CLASIFIED MUSIC | ORIGINS | 24 September 2020

Oasis Bakal Luncurin Koleksi Vinyl Spesial

Ada kabar baik nih buat fans Oasis, mereka bakalan luncurin koleksi vinyl spesial buat ngerayain 25 tahun album (What's The Story) Morning Glory!

2020 ini memang tahun yang banyak kejutan. Salah satunya datang dari Big Brother Recording yang bakalan luncurin vinyl spesial Oasis pada tanggal 2 Oktober mendatang. Peluncuran ini merupakan bagian dari perayaan 25 tahun album kedua Oasis, (What's The Story) Morning Glory?.

Bisa dibilang, peluncuran vinyl spesial ini adalah bukti kesuksesan Oasis dari dulu hingga sekarang. Seperti lo semua tahu, nama Oasis selalu menjadi band asal Inggris yang populer selain The Beatles, Rolling Stones, dan Led Zeppelin.

Nah, album (What's The Story) Morning Glory? adalah salah satu bukti kesuksesan Oasis. Sejak pertama kali dirilis pada 2 Oktober 1995, album ini memuncaki tangga lagu Inggris sepanjang 1995-1996. Bahkan, album ini digadang-gadang menjadi album britpop terpopuler dengan total penjualan mencapai 22 juta kopi!

Pencapaian tersebut menjadikan album ini mendapat label terlaris ke-5 sepanjang masa di Inggris. Bahkan, album (What's The Story) Morning Glory? juga masuk sebagai nominasi Album Terbaik selama 30 tahun versi Brit Awards 2010. Adapun beberapa hits yang ada di album ini adalah Wonderwall, Don’t Look Back in Anger, dan Morning Glory.

Kabarnya, vinyl (What's The Story) Morning Glory? versi remaster ini akan diluncurkan dalam format LP ganda berwarna perak dan format disk bergambar. Menariknya, ada juga replika lirik lagu Wonderwall dengan tulisan tangan asli Noel Gallagher. Buat lo yang enggak sabar untuk punya album vinyl Oasis edisi spesial ini, lo bisa ikuti hashtag #MorningGlory25 di media sosial buat kepoin update terbarunya.

Sementara itu, semua format baru dari album tersebut dapat dipesan langsung melalui situs resmi Oasis. So, tunggu apa lagi, mending lo cek sekarang daripada nyesel keburu sold out, kan?

Perjalanan Karir dan Pencapaian Oasis

Buat lo yang ngikutin perjalanan Oasis, pastinya sudah khatam sama karir dan pencapaian band legendaris ini. Tapi, buat lo yang cuma hafal lagu Don’t Look Back in Anger tapi mau ngaku fans sejati, kayaknya lo wajib banget tahu lebih dalam tentang Oasis. Jadi, kalau lo enggak kikuk kalau ditanya “apa lagu favorit lo selain Don’t Look Back in Anger?”.

Oasis telah berdiri sejak 1991 dan dikenal sebagai salah satu pelopor genre britpop. Band ini enggak bisa dilepaskan dari sosok Gallagher bersaudara, yaitu Liam Gallagher dan Noel Gallagher. Nah, buat lo yang belum tahu, band ini sebelumnya bernama The Rain dengan formasi Liam Gallagher (vokal), Paul Arthurs (gitar dan keyboard), Paul McGuigan (bass), Tony McCarroll (drum), dan Noel Gallagher (gitar dan vokal).

Singkat cerita, Oasis mengawali debut profesionalnya dengan label indie Creation Records setelah merilis album perdana, Definitely Maybe(1994). Setelah itu, mereka pun merilis album (What's The Story) Morning Glory?(1995) bersama drummer baru, Alan White, menggantikan Tony McCarrol yang memilih hengkang.

Gokilnya, album kedua Oasis ini tercatat sebagai penjualan album tercepat dalam sejarah Inggris yang popularitas mereka langsung melejit. Dua tahun kemudian, Oasis pun merilis album ketiga Be Here Now (1997).

Seiring berjalannya waktu, Paul McGuigan dan Paul Arthurs memutuskan cabut dari Oasis, padahal saat itu mereka lagi garap album Standing on the Shoulder of Giants (2000). Pada 2005, Oasis kembali mendapatkan popularitas dari album keenam mereka, Don't Believe the Truth. 

Sayangnya, Noel Gallagher mengumumkan pengunduran dirinya pada 2019. Hal ini merupakan buntut dari perseteruannya dengan sang adik, Liam Gallagher.

Pencapaian yang Didapatkan Oasis

Di balik perseteruan yang terjadi di Oasis, popularitas dan kesuksesan Oasis enggak bisa dilupakan begitu saja. Setidaknya, ada sekitar tujuh album yang telah dirilis Oasis hingga hiatus. Di antaranya Definitely Maybe (1994), (What's The Story) Morning Glory? (1995), Be Here Now (1997), Standing on the Shoulder of a Giants (2000), Heathen Chemistry (2002), Don't Believe the Truth (2005), dan Dig Out Your Soul (2008).

Oasis juga sukses mendapatkan berbagai macam penghargaan musik. Mulai dari 6 Brit Awards, 4 MTV Europe Music Awards, hingga 17 NME Awards. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, album kedua Oasis (What's The Story) Morning Glory? juga berhasil menjual lebih dari 22 juta kopi dan masuk ke dalam nominasi album terbaik selama 30 tahun versi Brit Awards 2010.

Enggak cuma itu, Oasis juga sempat 3 kali dinominasikan pada ajang Grammy Award. Bahkan, terhitung sejak 2009, Oasis telah berhasil menjual sekitar 70 juta kopi rekaman di seluruh dunia! Cuma itu aja? 

Tentu saja enggak sob. Pada 2010 silam, Oasis sempat terdaftar dalam Guinness Book of World Record dalam kategori “The Longest Top 10 UK Chart Run By A Group” setelah berhasil memopulerkan 22 single di Top-10 chart musik Inggris! 

Pokoknya kalau bahas pencapaian Oasis ini emang enggak ada habisnya, sob! Nah kira-kira mana nih, album dan lagu Oasis favorit, lo?


Photography By : Dok. Shutterstock/Lenscap Photography

Please wait...