CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 27 Agustus 2020

Staycation, Alternatif Liburan Aman di Tengah Pandemi COVID-19

Mulai jenuh sampai stres karena kelamaan WFH dan kangen liburan? Staycation aja, yuk! Tapi sebelum cabut liburan, lo harus perhatiin dulu beberapa tips aman selama staycation

Adanya pandemi membuat rencana liburan kita jadi berantakan, ya enggak sih sob? Padahal, liburan bisa jadi pelepas stres. Apalagi setelah lewati masa-masa WFH. Tenang, lo nggak perlu sedih, karena ada alternatif liburan yang aman, yaitu staycation! Ya, bisa dibilang staycation jadi “penyelamat” kita saat jenuh dan stres di tengah pandemi COVID-19.

Lo tahu nggak sih, apa itu staycation?  Simpelnya, staycation adalah gabungan dari kata “stay” dan “vacation”, alias liburan di rumah. Dikutip dari How Stuff Works, staycation dapat diartikan sebagai liburan namun tetap di rumah.

Di sisi lain, menurut Inn on the Drive, staycation diartikan sebagai kegiatan liburan yang dilakukan di dekat rumah. Lo bisa pilih hotel yang ada di sekitar rumah atau kosan lo, dan melakukan beberapa kegiatan di dalam hotel atau di sekitarnya. 

Bisa dibilang, staycation lebih ke relaksasi dan senang-senang tanpa harus pergi jauh ke luar kota, apalagi luar negeri. Gimana, udah kebayang belum, sob?

Liburan Aman ala Staycation

Mungkin lo masih heran kenapa staycation bisa menjadi pilihan dan tren alternatif liburan aman di tengah pandemi COVID-19. Sebenarnya, ada beberapa alasan yang bisa lo pertimbangkan untuk  memasukkan staycation dalam pengganti list liburan lo yang gagal akibat pandemi.

Salah satu alasannya, staycation jauh lebih murah dibanding liburan ke luar kota atau negeri sob. Apalagi staycation terbilang aman karena enggak melakukan perjalanan jarak jauh yang tentunya bikin kita deg-degan di tengah pandemi saat ini.

Alasan lainnya, dengan staycation lobisa buang rasa jenuh, stres, dan pikiran-pikiran terkait pekerjaan atau tugas kuliah yang numpuk selama WFH. Soalnya, saat staycation lo bisa melakukan berbagai macam kegiatan di hotel. Misalnya, jalan-jalan atau olahraga di area hotel.

Selain itu, staycation juga bakal memberi kita kesempatan kenal diri sendiri. Karena di sini lo bakal menikmati me time dengan kegiatan yang mungkin nggak pernah lo lakukan sebelumnya. Hitung-hitung jajal hobi baru sob.

Tips Aman Staycation Selama Pandemi

Nah, sekarang lo udah ada bayangan bakal staycation di mana belum? Kalau sudah, jangan asal cabut buat staycation. Lo harus catat dan lakukan beberapa tips aman staycation saat pandemi berikut ini sob:

Lo harus sehat

Satu hal wajib yang enggak boleh ditawar; lo harus sehat. Supaya tetap aman dan enggak mudah kena virus. Kalau lo lagi demam, batuk, atau pilek lebih baik stay at home dulu supaya lebih aman. Toh, masih banyak waktu juga, kok! Kalem aja dulu.

Sendirian lebih baik

Sebenarnya, pergi staycation sendiri itu lebih baik karena bisa mengurangi risiko tertular virus dari orang lain. Ini juga bisa jadi momen yang pas buat me time. Tapi kalau lo mau ajak keluarga boleh aja, selama pastikan dulu mereka sehat, ya!

Jangan asal pilih hotel 

Lo juga harus memilih hotel yang lo tuju menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, pengecekan suhu, menjaga jarak, rutin mengganti sprei dan handuk, hingga menyiapkan alat-alat kebersihan; hand sanitizer atau sabun cuci tangan. Sebelum booking lo bisa konfirmasi ke hotelnya dulu sob.

Hindari fasilitas umum

Selama masa staycation, lo sangat disarankan menghindari beberapa fasilitas umum; kolam renang, tempat kebugaran, hingga restoran. Untuk tetap menjaga keamanan, ada beberapa penginapan bahkan menutup fasilitas umum tersebut. Untuk sarapan aja mereka memilih diantar langsung ke kamar.

Peralatan yang wajib dibawa

Satu lagi yang enggak boleh lo lupain, peralatan wajib yang harus dibawa agar kegiatan staycation tetap aman. Pertama, memakai dan membawa selalu masker lebih dari satu. Termasuk buat lo yang pakai masker kain. Ingat, masker kain maksimal cuma 4 jam, sob.

Terus, lo juga harus bawa alat makan sendiri, kayak sendok, garpu, sumpit, dan botol minum. Jangan lupa juga bawa hand sanitizer, vitamin, tisu basah dan kering, serta alat ibadah. Selain itu, lo harus tetap jaga jarak sama orang lain, baik itu di lift atau lobi hotel minimal 2 meter.

So, siap buat staycation ke mana nih, sob? Tetap aman selama liburan, ya, sob!


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...