CLASIFIED MUSIC | NEWS & UPCOMING | 02 November 2020

Sekarang Cari Lagu Lebih Mudah dengan Mengetik Lirik Lagu di Spotify

Pernah enggak sih lo pengen nyetel lagu yang lo inget potongan liriknya, tapi lupa judulnya? Tenang, sekarang Spotify punya fitur baru yang bisa ngatasin masalah lo!

Sering enggak sih, lo denger lagu enak terus hafal liriknya, tapi waktu mau nyari lagi di aplikasi pemutar musik malah lupa judulnya? Buat ngatasin masalah itu, layanan streaming musik digital, Spotify,  melengkapi aplikasinya dengan fitur cari lagu dari lirik. Fitur ini bisa dinikmati pengguna premium dan gratis, baik di platform iOS maupun Android. 

Meski belum punya nama resmi, fitur ini bikin kita makin mudah mencari lagu di Spotify. Sebelumnya lo harus mengetik dulu lirik di aplikasi pihak ketiga kalau ingin memutar musik yang lo lupa judulnya. Setelah ketemu judulnya, baru lo bisa cari di Spotify.

Sekarang, lo enggak perlu repot-repot membuka aplikasi lain untuk cari judul lagu dari liriknya di Spotify. Cara pakai fitur cari lirik lagu di Spotify gampang banget, lho. Lo cukup ngetik lirik lagu di kolom pencarian Spotify. Sama persis kayak lo cari lirik lagu berdasarkan judul. Selanjutnya, Spotify bakalan memunculkan judul-judul lagu yang sesuai dengan lirik yang lo ketik.

Namun, fitur pencarian dari lirik lagu di Spotify ini kadang memunculkan hasil lebih dari satu lagu. Soalnya, ada beberapa lagu yang punya lirik hampir mirip. Jadi, waktu lo cari lagu berdasarkan lirik, sebaiknya lebih detail, ya.

Panduan penggunaan fitur cari lirik lagu ini juga sudah ada di situs resmi Spotify. Di situ disebutkan, kalau lo bisa mengetikkan minimal 3 kata dari lirik lagu yang dimaksud. Nantinya, semua lagu yang cocok dengan penggalan lirik tersebut bakalan ditampilkan di layar. Dengan fitur yang ciamik ini, lo bisa mendengarkan semua lagu yang baru sekilas lo dengar tapi nyantol di kepala. Asal ingat penggalan liriknya, ya. 

Sebenarnya, Spotify bukan satu-satunya pemilik fitur cari lagu dari lirik. Fitur cari lagu dari lirik ini sudah duluan dirilis oleh layanan streaming Apple Music tahun lalu. Cara pakainya juga sama, lo cukup mengetik lirik lagu dan ketemu, deh.

Fitur canggih “real time lyric

Sebelum merilis fitur pencarian lirik lagu di Spotify, perusahaan asal Swedia ini mengeluarkan fitur yang enggak kalah kece. Spotify secara resmi merilis fitur lirik lagu real-time pada penggunanya di 26 negara. Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut, kok.

Sama seperti pencarian dari lirik lagu di Spotify, fitur ini bisa dinikmati oleh pengguna premium maupun non-premium. Fitur lagu “real time lyric” ini akan menampilkan lirik secara real time dalam bahasa di mana lagu-lagu dinyanyikan.

Untuk menyajikan lirik kepada pendengar ini, Spotify menggandeng Genius sebagai penyedia lirik. Sebelum bekerja sama dengan Genius, Spotify pernah melakukan kerja sama dengan Musixmatch. Namun hubungan kontrak keduanya berhenti pada 2016.

Sebelum fitur real time lyrics, Genius dan Spotify telah bekerja sama untuk menggarap fitur “Behind The Lyrics”. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan latar belakang dari penulisan lagu yang dimainkan dan lirik lagunya.

Namun, fitur Behind The Lyrics milik Spotify ini bisa dibilang kurang efektif dan terkesan cukup mengganggu kalau pengguna ingin karaoke dengan membaca lirik. Maka dari itu, Spotify dan Genius menghadirkan fitur lirik lagu real time. Dengan fitur ini lo bisa melihat lirik dengan lebih jelas dan nyaman.

Cara menggunakan fitur real time ini mudah banget. Cukup ketuk bagian “now playing” yang ada di sisi bawah layar, lalu seret ke bawah untuk menemukan penggalan lirik. Kalau lo pengen membuka teks lirik secara penuh dan real time, cukup ketuk lyrics card saja. Dengan begitu, lo bisa enjoy berkaraoke tanpa harus membuka situs lirik pihak ketiga lagi.

Sama seperti fitur pencarian dari lirik lagu di Spotify, fitur real time lyrics sebenarnya sudah didahului oleh Apple Music. Layanan streaming milik Apple tersebut sudah bekerja sama dengan Genius untuk menyediakan lirik pada 2018. 

Selain Indonesia, beberapa negara lain telah memanfaatkan fitur lirik ini, seperti Argentina, Brazil, Colombia, Chile, Meksiko, Peru, Bolivia, Costa Rica, Republik Dominika, Ecuador, Guatemala, Honduras, India, Nicaragua, Panama, Paraguay, El Salvador, Uruguay, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Taiwan, Singapura, hingga Hong Kong. 

Kalau lo sendiri sudah pernah coba fitur real time lyrics, belum?


Photography By : Dok. Shutterstock/David MG

Please wait...