Tips Aman Bersepeda di New Normal, Bikin Gowes Makin Nyaman

Memasuki era new normal, bersepeda kembali jadi hype. Jika lo salah satu yang mulai hobi gowes, lo wajib banget paham tips aman bersepeda. Jangan disepelekan sob, tips aman bersepeda ini buat jaga keselamatan bersama.

Sejak fase new normal muncul tren baru yang langsung melejit di masyarakat: bersepeda. Tujuan mereka bersepeda beragam, mulai dari hobi, olahraga, hingga isengngikutin tren bersepeda saat pandemi.

Mengingat banyaknya manfaat bersepeda di era new normal, olahraga ini memang sangat disarankan, apalagi buat lo yang sedang program diet. Bersepeda bisa mengoptimalkan kinerja kardiovaskular dan otot sehingga meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori.

Pembakaran kalori tersebut penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu bersepeda juga bisa merawat sendi, meningkatkan kekuatan otot, mencegah risiko terkena stroke, serangan jantung, darah tinggi, hingga kanker usus besar. Banyak kan, manfaat bersepeda?

Tren bersepeda saat pandemi bisa dibilang jadi ‘hiburan’ selama karantina diri. Seperti diketahui, bersepeda bisa mengeluarkan hormon endorfin yang memicu rasa nyaman dan suasana hati. Hal itu tentunya bisa jadi obat stres buat lo yang udah kelamaan di rumah. Selain itu, saat bersepeda lo juga bisa melihat pemandangan yang bikin otak lo refresh lagi, sob.

Nah, buat lo yang pengen ikutan tren ini, lo wajib banget paham soal tips aman bersepeda di jalan raya.Bukan apa-apa, dengan mempelajari tips aman bersepeda bisa menghindarkan lo dari risiko kecelakaan lalu lintas yang bahayain diri lo dan orang lain. Berikut ini tips aman bersepeda yang perlu lo perhatikan:

Usahakan sendiri/kelompok kecil

Meskipun sudah new normal, kita tetap wajib mematuhi protokol kesehatan. Lo tetep nggakboleh bikin kerumunan untuk meminimalisir risiko penularan virus COVID-19.

Usahakan bersepeda sendiri atau maksimal hanya kelompok kecil. Tips ini mungkin bakal bikin kegiatan bersepeda lo kurangseru, tapi ini perlu lo lakuin agar terhindar dari risiko terpapar virus COVID-19.

Selalu pakai masker

Selama pandemi COVID-19, masker jadi outfit wajib saat keluar rumah. Masker harus selalu lo pakai dan bawa karena bisa mencegah penularan virus. Makanya, masker jadi outfit wajib saat keluar rumah dan salah satu tips aman bersepeda yang harus lo patuhi.

Asal lo tahu nih, penggunaan masker hanya diperbolehkan untuk jenis olahraga ringan hingga sedang. Hal itu dikarenakan masker bisa membatasi jumlah oksigen yang kita hirup. Makanya, lo harus membatasi jarak dan durasi selama bersepeda saat pandemi ini. 

Menurut profesor kesehatan dari Appalachian State University, David Neiman, selama pandemi sebaiknya hanya bersepeda selama 30-60 menit saja. Jika lebih dari durasi tersebut, bisa membuat tubuh lo kekurangan oksigen. Hal itu tentunya berbahaya buat kesehatan tubuh.

Jangan lupa membawa masker cadangan sebagai pengganti jika masker yang lo pakai basah karena keringat. Nah, buat lo yang pake masker kain, sebaiknya jangan dipakai lebih dari 4 jam ya.

Gunakan perlengkapan pelindung

Tips aman bersepeda berikutnya adalah menggunakan perlengkapan pelindung, seperti helm, baju lengan panjang, dan kacamata pelindung. Perlengkapan itu penting agar lo aman dari risiko kecelakaan atau cidera.

Selain itu, perlengkapan tersebut juga bisa mencegah debu, polusi, bahkan mengurangi risiko penularan virus, lho. Enggakhanya jadi tips aman bersepeda, perlengkapan pelindung juga bisa bikin penampilan lo makin kece pas lagi gowes.

Jaga jarak di jalan

Baik sendiri maupun bareng temen, usahain jaga jarak ya pas lo gowes ya. Pastikan lo menjaga jarak minimal satu meter dengan pesepeda lain dan hindari kontak langsung.

Ini jadi tips aman bersepeda yang harus lo garis bawahi. Sebab, beberapa orang sering lupa akibat keasyikan pas gowes. Tak jarang saking asyiknya, sampai-sampai lupa pakai masker. Duh, jangan sampai lo jadi salah satunya ya sob.

Patuhi peraturan lalu lintas

Tips aman bersepeda berikutnya yang harus lo patuhi adalah peraturan lalu lintas. Enggak hanya kendaraan bermotor, kasus kecelakaan sepeda juga rawan terjadi akibat banyak orang ikutan tren bersepeda di pandemi ini.

Gunakan sisi kiri bahu jalan dan jangan terlalu ke tengah pas lo bersepeda. Enggak cuma mengganggu lalu lintas, lo juga berisiko tertabrak motor atau mobil kalau gowes terlalu tengah. 

Kalau lo gowes berkelompok, usahakan lo dan rombongan berkendara rapi dalam satu baris atau maksimal dua baris. Jangan menyamping sampai bikin lima baris di jalan raya. Ingat, lo bukan pasukan pengibar bendera.

Jaga kebersihan

Bersepeda saat new normal tentu nggakbisa dipisahkan dari kebersihan. Karena kita nggakpernah tahu kuman apa yang menempel di sepeda. Maka penting banget membersihkan sepeda sebelum dan sesudah dipakai menggunakan lap bersih dan disinfektan.

Jangan lupa juga untuk selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir untuk menghindari paparan virus COVID-19. Lo juga bisa siapin hand sanitizer dalam list bawaan saat bersepeda di era new normal ini. Karena bisa jadi rute yang akan lo tempuh sulit ditemukan air mengalir buat lo cuci tangan.

Setelah selesai bersepeda sebaiknya lo segera mengganti baju dan mencucinya. Hal itu penting untuk menghindari virus menempel di baju yang lo pakai saat gowes.

So, setelah baca tips aman bersepeda, lo makin pede enggak buat ikutan tren bersepeda di masa pandemi ini?


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...