CLASIFIED CULTURE | CONTEMPORARY | 04 Januari 2021

Tak Cuma Sekali, Ini 5 Momen Layanan Google Down Sepanjang 2020

Beberapa waktu lalu dunia maya dihebohkan keluhan warganet mengenai layanan Google yang down. Usut punya usut, ini bukan kali pertama Google down, lho

Pertengahan Desember 2020 media sosial heboh karena layanan Google down. Hal itu otomatis membuat banyak pengguna internet yang mengeluh. Sebab, mereka tidak bisa mengakses berbagai layanan Google, seperti YouTube, Google Maps, Play Store, dan Google Meet. 

Keluhan warganet tersebut disampaikan melalui cuitan di Twitter hingga membuat sejumlah tagar jadi trending topic, seperti #YouTubeDown dan #GoogleDown.

Terkait masalah tersebut, pihak Google Indonesia buka suara. Mereka menjelaskan gangguan itu disebabkan gangguan pada sistem autentikasi karena ada masalah kuota penyimpanan internal. 

Juru bicara Google juga menambahkan, seharusnya alat internal perusahaan mengalokasikan ruang penyimpanan yang cukup ke layanan yang menangani autentikasi. Namun, tampaknya tugas ini gagal dilakukan sehingga sistem mengalami crash dan Google down.

Terkait kejadian tersebut, pihak Google meminta maaf pada penggunanya dan memastikan jika masalah seperti ini tidak terulang kembali.

Nah, ternyata kejadian itu bukan kali pertama Google down, lho. Setidaknya, sepanjang 2020 tercatat sudah 5 kali Google down. Berikut ini beberapa momen saat Google down sepanjang 2020:

15 Mei 2020

YouTube sempat tidak bisa diakses pada 15 Mei 2020. Gangguan pada layanan berbagai video ini dialami di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Menurut catatan, YouTube menjadi layanan yang pertama kali tidak bisa diakses sekitar pukul 06.00 WIB. 

Pihak YouTube pun mengkonfirmasi kejadian ini. Mereka mengatakan masalah terjadi sekitar 20 menit sebelum akhirnya kembali pulih. Terkait penyebab gangguan tersebut pihak Google tidak memberikan keterangan. Buat lo pengguna YouTube, ngerasain momen ini juga enggak?

20 Agustus 2020

Layanan Google kembali dilaporkan down dua bulan berikutnya. Pada periode ini terjadi masalah pada layanan Gmail, Google Drive, Google Meet, dan YouTube. Sebagian pengguna mengeluhkan gagal dalam mengunggah lampiran di Gmail dan Google Drive.

Yup, pada momen ini YouTube kembali ikutan down. Hal ini mengakibatkan pengguna YouTube tidak bisa mengunggah video baru. Beberapa negara yang mengalami masalah ini adalah India, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, dan Indonesia.

Pada situasi ini, pihak Google mengatakan bahwa masalah yang terjadi diakibatkan gangguan server di sejumlah layanan Google. Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai detail permasalahannya.

25 September 2020

Layanan Google kembali down pada tanggal 25 September 2020. Gangguan ini bahkan terjadi di jam-jam sibuk masyarakat Indonesia, yakni pukul 11.00 WIB. Terlebih, di tanggal tersebut sebagian besar orang juga sedang bekerja dan sekolah secara daring.

Beberapa layanan Google yang down dan tidak bisa diakses adalah Google Meet, Google Drive, dan Google Classroom. Tak hanya Indonesia, Google down dialami di Amerika Serikat dan wilayah Asia Pasifik.

Meski kali ini cukup banyak negara yang merasakan dampaknya, namun pihak Google tidak memberikan penjelasan apapun mengenai masalah ini.

12 November 2020

Platform berbagi video YouTube dan Google Play Store kembali mengalami gangguan pada November lalu. Sejumlah warganet melaporkan kalau mereka tidak dapat mengakses layanan Play Store dan YouTube.

Keluhan-keluhan warganet ini ditumpahkan melalui Twitter dengan tagar #YouTubeDOWN. Bahkan tagar ini sampai menjadi trending nomor satu di kawasan Indonesia dengan 79.000 twit dalam beberapa menit terakhir.

Momen ini juga dirasakan oleh atlet eSports profesional, Carl White. Melalui akun Twitter-nya, White mengira jika internetnya sedang bermasalah, ternyata memang Google sedang down

Pihak YouTube mengonfirmasi insiden ini melalui akun resminya @TeamYouTube. Namun, pihaknya enggak memberikan alasan detail terkait gangguan pada layanan.

14 Desember 2020

Terbaru, Google kembali down pada 14 Desember 2020. Sejumlah layanan Google tidak bisa diakses oleh sebagian besar warganet sejak pukul 18.30 WIB. Kali ini jumlah layanan yang tidak bisa diakses lebih banyak, yakni dari Gmail, YouTube, Google Maps, Google Drive, Google Keep, Google Calendar, dan Google Play.

Melalui aplikasi Downdetector, layanan milik Google lainnya, seperti aplikasi rumah pintar Google Home, dan layanan Internet of Things Nest juga dilaporkan mengalami gangguan.

Menurut keterangan dari pihak Google, masalah kali ini terjadi sekitar 45 menit. Gangguan bukan disebabkan oleh pihak ketiga, namun ada masalah yang ditemukan di kuota penyimpanan internal.

Kalau buat lo sendiri, momen Google down mana, sih, yang paling panik karena ada kerja atau lagi kuliah?


Photography By : Dok. Shutterstock/rvlsoft

Please wait...