CLASIFIED CULTURE | JOURNEY | 04 Januari 2021

Unik, Maskapai Ini Hadirkan Layanan Delivery Makanan Pesawat

Baru-baru ini maskapai asal Inggris, EasyJet, menyediakan layanan delivery makanan pesawat untuk pelanggan di rumah. Unik kan?

Kelamaan di rumah bikin kangen in-flight meals di pesawat? Lo enggak perlu sedih karena sekarang sudah ada layanan delivery makanan pesawat untuk pelanggan di rumah, lho! Kerennya, produk layanan delivery makanan pesawat ini sudah mulai ada di Kota London, Inggris, sob. 

Layanan delivery makanan pesawat merupakan ide dari maskapai penerbangan komersial, EasyJet. Salah satu maskapai low cost terbesar asal Inggris ini menyajikan layanan delivery untuk berbagai menu makanan di pesawat ke pelanggannya di rumah.

Hebatnya, makanan ini diantar langsung oleh awak kabin berseragam EasyJet, lho. Yup, “pengalaman” makan dengan suasana di dalam pesawat ini merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Easyjet. 

Inovasi di tengah pandemi

Layanan unik dari EasyJet ini diberi nama “Cabin Trolley Home Delivery”. Delivery makanan pesawat ini membuat kita bisa menikmati berbagai sajian khas yang ditawarkan saat di udara, mulai dari makanan ringan hingga main course.

Ide layanan delivery makanan pesawat hadir untuk menanggapi situasi pandemi COVID-19. Ya, pandemi COVID-19 bikin banyak orang terbatas ruang geraknya, termasuk enggak leluasa bepergian menggunakan pesawat.

Padahal, buat mereka yang “doyan” travelling naik pesawat, dilarang bepergian tentu bikin stres sendiri. Apalagi bagi sebagian penumpang yang selalu penasaran dengan in-flight meals. Pasti bakalan kangen banget, kan?

Enggak sekedar mengobati kangen, EasyJet berharap layanan delivery makanan pesawat dapat memberikan keceriaan pada hari Natal 2020. Meskipun Natal tahun ini harus dirayakan di rumah saja, pihaknya berharap banyak orang tetap bisa merasakan makanan enak layaknya sedang bepergian menggunakan pesawat.

Untuk layanan ini, EasyJet bekerjasama dengan jasa pengiriman makanan, Deliveroo. Pihak Deliveroo berperan sebagai kurir mengirimkan troli kabin berisi makanan ke pelanggan. Cabin Trolley Home Delivery pun dipastikan memenuhi protokol kesehatan COVID-19.

Delivery makanan pesawat ini dikirimkan oleh pihak Deliveroo antara pukul 6 dan 9 malam pada 17 atau 18 Desember 2020. Meski baru tahap uji coba, jika berjalan dengan baik kemungkinan besar layanan ini akan terus dijalankan.

Uniknya lagi, ini bukan hanya layanan antar paket makanan biasa, lho. Pihak maskapai EasyJet juga membuka donasi ke badan amal Age UK yang membantu para manula melalui layanan tersebut.

Bagaimana dengan maskapai Indonesia?

Ngomongin soal delivery makanan pesawat, Indonesia enggak mau ketinggalan. Langkah serupa bakalan muncul di Indonesia meski agak berbeda dari segi konsep, yakni oleh Garuda Indonesia yang baru-baru ini bikin kolaborasi dengan platform teknologi kenamaan, Gojek.

Layanan yang ditawarkan maskapai pelat merah Indonesia ini lebih ciamik lagi. Lo enggak hanya bisa memesan delivery makanan pesawat saja, tetapi juga jasa pengiriman makanan ke luar kota dengan pesawat. 

Layanan ini bisa lo akses via GoFood, kayak lo biasa memesan makanan atau barang lewat aplikasi. Nantinya, pihak Gojek akan mengirimkan makanan tersebut ke bandara. Selanjutnya, semua proses bakalan langsung diambil alih Go Express hingga sampai ke tangan pembeli.

Soal kecepatan layanan ini enggak usah diragukan, deh. Soalnya, layanan ini sudah terintegrasi antara pihak Gojek dan GoExpress yang ditangani oleh pihak maskapai Garuda Indonesia. Barang dan paket langsung dikirimkan ke kota tujuan. 

Menurut Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia Muhammad Iqbal, sinergi antara kedua perusahaan ini diharapkan dapat mempercepat proses pengiriman logistik. Pihaknya pun menjamin pengiriman barang atau makanan kita akan sampai lebih cepat, yakni maksimal empat jam ke tujuan!

Sampai saat ini, proses integrasi kedua sistem ini masih dikerjakan. Kalau sudah selesai, lo bisa langsung memesan layanan pesan makanan, antar kota atau luar kota dengan lebih cepat. Jadi, misalnya lo tinggal di Surabaya, lo tetep bakalan bisa cicipin pempek langsung dari Palembang dalam waktu kirim yang cukup singkat. 

 

Pasti lo sudah enggak sabar pengen nyobain layanan ini, kan? Makanan dari daerah mana yang paling lo kangenin, sob?


Photography By : Dok. Shutterstock

Please wait...