Pengen Bikin Konser Online di Rumah? Jangan Lewatkan 5 Persiapan Ini

Siapa yang udah kangen nonton konser atau manggung? Pasti banyak yang nyaut, tuh. Tenang, selama pandemi COVID-19 kita masih bisa lakukan hal itu, kok. Tapi dengan cara gelar konser online.

Semuanya berubah selama pandemi COVID-19. Nggak hanya kantor yang pindah ke rumah, konser yang biasanya kita tonton di ruang terbuka ikutan pindah ke situs-situs video conference. Ya, konser online menjadi alternatif musisi mengobati kerinduan para penggemarnya, begitu juga sebaliknya. 

Belakangan ini ada beberapa konser online yang sukses mengobati kerinduan para penggemar musik, misalnya; Authenticity from Home featuring Pamungkas, Lady Gaga dan Global Citizen, Coldplay, John Legend, hingga Katharine Mcphee dan David Foster.

Nah, buat lo yang hobi bermusik sekarang waktunya buat unjuk gigi. Kalau selama ini lo nggak berani menggelar solo konser karena terkendala budget, konser online bisa jadi solusi. Dengan budget seadanya lo udah turut berpartisipasi menghibur orang lain selama karantina diri di masa pandemi COVID-19. Siapa tahu kesempatan ini bisa jadi batu lompatan karier bermusik lo. 

Menariknya lagi, konser online juga bisa menjadi salah satu metode penggalangan dana, lho. Kayak yang dilakukan beberapa seleb dan musisi beken. So, tunggu apalagi? Buat lo yang tertarik bikin konser online sendiri, ini nih, persiapan live streaming sebelum gelar konser online biar berasa banget gigs-nya.

Tentukan platform streaming

Memilih platform ini jadi persiapan live streaming yang paling awal banget. Karena tentu saja setelah yakin untuk membuat konser online, lo wajib banget untuk melakukan riset mengenai platform yang sesuai untuk konser kali ini. Karena ada banyak platform streaming yang bisa lo pilih untuk bikin konser online sendiri.

Pemilihan platform bisa menjadi bahan pertimbangan untuk hal-hal selanjutnya, misalnya jika mengenakan harga tiket. Karena beberapa platform diakses secara berbayar. Buat rekomendasi lo nih, beberapa platform online yang cocok untuk konser online; Youtube Live, Facebook Live atau  Instagram Live.

Pastikan kesiapan alat-alat musik

Persiapan live streaming yang satu ini tidak ada bedanya dengan konser offline. Alat musik penunjang keberhasilan sebuah konser. Jika alat musik tidak bisa mengiringi secara maksimal, jalannya konser pasti akan berantakan, apalagi kalau ada kendala di tengah konser. 

Selain itu pastikan microphone yang lo gunakan proper untuk melakukan konser online. Bukan apa-apa, justru karena tidak nonton secara langsung, microphone sangat mempengaruhi kualitas audio di smartphone viewers lo.

Atur Sudut Kamera

Saat live streaming, perhatikan sudut pandang atau frame di mana lo akan dilihat ciamik sama viewers. Kalau konser ini dilakukan sama band lo, pastikan muka personil lo masuk ke dalam frame, ya. Jangan lo doang yang narsis di depan kamera. Buat ngerekam lo bisa pakai handphone yang kamera depannya punya sudut pandang lebar, minimal 82 derajat. Biar lebih wide.

Sebelum gelar konser online, penting banget untuk memerhatikan background. Latar belakangbisa disesuaikan dengan tema konser online. Perlu dicatat, hati-hati kalau mau menggunakan backdrop putih polos, karena lebih tricky terhadap pencahayaan yang terang. Kalau nggak pas bisa bikin lo keliatan pucat, atau lighting-nya over. Nah, saran juga nih, kalau kamar lo cukup instagramable boleh deh, bikin konser online  dengan latar kamar lo yang kece.

Pencahayaan yang pas

Lighting juga perlu lo pikirkan. Pencahayaan jadi rahasia di balik mulusnya sebuah video para seleb. Ada dua cara penggunaan lighting untuk konser online di rumah; pencahayaan natural dan pakai lampu. Sumber pencahayaan alami bisa dengan konsep konser online  bertema outdoor, tapi tetap berada di lingkungan rumah, misal taman atau balkon kamar. 

Gunakan outfit terbaik

Meskipun konser online di rumah aja tapi lo ditonton banyak orang. Pakai atribut panggung atau hal-hal yang selama ini menjadi identitas lo. Kalau lo dikenal sebagai rocker, jangan lupa gunakan outfit-outfit pendukung sebagai seorang rock star

Begitu juga kalau tema dari konser online ini nostalgia lagu-lagu 80-an, pakai baju jadulbisa bikin penonton makin klepek-klepek. Semakin kece gaya lo saat live streaming dijamin bikin penonton betah sampai akhir. 

Interaksi dengan penonton

Persiapan live streaming yang nggak kalah penting adalah interaksi dengan penonton di rumah. Saat kita gelar konser online pastikan menyapa penonton di kolom komentar. Tidak perlu semuanya disapa, karena malah bikin lo kewalahan. Sebut saja satu dua nama biar penonton merasa lebih dihargai dan lebih dekat.

Setiap beberapa lagu kasih jeda buat interaksi. Lo bisa menanyakan berbagai hal yang bisa dijawab di kolom komentar. Kita bisa cerita mengenai apapun, biasa saja pengalaman lo selama di rumah aja. Setelah cerita pastikan melempar pertanyaan, misalnya ‘kalau kalian gimana?’. Hal-hal kecil kayak gini bikin penonton makin jatuh cinta, sob.


Photography By : Shutterstock

Please wait...