CLASIFIED CULTURE | LOOK | 30 Juni 2020

Siap Hadapi New Normal, Ini Tips Cegah Virus COVID-19 Pas Kembali Beraktivitas

Walau terlihat rempong karena harus bawa ini-itu dan nggak boleh ini-itu, tapi hal ini dilakukan untuk kenyaman dan kesehatan bersama. Ini tips aman selama new normal yang harus lo siapin.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Setelah kurang lebih tiga bulan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan, akhirnya pemerintah mulai menggaungkan kebijakan new normal. Sesuai dengan namanya, new normal merupakan fase di saat semua aktivitas publik kembali dilakukan secara ‘normal’, namun tetap dalam aturan jaga jarak dan beberapa protokol kesehatan.

Sejak new normal digulirkan, kantor-kantor mulai memberlakukan kembali work from office, begitu juga pembukaan pusat-pusat perbelanjaan dan fasilitas publik lainnya. Namun tentu saja, karena masa pandemi COVID-19 belum berakhir, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan selama new normal.

Kebijakan new normal tidak diambil sembarangan, lho. Tujuannya, agar roda perekonomian negara kembali berjalan. Nah, seiring dikeluarkannya kebijakan new normal ini, sikap kita tentu harus mendukung upaya pemerintah, sambil tetap waspada melindungi diri dari serangan virus COVID-19. 

Supaya lo makin aman, bentengi diri lo dengan berbagai protokol kesehatan yang tepat. Berikut ini tips cegah virus COVID-19 yang wajib lo lakuin selama new normal.

Pertahankan physical distancing

Meskipun kondisi sudah dikatakan new normal, bukanberarti COVID-19 usai, sob. Kasus positif COVID-19 masih bertambah dari hari ke hari, nih. Kalau lo harus mulai kuliah atau kerja lagi di kantor, hindari untuk melakukan kegiatan yang mengharuskan berjubel dengan banyak orang, ya. Sebab, semakin dekat jarak kita sama penderita COVID-19, makin besar peluang tertularnya.

Tips yang satu ini mungkin agak sedih buat lo, karena kita sudah bisa bertemu sohib kita lagi tapi tetap diharuskan menjaga jarak minimal 1,5 meter. Ya, physical distancing selama new normal itusekilas mirip sama kisah cinta lo gitu deh, sayang banget tapi cuman bisa memandang dari kejauhan.

Sering-sering cuci tangan

Cuci tangan pakai sabun cara paling dianjurkan untuk mencegah tertular virus COVID-19. Nah, saat kembali ke new normal, kebiasaan ini harus makin rajin kita lakukan. Soalnya risiko tertular selama new normal lebih besar dibanding di rumah saja selama PSBB. 

Lo wajib cuci tangan setelah menyentuh benda-benda yang biasa dipegang banyak orang, misalnya gagang pintu, tombol lift, kursi, kendaraan, dan sebagainya. Kita nggak bisa kan mendeteksi kondisi orang yang sebelumnya memegang benda-benda itu. So, paling aman adalah selalu mencuci tangan dengan rutin. 

Perlu lo inget, untuk nggak megang-megang wajah sebelum cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu. Jangan sampai ritual usil megang-megang jerawat tanpa cuci tangan justru bikin kita nyesel belakangan, ya.

Selalu pakai masker

Salah satu tips cegah virus selama new normal yang sangat penting lainnya; memakai masker. Terutama ketika lo mengunjungi ruang-ruang publik yang ramai, seperti supermarket, pusat perbelanjaan, atau naik kendaraan umum. Cara ini nggak hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus COVID-19, tapi juga mencegah orang lain agar tidak ikut tertular. 

Perlu lo tahu, beberapa kasus pasien positif COVID-19 merupakan OTG (Orang Tanpa Gejala). Dengan kata lain, banyak orang nggak sadar menderita virus COVID-19. Nah, ketika doi keluar rumah tanpa menggunakan masker, doi berisiko menularkan virus COVID-19 ke orang lain. Jadi pastikan selalu pakai masker saat keluar rumah. Tips biar gaya lo semakin trendy, coba pilihlah masker yang matching sama outfit new normal lo.

