CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 25 November 2020

Opera Buka Lowongan Buat Tukang Komen Meme dan Video Lucu, Gajinya Gokil!

Perusahaan browser Opera buka lowongan pekerjaan yang super gampang dengan gaji Rp127 Juta! Tertarik?

Pernah mikir enggak kalau ngirim komentar di meme lucu dan video lucu bisa digaji? Mana ada pekerjaan begitu? Kenyataannya ada, lho. Baru-baru ini Opera membuka lowongan pekerjaan “personal browser”. Pekerjaan ini bisa dibilang sangat unik dan bisa lo kerjain sambil rebahan, doang. Karena tugas lo cuma komen!

Opera sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Norwegia. Perusahaan ini bergerak sebagai penyedia browser, dan menjadi pesaing Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge. Enggak heran kalau sejak pertama di-posting lowongan pekerjaan dari Opera ini menarik minat banyak orang. 

Nah, yang jadi menarik dari loker ini adalah jobdesk seorang personal browser sangat menggiurkan buat kaum rebahan. Kalau menurut pengumuman di situs resmi Opera, tugas personal browser adalah menjelajahi sudut-sudut web dan ngomongin tentang hal-hal menyenangkan, atau hal-hal absurd yang ditemui.

Singkatnya, tugas personal browser Opera adalah browsing untuk mencari hal-hal menarik, lalu ngasih komentar di posting-an tersebut. Misalnya, lo menemukan meme lucu berupa video bayi hewan yang bikin gemas, terus lo komentarin, deh. Lo juga bisa meneliti atau membahas topik yang lagi hype di internet. Misalnya, teori konspirasi sambil live streaming di medsos Opera. 

Nah, pekerjaan yang terlihat gampang dan fun ini punya gaji gokil, sob. Opera menawarkan gaji buat  personal browser sebesar $9.000 atau setara dengan Rp127,3 Juta! Gaji ini tentunya sangat tinggi untuk pekerjaan yang bisa dilakukan sambil rebahan, pastinya bikin ngiler!

Masalahnya, kontrak kerja sebagai personal browser Opera cuman dua minggu aja, sob. Jadi, bukan sebagai karyawan tetap perusahaan Opera, ya. Tapi lumayan lah buat jajan sampai berbulan-bulan ke depan tuh.

Bukan lelucon

Banyak orang yang enggak percaya dan mikir kalau lowongan pekerjaan dari Opera ini cuman lelucon saja. Wajar, sih, sebab tugasdari personal browser dan gajinya memang kelihatan enggak masuk akal. Tapi Direktur produk Opera, Maciej Kocemba membantah anggapan tersebut. Doi bilang kalau lowongan ini bukan lelucon dan Opera memang pengen memperkerjakan seseorang hanya untuk menjelajahi web.

Meski kesannya sangat sepele, tapi keberadaan personal browser ini penting banget buat Opera. Menurut Kocemba, adanya personal browser karena Opera selalu fokus pada angka dan grafik, serta berusaha menjaga penggunanya untuk tetap anonim. 

Nah, menurut Opera, saat ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan mereka ruang berbicara dan menunjukkan siapa mereka sebenarnya. Selama ini browser hanya menjadi tempat untuk kehidupan online saja. Opera penasaran melihat wajah-wajah asli dibalik setiap klik di browser ini. 

Keuntungan jadi personal browser enggak cuman dibayar dengan gaji fantastis, lho. Opera juga bakalan bantu promosiin para kandidat yang terpilih melalui media sosial Opera. Fasilitas dari Opera ini enggak hanya bikin followers lo melejit, tapi juga bisa jadi ajang untuk mempromosikan bakat lo, sob.

Syarat jadi personal browser Opera

Nah, gimana, tertarik daftar jadi personal browser Opera? Bisa, kok. Cara daftarnya gampang banget. Lo cuman perlu membuat video diri kreatif sambil mengekspresikan momen menjelajah dunia maya yang paling relevan dalam kehidupan lo. Durasi videonya sekitar 15-60 detik saja. 

Video tersebut lo unggah ke akun Facebook, Instagram, TikTok, atau YouTube dengan tagar #OperaPersonalBrowser. Terus, tautan video dan media sosial ini dikirim ke email personal-browser@opera.com. Namun, ini baru tahap awal dari proses aplikasi, ya. Nantinya kalau terpilih, pihak Opera bakal memberikan detail lanjutan mengenai langkah-langkah yang harus lo lakuin.

Situs Opera menyebutkan, kalau tipe orang yang cocok untuk jadi personal browser adalah sosok yang suka berburu meme konyol, nontonin video bayi anjing lucu, hingga senang buat baca-baca teori konspirasi. Dari sekian banyak pendaftar, nantinya Opera hanya akan memilih satu pemenang sebagai personal browser.

Selain beberapa syarat di atas, kandidat personal browser juga harus orang yang suka menghabiskan waktu buat browsing internet, tahu cara kerja web browser, punya komputer dengan koneksi internet yang stabil, lancar berbahasa Inggris, dan berusia lebih dari 18 tahun. 

 

Gimana, gampang banget, kan? Mulai siapin CV lo deh, sob!


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...