CLASIFIED CULTURE | JOURNEY | 28 Agustus 2019

Zaman emang Canggih, dari Layar Sentuh bisa Atur Konser Musik

Digitalisasi tata suara membawa banyak manfaat bagi berbagai pihak

 

Jika kamu sering datang melihat konser atau pertunjukan panggung lainnya, benda ini tidak mungkin lepas dari pandangan kamu. Dari benda inilah sebuah pertunjukan memiliki kualitas suara yang tertata hingga nyaman di telinga kita. 

Sebuah mixer biasanya terletak di tengah-tengah penonton. Para operator terlihat sibuk mengoperasikan panel-panel kecil yang terdapat di dalamnya. Butuh keahlian khusus untuk mengoperasikan sebuah mixer. 

Ukurannya pun tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai panjang 10 meter dan memakan tempat cukup banyak. Bahkan untuk mengangkut mixer sebesar itu membutuhkan paling sedikit delapan orang. Tapi itu dulu, zaman ketika kita masih pakai handphone Nokia. Tapi kini pemandangan tersebut sudah jarang ditemui, malah hampir tidak ada sama sekali, mungkin cuma di organ tunggal kalau kawinan di kampong. 

Para pemilik penyewaan sound system ternyata sudah beralih dengan menggunakan mixer digital. Mereka sih ngakunya secara ongkos produksi sangat efisien sekali, satu mixer hanya membutuhkan orang sedikit untuk mengangkut, ukurannya lebih kecil, dan konsumsi kabel-kabel pun tidak sebanyak saat menggunakan mixer analog.

Bertansformasi dari analog ke digital juga bukan perkara yang mudah, para operator diberikan pelatihan terlebih dahulu untuk mengoperasionalkannya. Katanya paling cepat dalam waktu satu minggu mereka sudah bisa mengoperasikan. 

Faktor yang paling banyak menghemat secara biaya dalam penggunaan mixer digital adalah outboard, perangkat tambahan seperti efek, equalizer, compressor, dan gate yang harganya bisa mencapai 400 juta untuk satu mixer mampu di potong. Dengan satu mixer digital, outboard tersebut sudah termasuk di dalamnya. 

Lebih menggembirakan lagi, bagi para operator dan musisi di atas panggung, kontrol mixer tersebut bisa dijalankan dengan aplikasi di ipad. Para operator bisa mengontrol di atas panggung, dan musisi pun bisa menggunakannya untuk mengontrol monitor mereka. 

Sementara itu untuk perawatan, debu adalah faktor yang paling menghambat. Karena panel-panel yang tertimbun debu bisa merusak sistem operasi motorizenya. Lalu listrik yang stabil adalah syarat mutlak untuk membuat alat ini bekerja dengan maksimal.

 

Penulis: Abhi

Editor: Fik

 


Photography By : Istimewa

TAGGED :
Please wait...