CLASIFIED CULTURE | JOURNEY | 26 Agustus 2020

Tidur Kerasa Enggak Nyenyak? Ini Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

Ngerasa tidur enggak nyenyak atau bahkan susah merem padahal sudah tengah malam? Bisa jadi lo kena gejala insomnia. Biar enggak berlarut-larut dan ganggu hidup lo, ini cara mengatasi insomnia.

Pernah enggak lo ngerasa susah banget tidur padahal udah lewat tengah malam, atau malah sering kebangun tengah malam, terus sulit tidur lagi? Kalau iya, bisa jadi itu gejala insomnia sob dan lo harus segera mengatasi insomnia tersebut. Soalnya, insomnia bisa memicu penyakit-penyakit lain, lho. Sebelum ngomongin cara mengatasi insomnia, lo tahu enggak apa itu insomnia?

Insomnia adalah kondisi seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Munculnya gejala insomnia ini bikin tubuh kita enggak mendapatkan jatah tidur yang sesuai. Nah, kondisi ini cukup berbahaya, karena bisa bikin tubuh enggak fit buat menjalankan aktivitas. Jadi, enggak heran kalau banyak orang yang mengalami insomnia mencari banyak cara untuk mengatasinya.

Munculnya insomnia juga menandai kondisi kesehatan lo sob. Beberapa faktor penyebab insomnia antara lain, stres atau terlalu cemas, depresi, kelainan-kelainan kronis, efek samping obat, pola makan yang buruk, pengaruh kafein, nikotin, alkohol, serta kurang olahraga. 

Lho,stres bisa jadi penyebab insomnia? Yap, kaget enggak lo? Gimana enggak stres, kalau setiap susah tidur kita overthinking dan ujung-ujungnya malah insecure?Rasa enggaknyaman kayak gini bisa mengganggu pola pikir kita dan akhirnya bikinstres sendiri.

Mengatasi Insomnia Tanpa Obat Tidur 

Kalau dilihat dari segi gejala, penderita insomnia biasanya merasa susah tidur, sering lelah saat bangun, enggakngerasa bugar, sakit kepala di pagi hari, susah konsentrasi, gampang marah, mata merah, dan mengantuk di siang hari.

Kalau terus-terusan jarang tidur, lo jadi gampang depresi dan menurunkan produktivitas lo. Jadi sebaiknya lo segera cari cara mengatasi insomsia, sebelum makinburuk. Enggakperlu minum obat tidur, kok. Ada banyak caramengatasi insomnia yang lebih aman dan alami, seperti berikut ini:

Mencuci seprai

Siapa yang jarang ganti seprai? Hayo, ngaku lo. FYI aja nih sob, seprai yang kotor bisa bikin kita enggak nyaman tidur dan bisa jadi salah satu penyebab insomnia. Jadi kalau lo pengen mengatasi insomnia, lo harus jaga kebersihan tempat tidur lo, salah satunya dengan cuci dan ganti seprai secara rutin. 

Enggak cuman mengatasi insomnia, seprai yang bersih penting banget lo perhatiin untuk menghindarkan dari penyakit kulit, infeksi pernapasan akibat debu dan kotoran yang nempel di seprai lo.

Membaca Buku

Daripada rebahan di kasur dengan mata melek, lebih baik isi waktu lo dengan membaca buku atau novel. Membaca buku bisa dijadikan salah satu cara mengatasi insomnia karena mampu mengurangi tingkat stres sebesar 68%. 

Angka yang cukup tinggi ini bisa bikin tubuh kita rileks dan tidur jadi lebih nyenyak. Di sela-sela waktu membaca buku, sebaiknya lo jauhi gadget. Soalnya, sinar biru dari ponsel pintar lo bisa mengganggu produksi hormon melatonin dan bikin kita jadi lebih sulit tidur.

Coba teknik relaksasi

Biar tidur bisa lebih nyenyak dan nyaman, tubuh kita harus rileks dulu sob. Nah, lo bisa coba metode relaksasi sebelum tidur untuk mengatasi insomnia. Sempatkan waktu 20-30 menit sebelum tidur untuk melakukan gerakan relaksasi. 

Lo bisa melakukan relaksasi dengan latihan pernapasan, mindfulness, meditasi, dan relaksasi otot dalam. Dengan rutin melakukan relaksasi, lama-kelamaan jam tidur lo akan berangsur membaik. Cara ini efektif banget untuk mengatasi insomnia.

Makan malam lebih awal

Kelar makan Langsung tidur ternyata bukan punya efek buruk untuk pola tidur. Orang yang makan banyak, apalagi dengan kandungan lemak tinggi, biasanya langsung mengantuk dan tidur. Tapi, orang tidur akibat kekenyangan biasanya terbangun pada malam hari, dan berlanjut insomnia. 

So, coba deh, kasih jeda waktu makan dan tidur. Sebaiknya lo makan malam 3-4 jam sebelum tidur. Selain itu, lo juga bisa menjaga kesehatan lambung dengan ngasih jeda antara makan malam dan tidur.

Berjemur

Orang yang mendapatkan sinar matahari lebih cepat tidur karena punya jam biologis yang stabil. Tubuh yang terkena paparan sinar matahari pagi hari, bakalan ngeluarin zat kimia dari otak yang membuat kita lebih rileks dan terhindar dari stres. 

Jadi sesibuk apapun lo, sempatin keluar kamar pagi hari biar terkena sinar matahari. Selain mengatasi insomnia, dengan berjemur 5-10 menit setiap pagi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, lho. 

Menggunakan essential oil

Menghirup aroma yang menenangkan bisa jadi salah satu alternatif bikintubuh rileks, dan ampuh mengatasi insomnia. Keharuman yang bikin rileks bisa lo dapat dari essential oil. Semprot atau teteskan essential oil secara rata di bantal atau seprai sebelum tidur. Kalau mau lebih praktis lo bisa pakai mesin penyemprot essential oil

Ada beberapa macam aroma yang dipercaya mengatasi insomnia, misalnya lavender, chamomile, langon kleri, sandalwood, sweet marjoram, hingga aroma mawar. 

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Last but not least, untuk mengatasi insomnia lo harus banget memerhatikan apa yang masuk dalam perut lo. Beberapa makanan punya efek yang bikin lo melek sepanjang malam. Salah satunya adalah makanan yang tinggi kadar gulanya. 

Jadi usahakan mengganti konsumsi makanan manis dengan menu yang lebih sehat sob. Kalau untuk minuman, lo bisa nyicip teh herbal yang terbuat dari chamomile, serai, atau lavender supaya tubuh lebih rileks, ya.

Selamat mencoba di rumah sob. Semoga insomnia lo segera teratasi, ya!


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...