CLASIFIED ARTS | DISCOVER | 30 Oktober 2019

Nonton Konser Musik Bisa Dapat Ilmu Baru, Lho!

Selalu ada hal menarik di setiap konser yang kamu datangi. Banyak yang jadi bahan menarik untuk diulik.

Nonton konser walaupun hanya sebentar bisa meningkatkan perasaan bahagia, badan terasa bugar, dan percaya nggak percaya itu bisa membuat panjang umur, lho. Tapi nonton konser musik juga bukan cuma sing a long terus dapat euphoria dari lagu - lagu hits yang dibawakan oleh sang idola aja, kita juga bisa dapat ilmu baru kalau mengamati sekeliling venue dengan teliti, detail, dan cermat. 

Misalnya kita sebagai pelaku seni, khususnya di bidang musik, kita bisa menyontek stage act atau performance sang idola. Mempelajari bagaimana gesture sang idola saat beraksi dan membangun mood yang bisa bikin penonton seperti kesurupan saking excited-nya. 

Sound juga bisa kita contek tuh. Kalau bisa pilih posisi sentral dari depan panggung, karena bisa dengerin sound dengan lebih balance dan detail. Nah, kamu bisa pelajari deh tuh sound seperti apa yang cocok sesuai kondisi panggung dan genre musiknya. 

Lighting juga nggak kalah penting nih, guys! Performa yang keren selain pasti didukung oleh sound enak, lighting keren juga sebuah keharusan. Kamu bisa belajar gimana caranya supaya lighting mempunyai peran penting di atas panggung. 

Kalau urusan menambah nilai estetika dan membangun mood sang performers pada suatu konser, perhatikan tata panggungnya. Banyak tata panggung agak nyeleneh justru malah bikin eyegasm dan nempel banget di kepala sehingga bakal keingetan terus sama konsernya. 

Nah, ini nih paling penting. Kalau mau tahu produksi di belakang layar, perhatikan operator bekerja di booth FoH (Front of House) di seberang panggung mengatur sound, lighting dan segala hal yang menyangkut ornamen panggung. FYI aja nih, saat ini orang - orang yang ahli dalam bidang produksi panggung sangat dicari dan bayarannya tinggi banget, karena peran mereka sangat penting dalam sebuah konser selain aksi dari artis itu sendiri. 

Itulah kenapa kita jangan cuma histeris doang kalau lihat idola beraksi di atas panggung. Perhatikan juga segala detail konsernya, supaya bisa memahami dan lebih menikmati konsernya.

 

Penulis: Raditya Nugroho

 

Editor: Fik


Photography By : Istimewa

Please wait...