CLASIFIED MUSIC | ORIGINS | 04 Januari 2021

Temukan Sisi Lain Musisi Lewat 6 Film Biopik Ini

Jangan hanya mengenal musisi dari saat mereka di atas panggung. Lo juga harus kenal dan memahami sisi lain para musisi di dunia nyata melalui berbagai film biopik.

Sama kayak lo dan doi, hubungan antara musik dengan film enggak bisa dipisahkan. Musik bikin film terasa lebih hidup. Demikian pula dengan film. Sebab, film juga akan menjadi salah satu channel menceritakan dunia musik seperti film biopik. Sebelum membahas lebih jauh, lo tahu enggak apa itu film biopik?

Singkatnya, film biopik mengangkat cerita dan memberikan wawasan baru dari tokoh terkenal dunia. Biasanya, alur yang diangkat dalam film biopik berasal dari kisah nyata yang dikemas secara detail dan menarik. Tak lupa sentuhan dramatis sebagai “bumbunya” agar film semakin menarik. Salah satunya adalah film biopik musik yang bakal kita bahas kali ini. 

Buat lo yang masih asing dengan film biopik enggak perlu khawatir. Authenticity punya beberapa rekomendasi film biopik musik yang wajib lo tonton.

Control (2007)

Rekomendasi film biopik musik yang pertama adalah Control. Film ini mengangkat cerita tentang Ian Curtis. Control cukup ngena karena mengemas cerita kehidupan vokalis Joy Division itu dengan sangat rapi dan dramatis.

Pada film ini, lo bakal diajak mengenal Ian Curtis secara lebih dekat. Sebagai penggemar musik rock, lo bakal melihatpentolan Joy Division ini sangat unik. Ian Curtis pun sampai dikenal dengan gaya panggungnya yang off-beat.Bahkan, gerakannya dianggap kayak orang kesurupan.

Berbanding terbalik dengan sosoknya di atas panggung, lo bisa tahu berbagai permasalahan hidup yang dialami Ian Curtis melalui film biopik ibi. Mulai dari masalah percintaan, penyakit yang diderita, hingga beberapa hal lainnya yang akhirnya membuatnya untuk mengakhiri hidupnya di usia 23 tahun. Tonton, deh.

Ray (2004)

Rekomendasi berikutnya adalah film Ray yang bercerita tentang perjalanan karir Ray Charles selama 30 tahun. Bagi yang belum tahu, Ray Charles adalah salah satu musisi kulit hitam yang dikenal berhasil memopulerkan genre musik rhythm dan blues atau R&B. 

Di film ini, lo juga diajak mengenal perjuangan Ray Charles dalam meniti karir bermusiknya. Mulai dari masalah matanya yang mengalami kebutaan, hingga beberapa kekurangan yang dialaminya. Salah satunya adiksi obat terlarang selama menjadi musisi.

The Dirt (2019)

Meski belum lama dirilis, film The Dirt juga turut menjadi salah satu film biopik musik yang cukup populer. Film inibercerita proses awal mula terbentuknya Motley Crue yang beranggotakan Mick Mars (gitaris), Nikki Sixx (bass), Tommy Lee (drum), dan Vince Neil (bokal).

Selama ini, lo mengenal Motley Crue dengan citra gaya hidup glamor dan rock n’ roll. Akan tetapi, di film ini berbeda sob. The Dirt menceritakan bagaimana proses terbentuk dan perjalanan karir Motley Crue hingga berbagai macam konflik yang dialami band ini. 

Seperti Vince Neil yang mulai bosan sama bandnya, Mick Mars yang mengalami kerusakan tulang, sampai Nikki Sixx yang kecanduan obat-obatan terlarang hingga overdosis.  Meski terdengar rumit, film yang diadaptasi dari buku biografi “The Dirt: Confessions of the World’s Most Notorious Rock Band” ini dikemas dengan penyampaian yang ringan dan mudah dipahami.

Nowhere Boy (2009)

Pastinya lo sudah familiar banget dengan sosok John Lennon dan The Beatles, dong? Sebagai penggemar musiknya, sayang banget kalau lo enggak tahu film biopik musik satu ini. 

Mungkin, sebagai penggemar John Lennon, lo sudah hafal dengan rentetan kesuksesannya. Baik dari karir bermusik bareng The Beatles, proyek solo, hingga kehidupannya sebagai aktivis sosial. Namun, di film Nowhere Boy lo bakal menangkap sisi lain John Lennon. 

Film biopik ini mengajak kita mengetahui perjalanan hidup Lennon mulai dari kehidupan remaja hingga membentuk band bersama Paul McCartney. Bahkan, Nowhere Boy turut menampilkan berbagai drama kehidupannya remaja Lennon. Misalnya, salah satu momen menyayat hati ketika Lennon kehilangan ibu kandung. Padahal, doi baru ketemu di masa remaja. 

Kalau lo penggemar The Beatles, film ini wajib lo tonton, sob!

Bohemian Rhapsody (2018)

Pastinya lo sudah tahu banget salah satu band legendaris ini, Queen. Band asal Inggris ini memang sudah dikenal memiliki banyak tembang hits bergenre rock kontemporer. Misal saja, Radio Ga Ga, Love of My Life, dan We Will Rock You.

Bohemian Rhapsody menceritakan tentang perjalanan hidup sang vokalis, Freddie Mercury. Film ini menceritakan awal mula Freddie Mercury ketemu Brian May (gitar), Roger Taylor (drum), dan John Deacon (bass) sebelum membentuk Queen. 

Film biopik ini pun turut menampilkan banyak pencapaian Freddie Mercury bareng Queen, sekaligus penampilan puncak mereka di konser Live Aid (1985). Bisa dibilang, Bohemian Rhapsody merupakan salah satu film biopik musik terpopuler satu dekade ini. 

Enggak heran kalau film biopik yang digarap Anthony McCarten (Darkest Hour) dan Peter Morgan (The Crown) ini sempat bertengger di layar bioskop dalam waktu yang cukup lama.

Straight Outta Compton (2015)

Satu lagi rekomendasi film biopik musik epic yang wajib lo tonton adalah Straight Outta Compton. Sebenarnya, film ini lebih menceritakan terbentuknya Niggaz Wit Attitude atau N.W.A sebagai kelompok musik rap. 

Cukup runtut, film ini menceritakan awal mula N.W.A terbentuk sampai penyebab mereka terpecah belah. Hampir sama kayak film biopik lainnya, Straight Outta Compton diambil dari 3 sudut pandang sosok yang cukup penting di dalam grup tersebut, yaitu Eazy E, Ice Cube, dan Dr. Dre. 

Jauh dari kata membosankan, film biopik berhasil mengangkat genre gangsta rap atau reality rap yang kerap membahas tentang isu sosial secara gamblang. Bahkan, lagu yang awalnya sebagai album soundtrack di dalam film justru membawa N.W.A kembali masuk chart Billboard berkat film ini.

 

So, itulah beberapa rekomendasi film biopik musik yang fenomenal. Kalau lo ngaku pecinta musik, wajib banget lo tonton film-film tersebut, sob!


Photography By : Dok. Shutterstock/Silvi Photo

Please wait...