Siapin hand sanitizer di tas

Cairan antiseptik, macam hand sanitizer, memang efektif membunuh virus saat kita tidak bisa menemukan air bersih mengalir. Nah, saat memasuki new normal akan lebih baik jika lo selalu membawa hand sanitizer. Hal ini buat jaga-jaga, siapa tahu lo ada di keadaan sulit untuk ketemu air mengalir. Tapi pemakaian hand sanitizer ini hanya ketika lo nggak bisa menemukan air bersih, ya. Jangan sering-sering juga, karena nggak baik, bikin tangan lo jadi makin kering.

Jaga asupan gizi seimbang

Tips cegah virus menghadapi new normal dengan selalu menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satu modal utama biar tetap sehat adalah dengan makan makanan sehat dan bernutrisi. Kebiasaan makan makanan sehat ini bisa lo mulai dengan mengurangi makanan dengan lemak jahat, menghindari makanan olahan, serta memperbanyak makanan dengan gizi tinggi. Bagi para pecinta junk food, selama new normal ini kurangin dulu, deh.

Lo juga perlu untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C, untuk menjaga imunitas tubuh supaya nggak mudah terjangkit virus COVID-19. Vitamin C berguna untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Beberapa buah yang tinggi vitamin C; jambu biji, pepaya, kiwi, stroberi, nanas, dan mangga mending lo makan tiap hari, deh.

Bawa alat-alat pribadi

Jika sebelum ada virus corona ini kita sering pakai peralatan makan dari pantry kantor, saat new normal kebiasaan ini jangan dilakukan lagi, ya. Karena peralatan makan yang berada di tempat umum, seperti di restoran atau pantry kantor, rentan bangetjadi media penyebaran virus COVID-19.

Selain itu, kalau lo sempet, usahakan bawa bekal makanan sendiri dari rumah. Selain lebih terjamin kebersihannya, lo juga bisa hemat, kan?Selain alat makan, lo juga disarankan membawa masker cadangan, helm sendiri bagi pengguna ojek, tisu basah, sabun cair, vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh, serta perlengkapan ibadah sendiri.

Barang-barang itu memang terlihat rempong,tapi semuanya demi kebaikan lo juga, kok.


Photography By : Dok. Shutterstock

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Sebelum lo ngegigs biar gak saltum (salah kostum) dan dicengin sama anak-anak skena, ...
Lo sering gak sih merasa jengah banget kalau nongkrong di bar atau lounge berisik banget sampai kalo ...
Clothing Line Bintang K-Pop GDragon Collab dengan NIKE ...
Dalam seminggu, ini dia waktu yang paling di tunggu,--WEEKEND! Waktu luang berkualitas yang dimanfaa ...
Satu bundel karya eksklusif yang dimasukkan dalam satu wadah yang keren pastinya sangat sulit untuk ...
Ada yang menganggap mereka yang memakai kendaraan tersebut hanya sekedar gaya-gayaan ingin jadi pusa ...
Pakaian baggy atau oversized kini digandrungi lagi. Siapa lagi salah satu pencetus trennya kalau buk ...
Ada banyak bentuk ekspresi orang dalam merayakan hari kemerdekaan, termasuk Perang Tatto ...
Saya coba tawarkan kamu, para penikmat kopi, senja, dan puisi, warung kopi dengan pengalaman tersebu ...
Rasanya menjengkelkan jika mengenakan headphone namun bisa mendengarkan suara di luar. Coba gunakan ...
Buat kamu yang gemar mengkoleksi album fisik, toko-toko ini sayang untuk dilewatkan. Beberapa tempat ...
Dari tangan dan pemikiran praktisi musik lokal bisa menghasilkan instrumen yang diandalkan. ...
Menjual lagu secara online dan membuat ceruk baru yang bisa stabilkan kehidupan. ...
Jaket harga jutaan saja kadang sudah bikin geleng-geleng kepala. Lah, ini ada jaket bomber jadul yan ...
Kreativitas brand sepatu lokal emang nggak ada habisnya. Belum lama ini, sepatu kolaborasi SAGE x Te ...
Di tengah tingginya permintaan sneakers Air Jordan 1 x Dior, ada aja orang usil yang memanfaatkan ce ...
Please wait...