengadakan eksperimen konser musik di dalam ru ...
Please wait...